Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan rekosiliasi bank dan jawabannya bertujuan agar entitas dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kas kecil dan kas besar digunakan sebagai dasar pembuatan laporan aliran kas investasi, pendanaan dan operasional agar dapat melaksanakan kegiatan produksi setiap harinya.

Contoh soal rekonsoliasi bank beserta jawabannya terjadi karena kesalahan pencatatan atau perbedaan waktu pencatatan. Permasalahan yang sering terjadi saat proses rekonsiliasi harus dicantumkan pada laporan keuangan untuk memaksimalkan proses pemungutan dan pemotongan pajak pertambahan nilai.

Penyebab timbulnya perbedaan antara catatan saldo bank dengan perusahaan adalah proses alokasi informasi keuangan. Contoh soal audit pemeriksaan rekonsiliasi bank dan jawabannya wajib memeriksa sistem pengendalian internal sebelum melakukan pemeriksaan lapangan untuk mencegah timbulnya salah deteksi.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Hal-Hal yang Mempengaruhi Saldo Kas Perusahaan di Bank

Hal-hal yang mempengaruhi saldo kas perusahaan di bank adalah mutasi aliran penggunaan dan penerimaan kas selama satu periode. Prosedur audit pemeriksaan rekening giro dilaksanakan setiap periodenya untuk menghindari adanya kesalahan penyajian dan manipulasi data keuangan diperiode berjalan.

Langkah awal untuk memverifikasi saldo rekening bank di buku besar klien adalah mendapatkan konfirmasi saldo akhir masing-masing rekening giro perusahaan. Contoh soal audit pemeriksaan rekonsiliasi bank mewajibkan adanya bukti transaksi yang dikeluarkan pihak perbankan seperti rekening koran.

Hal-hal yang mempengaruhi saldo kas perusahaan di bank adalah transaksi penerimaan piutang dan pembayaran hutang yang disetujui pejabat berwenang. Sistem pengendalian internal hutang harus dapat mencegah terjadinya pembayaran tagihan secara double dengan melakukan konfirmasi pembayaran tagihannya.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya

Contoh soal audit pemeriksaan rekonsiliasi bank dan jawabannya bertujuan agar saldo kas dibank sesuai pencatatan di perusahaan. Langkah awal untuk memverifikasi saldo rekening bank di buku besar klien adalah mendapatkan konfirmasi positif dari pihak perbankan yang menerbitkan rekening koran.

Contoh soal rekonsiliasi bank kesalahan pencatatan sebab adanya transaksi deposit in transit dan outstanding check wajib didapatkan bukti transaksinya. Bentuk-bentuk laporan rekonsiliasi bank terdiri dari 2 kolom dan 4 kolom yang dapat disesuaikan dengan aliran kas sesuai mutasi rekening giro.

Contoh kasus audit pemeriksaan rekonsiliasi bank memerlukan informasi berkaitan dengan prosedur pembayaran tagihan. CV Staff Accounting telah melakukan prosedur rekonsiliasi bank tetapi diakhir periode masih ada penerimaan jasa giro yang belum dicatat sebesar Rp 11.510.000. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaiannya?

Baca Juga: Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank

Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank hanya dilaksanakan pada transaksi yang mempengaruhi kas perusahaan. Bukti transaksi seperti rekening koran berfungsi agar mutasi penerimaan dan pengeluaran kas diterima perusahaan. Deposit in transit dan outstanding check harus dikoreksi fiskal setelah prosedur pencatatannya.

Contoh soal audit pemeriksaan rekening bank dapat dilaksanakan setelah perusahaan mengirimkan konfirmasi pemilikan saldo bank. Bilyet giro dan cek menjadi metode pembayaran untuk membiayai aktivitas perusahaan yang bernilai material. Kas kecil menjadi metode pembayaran aktivitas perusahaan yang kurang material.

Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank dibuat berdasarkan pendapatan dan beban yang masih harus dibayarkan. Pendapatan jasa giro dan pembayaran biaya administrasi bank akan mengurangi sejumlah dana di perusahaan. Maka, contoh jurnal penyesuaian untuk mengakui pendapatan jasa giro bank sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Kas Rp 11.510.000
Pendapatan Jasa Giro Rp 11.510.000

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas Sesuai SAK ETAP

Demikian contoh soal audit pemeriksaan rekonsiliasi bank yang menjadi bagian dari materi praktikum audit. Bagan alir, kuesioner sistem pengendalian internal dan penjelasan dari pelanggan akan membantu akuntan publik menilai internal control untuk menentukan ruang lingkup pemeriksaan yang akan dilakukan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekonsiliasi Bank dan Jawabannya"