Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal kas akan memudahkan perusahaan mengetahui aliran penggunaan kas untuk pembayaran tagihan sesuai sistem informasi akuntansi yang didukung dengan bukti transaksi.

Bagaimana cara pencatatan jurnal penyesuaian dana tetap dan dana tidak tetap dalam pengelolaan kas kecil harus dapat membuktikan adanya kewajaran transaksi. Imprest fund system adalah mekanisme pengelolaan dana kas kecil dimana entitas akan mencatat penggunaan kas ketika terjadi pengisian kembali kas kecil.

Contoh soal dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi akan mampu memberikan informasi tentang kebenaran saldo kas dan setara kas. Internal control kas yang baik harus dapat mengalokasikan kebutuhan informasi keuangan dan menghindari adanya kecurangan ketika terjadi pembayaran kas dan setara kas.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)

Pengeluaran Apa Saja yang Dibiayai oleh Dana Kas Kecil

Pengeluaran apa saja yang dibiayai oleh dana kas kecil yaitu setiap pengeluaran untuk pembayaran tagihan dalam nominal yang kecil dan tidak mendukung pembayaran melalui transfer bank. Dokumen apa saja yang diperlukan dalam mengelola dana kas kecil yaitu kuitansi, bukti otoritasi permintaan kas dan internal control

Pengeluaran apa saja yang dapat dibiayai oleh kas kecil yaitu seluruh keperluan perusahaan yang hendaknya dicantumkan pada surat permintaan dana kas setiap periodenya. Pengisian kembali kas kecil harus dapat memberikan seluruh bukti penggunaan kas yang diterima dari lawan transaksi untuk melakukan reimburs.

Dokumen apa saja yang diperlukan dalam mengelola dana kas kecil yaitu seluruh bukti pendukung transaksi yang didapatkan dari lawan transaksi. Imprest fund system artinya pengelolaan dana tetap dimana saldo kas kecil akan bernilai tetap walaupun terjadi pengisian kembali kas sebagai akibat penggunaan dana tersebut

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh Soal Dana Kas Kecil Metode Imprest (Dana Tetap)

Contoh soal dana kas kecil metode imprest merupakan tindakan akuntan dalam rangka menerapkan proses pengendalian internal atas penggunaan kas. Internal control kas yang baik harus dapat mencegah kas dari adanya risiko bawaan, risiko pengendalian dan risiko kehilangan selama proses penyimpanan kas di brankas.

Contoh soal kas kecil metode fluktuasi dan metode imprest dapat dipilih oleh perusahaan karena harus menerapkan salah satu dari metode pengelolaan dana kas. Kapan pengisian kembali dana kas kecil dilakukan perusahaan? Yaitu ketika saldo kas tidak cukup untuk membayarkan tagihan yang akan jath tempo.

Contoh kasus mengelola dana kas kecil terjadi pada CV Staff Accounting yang telah menetapkan saldo petty cash sebesar Rp 47.000.000. Selama satu bulan, CV Staff Accounting telah membayarkan tagihan sebesar Rp 42.150.000. Buatlah jurnal penyesuaian pada saat pengisian kembali dana kas kecil di awal periode?

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Kas Masuk dan Kas Keluar di Accurate

Contoh Jurnal Penyesuaian Kas Kecil Metode Imprest

Contoh jurnal penyesuaian kas kecil metode imprest dipergunakan perusahaan agar dapat mengalokasikan informasi keuangan sejalan dengan kebijakan akuntansi. Kas kecil menjadi aktiva lancer yang sering dipergunakan dan memiliki aktivitas penggunaan yang lebih banyak daripada penggunaan kas di bank.

Perbedaan metode imprest dan metode fluktuasi adalah proses pencatatan jurnal penyesuaian pada saat pengisian kembali dana kas kecil. Imprest fund system adalah sistem pengelolaan dana kas kecil dimana saldo kas akan bernilai tetap dan akan diisi kembali sesuai nilai bukti transaksi yang disetorkan.

Jurnal penyesuaian dana kas kecil metode dana tetap terdiri dari jurnal penetapan saldo kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil sesuai bukti transaksi yang disetorkan. Tujuan petty cash adalah memaksimalkan waktu pencatatan perusahaan sebagai dasar alokasi kas untuk pembayaran tagihan.

Jurnal Penetapan Saldo Kas Kecil Metode Imprest

Bagaimana cara pencatatan jurnal penyesuaian dengan metode dana tetap dianjurkan karena saldo kas kecil akan bernominal sama walaupun terjadi pengeluaran kas dalam jumlah berbeda-beda. Sumber bukti transaksi untuk jurnal penyesuaian berasal dari memorandum dan aktivitas bisnis lainnya.

Adapun jurnal pembentukan kas kecil metode dana tetap adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/02/2022Petty Cash Rp 47.000.000
Cash in Mandiri Bank Rp 47.000.000
(Created petty cash journal)

Jurnal Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Dana Tetap

Bagaimana cara mencatat jurnal pengisian kembali kas kecil metode dana tetap bertujuan agar perusahaan dapat menerapkan sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Siapa yang bertanggungjawab atas dana kas kecil? yaitu kasir. Lantas bagaimana jurnal untuk mengganti kas yang keluar sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
28/02/2022All in Expance Rp 42.150.000
Cash in Mandiri Bank Rp 42.150.000
(Refill petty cash journal)

Baca Juga: Contoh Internal Control Kas dan Setara Kas yang Baik

Demikian contoh soal kas kecil metode metode dana tetap atau imprest method dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Akun kas dan setara kas adalah akun yang diperuntukkan sebagai metode pembayaran paling likuid artinya mudah dicairkan tanpa mengurangi nilai nominalnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)"