Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perhitungan Pembelian Kembali Saham yang Beredar (Treasury Stock)

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan pembelian kembali saham yang beredar menjadi bagian dari siklus akuntansi keuangan menengah. Materi modal saham dan laba ditahan harus dapat menerapkan sistem pengendalian internal terutama ketika entitas ingin membuat laporan laba rugi dan catatan atas laporan posisi keuangan tahun berjalan.

Contoh soal saham treasury metode biaya dan metode nilai nominal bertujuan agar entitas dapat memperhitungkan harga perolehan baru. Agio dan disagio saham akan timbul ketika perusahaan membeli kembali saham yang beredar diatas nilai nominal. Ekuitas adalah tanda penyertaan modal bagi para pemilik.

Mengapa perusahaan mau membeli saham treasury? alasan utama entitas melakukan pembelian kembali saham yang beredar adalah mengurangi jumlah saham yang ada dipasar sehingga dapat menaikkan hak kontrol induk perusahaan. Tujuan treasury stock adalah memberi kemudahan bagi karyawan membeli saham biasa.

Contoh Soal Perhitungan Pembelian Kembali Saham yang Beredar (Treasury Stock)

Kenapa Perusahaan Membeli Kembali Sahamnya

Kenapa perusahaan membeli kembali sahamnya berkaitan dengan persentase pemilikan saham pemegang saham atas seluruh saham yang beredar. Contoh perhitungan buyback saham berakibat pada kenaikan laba per lembar saham ketika sebuah perusahaan mengumumkan membagikan dividen setiap periodenya.

Penyebab perusahaan membeli kembali sahamnya atau treasury stock adalah entitas ingin mempertahankan persentase pemilikan hak kontrolnya. Apakah saham yang sudah dijual diperbolehkan untuk dibeli kembali? tentu saja ketika para pihak telah sepakat tentang harga jual atau nilai wajar ketika aset diperdagangkan.

Kenapa treasury stock tidak berhak atas pembagian dividen sebab tidak wajar bagi sebuah perusahaan membagikan dividen untuk dirinya sendiri. Bagaimana perlakukan saham treasury diakui sebagai pengurang jumlah saham yang beredar sesuai peruntukkan bagi entitas ketika membuat laporan laba rugi komprehensif.

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Metode Perpetual dan Periodik

Contoh Soal Buyback Saham Biasa dan Preferen

Contoh soal buyback saham biasa dan saham preferen akan dikenakan pajak final sebesar 0,1% atas transaksi yang terjadi. Dampak pembelian kembali saham adalah perusahaan akan nampak memiliki ekuitas yang besar dan menaikan rasio solvabilitas untuk pembayatan tagihan yang akan jatuh tempo.

Pengertian saham treasury dan contohnya berakibat pada penurunan kepercayaan investor baru. Buyback saham adalah kondisi dimana korporasi melakukan tindakan pembelian kembali saham yang beredar. Saham treasuri tidak boleh diakui sebagai aktiva perusahaan melainkan diakui sebagai pengurang ekuitas.

Contoh soal perhitungan pembelian kembali saham yang beredar terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki saham sebanyak 500 dengan harga Rp 50.000. CV Staff Accounting berhasil menjual saham seharga Rp 51.200 dan melakukan penarikan saham kembali dengan harga Rp 52.000. Buatlah jurnal penjualan saham dan jurnal pembelian saham yang beredar?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Pembahasannya

Jurnal Pembelian Kembali Saham yang Beredar

Jurnal pembelian kembali saham yang beredar wajib dibuat karena akan mempengaruhi jumlah agio dan disagio saham. Agio adalah kondisi dimana perusahaan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dengan nilai nominalnya. Saham treasury tidak termasuk aktiva perusahaan melainkan pengurang ekuitas.

Contoh saham treasury dan jurnal saham treasury wajib dibuat pada saat pembelian kembali saham untuk pengakuan agio dan disagio saham. Alasan utama perusahaan melakukan buyback saham adalah meningkatkan kepercayaan dari karyawan dimana dapat dijadikan dividen saham untuk membayarkan gaji dan tunjangannya.

Contoh perhitungan pembelian kembali saham yang beredar harus memperhitungkan nilai nominal dan harga wajar. Nilai wajar adalah harga yang diinginkan oleh perusahaan dan mampu dibayarkan oleh investor ketika ingin mendapatkan aset perusahaan. Adapun jurnal pembelian kembali saham yang beredar adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022Kas Rp 25.600.000
Modal Saham Biasa Rp 25.000.000
Agio Saham Rp 600.000
(jurnal penjualan saham biasa)
31/12/2022Saham diperoleh kembali Rp 6.000.000
Agio saham Rp 240.000
Kas Rp 6.240.000
(jurnal pembelian kembali saham yang beredar)

Baca Juga: Cara Membeli Saham Perusahaan di Pasar Modal

Demikian contoh soal perhitungan kembali saham yang beredar dalam materi modal saham dan laba ditahan. Treasury stock tidak diperkenankan diakui sebagai aktiva melainkan harus diakui sebagai modal perusahaan. Saham treasury akan mempengaruhi ekuitas perusahaan yang telah beredar di pasar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perhitungan Pembelian Kembali Saham yang Beredar (Treasury Stock)"