Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung cadangan kerugian piutang merupakan akun yang dipergunakan mengalokasikan informasi tentang tagihan yang tidak mampu dibayarkan pelanggan. Metode langsung dan metode tidak langsung dalam penghapusan piutang tak tertagih dapat mengukur kinerja pelanggan.

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang didasari pada persentase penjualan kredit dan piutang dagang. Jumlah piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih dapat dihitung sesuai estimasi nilai menurut pertimbangan dari manajemen perusahaan dengan menekankan pada neraca atau laba rugi komprehensif.

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berdampak pada kewajaran laporan keuangan. Piutang diakui senilai tagihan yang mampu dibayarkan oleh pelanggan. Umur piutang menandakan adanya kebijakan pembayaran kredit atas pesanan yang telah dikirimkan oleh pelanggan.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang

Cara Mengukur Kerugian Piutang Tak Tertagih

Cara mengukur kerugian piutang tak tertagih dapat diperhitungkan berdasarkan tingkatan kekayaan perusahaan. Dasar dalam menentukan nilai cadangan kerugian piutang adalah persentase penjualan kredit dan piutang dagang dimana perusahaan dapat memilih salah satu metode pengakuan beban kerugian piutang tersebut.

Cara menghitung cadangan kerugian piutang dilihat berdasarkan tingkat partisipasi ketika menentukan jumlah piutang tak tertagih. Setiap wajib pajak harus menyampaikan surat pemberitahuan pajak tahunan badan untuk memperlihatkan mekanisme memperoleh penghasilan sesuai ketentuan yang berlaku.

Bagaimana cara mengukur kerugian piutang didasarkan pada informasi pendukung tentang ketepatan waktu pembayaran tagihan. Internal control atau sistem pengendalian internal penjualan harus diperkuat agar hanya pelanggan yang memiliki riwayat pembayaran baik dapat memperoleh kebijakan penjualan kredit.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Contoh Soal Jurnal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya

Contoh soal jurnal cadangan kerugian piutang dan jawabannya diperuntukkan bagi lawan transaksi yang ingin melaporkan kekayaannya. Akun cadangan kerugian piutang termasuk akun aktiva yang bertempat setelah piutang usaha dan dianggap sebagai akun kontra dari informasi piutang yang tercatatnya.

Contoh soal dan jawaban cadangan kerugian piutang perusahaan jasa dan dagang akan terjadi karena wajib pajak ingin membebankannya sebagai pengurang penghasilan kena pajak. Metode langsung dan metode tidak langsung dapat diterapkan ketika terjadi transaksi penghapusan piutang tak tertagih.

Contoh soal dan cara menghitung cadangan kerugian piutang terjadi ketika CV Staff Accounting yang memiliki saldo penjualan kredit sebesar Rp 665.210.000. Taksiran kerugian piutang ditetapkan sebesar 2% dari piutang dagang diakhir periode. Apabila pada awal periode saldo piutang dagang adalah 0 rupiah, berapakah nilai cadangan kerugian piutang?

Baca Juga: Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap dan Jawabannya

Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Cara menghitung cadangan kerugian piutang dapat didasari pada jumlah piutang dagang di akhir periode. Piutang dagang adalah aset perusahaan yang berasal dari penjualan kredit dimana terdapat kekayaan yang masih berada dipihak ketiga dan belum dibayarkan sebelum sampai masa jatuh temponya.

Contoh soal dan cara menghitung cadangan kerugian piutang tak tertagih diperlukan sebagai upaya mengetahui tingkat pengembalian kekayaan perusahaan. Dasar yang digunakan dalam metode penyisihan piutang adalah dasar penjualan kredit dan dasar piutang dagang diakhir periode pelaporan.

Cara menghitung cadangan kerugian piutang tak tertagih difokuskan pada nilai piutang dagang. Nilai penjualan kredit akan menghasilkan saldo piutang dagang selama belum terjadi pembayaran. Taksiran kerugian piutang ditetapkan sebesar 2% dari piutang dagang di akhir periode, sesuai perhitungannya sebagai berikut:

Penyisihan piutang tak tertagih = Rp 665.210.000 * 2%
Penyisihan piutang tak tertagih = Rp 13.304.200

Demikian contoh soal dan cara menghitung cadangan kerugian piutang metode tidak langsung. Kelemahan metode langsung dalam penghapusan piutang adalah mengurangi manfaat pencatatan transaksi yang dilaporkan sesuai nilai kekayaan yang diatribusikan di perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang"