Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Saldo Awal Piutang dan Hutang pada Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara mengisi saldo awal piutang dan hutang pada myob accounting bertujuan agar perusahaan dapat membuat jadwal pembayaran secara tepat waktu sesuai dengan termin pembayaran. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengisi saldo awal buku besar adalah membuat neraca saldo akhir periode sebelumnya.

Sebutkan langkah-langkah memasukkan saldo awal supplier dan customer di myob dan accurate memiliki peran agar perusahaan dapat membayarkan tagihan sesuai masa jatuh tempo. Pengertian piutang adalah penjualan kredit yang diberikan kepada pelangan dan akan dibayarkan pada termin yang disepakati.

Menu untuk membuat daftar supplier dalam myob accounting melalui easy setup assistant adalah list > card. Pengertian hutang menurut para ahli adalah penggunaan aktiva milik perusahaan lain yang telah diberikan di masa lampau tetapi pembayarannya akan dilaksanakan kemudian hari sesuai termim pembayaran.

Cara Mengisi Saldo Awal Piutang dan Hutang pada Myob Accounting

Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer di Myob Accounting

Cara membuat daftar supplier dan customer di myob accounting bertujuan agar entitas dapat mempertanggungjawabkan siapakah yang menjadi lawan transaksi. Pemungutan pajak pertambahan nilai menjadi prioritas ketika perusahaan telah memenuhi syarat sebagai pengusaha kena pajak yaitu omzet diatas 4,8m per tahun.

Cara mengisi daftar nama pelanggan dan pemasok di myob dan accurate bertujuan agar entitas dapat mengetahui saldo awal. Pengisian buku besar pembantu piutang dan hutang akan memudahkan perusahaan mengetahui informasi lawan transaksi seperti alamat, tujuan pengiriman, npwp dan termin pembayatan.

Saldo awal hutang usaha bisa dimasukkan lewat easy setup assistant terutama pada modul list. Untuk menginput saldo awal customer dan supplier maka daftar menu atas yang digunakan adalah list. Adapun cara membuat daftar nama pemasok dan pelanggan di aplikasi myob versi terbaru adalah

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Staff Accounting

Langkah-Langkah Mengentry Saldo Awal Pelanggan dan Pemasok

Langkah-langkah mengentry saldo awal pelanggan dan pemasok bertujuan agar entitas dapat mengetahui informasi detail lawan transaksi. Menu yang digunakan untuk memasukkan saldo awal pemasok adalah card. Modul card berisikan informasi tentang detail lawan transaksi seperti npwp, alamt tujuan dan email.

Buku besar pembantu utang dan piutang adalah buku yang memuat informasi tentang alokasi pembayaran dan pelunasan tagihan yang jatuh tempo. Pengusaha kena pajak wajib membuat faktur pajak ketika menyerahkan barang kena pajak atau jasa kena pajak di dalam daerah pabean yang berlangsung.

Cara menginput saldo awal pelanggan dan pemasok dalam accurate dan myob accounting akan memudahkan mencari informasi tentang tagihan yang jatuh tempo. Piutang tak tertagih mengakibatkan perusahaan mengalami penundaan masa perolehan arus kas dan setara kas untuk membantu aktivitas bisnisnya.

Baca Juga: Cara Input Kode Pajak di Myob

Cara Membuat Kartu Customer dan Supplier di Myob

Cara membuat kartu customer dan supplier di myob accounting dan accurate adalah pengisian informasi lawan transaksi sebelum melaksanakan aktivitas penjualan dan pembelian. Referensi transaksi bertujuan agar menghindari pencatatan berganda atas sebuah transaksi yang telah dicatat.

Cara membuat kartu pelanggan dan kartu pemasok di accurate dan myob akan memudahkan pencarian informasi pembelian dan penjualan. Menu untuk mencatat aktivitas penjualan cicilan dan pembelian kredit adalah modul sales dan modul purchase. Basis akrual menjadi dasar mencatat aktivitas jual beli yang berlangsung.

Bagaimana cara mengisi saldo awal piutang dan hutang dengan myob versi terbaru tidak memiliki perbedaan dengan aplikasi komputer akuntansi lainnya. Pengisian saldo awal buku besar akan memudahkan perusahaan melakukan penagihan. Adapun langkah-langkah input kartu pelanggan sebagai berikut:

  1. Masuk ke Aplikasi Myob Accounting Versi 18 atau Terbaru
  2. Isi username dan kata sandi akun anda
  3. Pilih Modul List > Card
  4. Masuk ke Menu New dan siapkan company profile lawan transaksi
  5. Isilah informasi lengkap tentang customer, supplier dan employee.
  6. Apabila telah selesai klik tombol ok.

Baca Juga: Cara Mencatat Penjualan Tunai dan Kredit di Myob

Demikian cara mengisi saldo awal piutang dan hutang pada myob accounting versi terbaru. Agar entitas dapat membuat jadwal pembayaran dan penagihan kepada lawan transaksi sesuai termin pembayaran. Maka harus dapat memberikan informasi jumlah tagihan dan faktur pajaknya sesuai masa pelaporan.


Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Saldo Awal Piutang dan Hutang pada Myob Accounting"