Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Umumnya

Konten [Tampil]

Contoh soal kas kecil metode imprest dan jurnal umumnya diperlukan ketika wajib pajak menetapksan saldo kas awal periode. Patty cash atau kas kecil merupakan metode pembayaran yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai upaya mempublikasikan informasi keuangan dalam tagihan dengan nominal kurang material.

Jurnal pembentukan dan jurnal pengisian kembali saldo kas kecil diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mengubah metode pembayaran dari transfer menjadi tunai. Contoh soal kas kecil metode imprest dan pembahasannya harus diselenggarakan secara maksimal untuk mengorganisir keuntungan perusahaan.

Soal dan jawaban kas kecil metode imprest dan fluktuasi dapat dipilih perusahaan ketika membuat sistem pengendalian internal. Internal control kas harus diperketat mengingat kas memiliki sifat mudah diselewengkan karena memiliki risiko pengendalian dan risiko bawaan dari sifat likuid atau mudah dicairkannya.

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Umumnya

Sistem Pengendalian Internal Kas Kecil dan Penerapannya

Sistem pengendalian internal kas kecil dan penerapannya bertujuan untuk menjaga aset perusahaan dari aktivitas menyelewengkan kekayaan perusahaan. Setiap pengeluaran perusahaan harus menggunakan cek atau bilyet giro terutama ketika nilai tagihan material dan mengurangi sebagian aset bersih perusahaan.

Penerapan sistem pengendalian internal kas perusahaan dagang dan jasa dapat memisahkan pembelian atau penggunaan dana sesuai nilai tagihannya. Kas kecil diperuntukkan bagi pembayaran tagihan perusahaan yang bernominal kecil seperti pembayaran ongkos kirim, ongkos bongkar muat barang dan materai.

Contoh internal control kas kecil dan penerapannya harus dibuktikan dengan otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang dalam bukti kas keluar. Jurnal umum adalah tempat mencatat transaksi pertama kali setelah aktiva bersih perusahaan dikeluarkan dengan menggunakan asersi manajemen.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Umumnya

Contoh soal kas kecil metode imprest dan jurnal umumnya berlaku bagi perusahaan yang ingn menginvestasikan dananya. Sistem dana tetap dan dana tidak tetap bertujuan memudahkan pihak kasir dalam mengelola dana kas kecil sesuai aliran kas masuk dan aliran kas keluar sesuai transaksi perusahaan.

Contoh soal dan cara menghitung kas kecil metode imprest sering dikenal dengan imprest fund system. Setiap pengeluaran dari kas kecil atau patty cash harus mengisi bukti pengeluaran kas dan mendapatkan persetujuan dari pejabat yang berwenang. Hasil cash opname harus sejalan dengan sisa kas setelah penggunaannya.

Jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil diterapkan setelah dana tetap dan dana tidak tetap disetujui. CV Staff Accounting telah menyetujui pembentukan saldo kas kecil senilai Rp 55.100.000, adapun pengeluaran kas selama satu periode sebagai berikut:

TanggalTransaksi
02/05/2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 1.120.000
08/05/2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 145.000
17/05/2022Pembelian materai sebesar Rp 600.100
23/05/2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 142.000
31/05/2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angkat Tahun

Jurnal Pembentukan Kas Kecil dan Pengisian Kembali

Jurnal pembentukan kas kecil dan pengisian kembali akan diselenggarakan dengan meminta cek atau bilyet untuk dicairkan. Rekening bank menjadi metode pembayaran untuk tagihan dengan nominal besar. Kas kecil menjadi metode pembayaran tagihan dengan nominal kecil atau kurang material.

Jurnal Pembentukan Kas Kecil

Jurnal pembentukan kas kecil metode imprest hanya dilaksanakan pada awal penetapan dana tetap dan perubahan nominal kas kecil. Perusahaan dapat menetapkan saldo kas kecil sesuai estimasi kas yang diperlukan untuk pembayaran aktivitas perusahaan selama satu tahun fiskal. Adapun jurnal pembentukan saldo kas kecil adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 55.100.000
Mandiri Bank Rp 55.100.000

Jurnal Pengisian Kembali Saldo Kas Kecil

Jurnal pengisian kembali kas kecil metode imprest hanya dilakukan setelah perusahaan menjalankan aktivitas bisnis. Apabila patty cash sudah mulai habis, maka kasir dapat meminta proses pengisian dengan melampirkan cek atau bilyet giro untuk memindahkan saldo dari rekening bank ke brangkas.

Jurnal pengisian kembali saldo kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi terdapat perbedaan pada proses pengakuan biaya. Sistem pengendalian internal kas dapat diterapkan bagi perusahaan dagang dan jasa adalah metode imprest. Adapun contoh kas kecil metode imprest dan jurnal umum yang dapat dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 2.007.100
Mandiri Bank Rp 2.007.100

Baca Juga: Apa itu Jurnal Umum? Fungsi dan Tujuan Jurnal Umum

Demikian contoh soal kas kecil metode imprest dan jurnal umumnya dalam pencatatan pembentukan kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap. Bukti kas keluar menjadi bukti transaksi ketika terjadi pemakaian kas kecil untuk keperluan perusahaan menjalankan aktivitas bisnis selama operasional berlangsung.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Umumnya"