Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Konten [Tampil]

Contoh soal beban sewa dan sewa dibayar dimuka menjadi prioritas dalam pembuatan akun untuk menyesuaikan uang muka yang telah dibayarkan. Beban dan biaya memliliki perbedaan terutama dalam pengakuan sebagai pengeluaran periode berjalan dengan periode berikutnya sesuai kebijakan akuntansinya.

Perbedaan sewa dibayar dimuka dengan beban sewa terletak pada pengakuan sebagai akun nominal dan akun riil dalam asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengklasifikasikan transaksi berdasarkan aktiva, liabilitas, ekuitas, revenue dan expance periode berjalan.

Jurnal penyesuaian beban masih harus dibayarkan dan beban dibayar dimuka harus menyesuaikan tanggal penggunaannya. Pengertian jurnal penyesuaian menurut para ahli adalah pencatatan yang digunakan untuk menyesuaikan jumlah penggunaan biaya hanya selama periode yang telah dilalui saja.

Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Perbedaan Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka terletak pada laporan keuangan yang dihasilkan. Beban sewa adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan ketika menggunakan kendaraan, bangunan dan gedung yang disewakan pihak ketiga dengan pembayaran pph pasal 4 ayat 2 yang bersifat final setiap transaksi terjadi.

Bedanya sewa dibayar dimuka dan beban sewa berkaitan dengan penggunaan akun nominal dan akun riil. Sewa gedung termasuk akun aktiva ketika perusahan membayarkan terlebih dahulu uang muka sewa selama beberapa periode mendatang. Sewa dibayar dimuka termasuk kredit atau debit bergantung pada pencatatan perusahaan.

Perbedaan beban sewa dan sewa dibayar dimuka adalah memudahkan dalam pembuatan neraca lajur. Pada awal transaksi sewa boleh diakui sebagai sewa dibayar dimuka dan harus disesuaikan setiap periodenya untuk mengakui adanya beban sewa yang diperkenankan selama satu periode akuntansi yang berjalan.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Sewa Tanah dan Bangunan

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Sewa Dibayar Dimuka

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka akan memudahkan pencatatan perusahaan ketika mengalokasikan uang muka pembelian. Perbedaan uang muka dan biaya dibayar dimuka terletak pada aset yang akan diperoleh perusahaan dari penyerahan pihak ketiga seperti barang kena pajak atau penggunaan aktiva tertentu.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka perusahaan dagang, jasa dan manufaktur harus dilaksanakan untuk mengetahui tingkatan pembebanan biaya. Pengertian pembebanan biaya adalah proses mengalokasikan biaya yang terjadi ke unit produk yang dihasilkan perusahaan.

Contoh soal jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka terjadi pada CV Staff Accounting yang melakukan sewa bangunan senilai Rp 15.000.000 selama 12 bulan. Buatlah jurnal pembayaran sewa dibulan agustus dan jurnal penyesuaian diakhir periode akuntansi?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2021Sewa Dibayar Dimuka Rp 15.000.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.500.000
Kas Rp 16.500.000
(Jurnal Pembayaran Sewa)
31/12/2021Beban Sewa Rp 5.000.000
Sewa Dibayar dimuka Rp 5.000.000
(Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Posisi Keuangan dan Laba Rugi Komprehensif

Contoh Soal Ayat Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Contoh soal ayat jurnal penyesuaian beban sewa termasuk akun nominal. Akun nominal adalah akun yang hanya berguna selama satu periode saja. Biaya dibayar dimuka menjadi pengeluaran perusahaan selama beberapa periode penggunaan dan harus disesuaikan berdasarkan jumlah periode sebenarnya yang terjadi.

Perbedaan uang muka dan biaya dibayar dimuka terletak pada aset yang diserahkan pihak ketiga. Uang muka pembelian biasanya akan memberikan barang kena pajak. Biaya dibayar dimuka biasanya akan memberikan fasilitas sewa gedung, penggunaan aset tetap berwujud dan aktiva tetap tak berwujud lainnya.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa dapat menggunakan akun biaya dibayarkan dimuka. Kertas kerja pemeriksaan asuransi dan sewa dibayar dimuka harus dapat memberikan perjanjian kerjasama. Adapun ayat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka perusahaan dagang sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2021Beban Sewa Rp 15.000.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 1.500.000
Kas Rp 16.500.000
(Jurnal Pembayaran Sewa)
31/12/2021Sewa Dibayar Dimuka Rp 10.000.000
Beban Sewa Rp 10.000.000
(Jurnal Penyesuaian Beban Sewa

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Lajur

Demikian contoh soal beban sewa dan sewa dibayar dimuka pada perusahaan dagang, jasa dan manufaktur. Jurnal penyesuaian kembali dapat dibuat perusahaan sebagai pembalik atas transaksi pendapatan dan biaya yang diakui ketika asersi manajemen menggunakan akrual basis dan kas basis.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka"