Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Analisis Umur Piutang untuk Menghitung Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]

Cara membuat analisis umur piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan sejumlah biaya atas tidak mampu dibayarkannya pesanan. Contoh soal piutang tak tertagih dapat dijawab melalui metode cadangan kerugian piutang atau penghapusan piutang langsung.

Contoh soal analisis umur piutang untuk menentukan penyisihan piutang tak tertagih berlaku bagi wajib pajak yang mau melaporkan kondisi keuangannya. Piutang dilaporkan sebesar nilai yang mampu dibayarkan pelanggan setelah adanya pengurangan cadangan kerugian piutang yang dipersiapkan.

Cara mencari usia piutang berdasarkan tagihan yang telah jatuh tempo dapat diperhitungkan sebagai upaya publikasi laporan keuangan. Soal pilihan ganda dan essay menjadi materi ulangan tengah semester akuntansi pengantar. Internal control penjualan kredit harus diperkuat ketika terdapat piutang tak tertagih.

Cara Membuat Analisis Umur Piutang untuk Menghitung Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal dan Cara Menghitung Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh soal dan cara menghitung analisis umur piutang tak tertagih berdampak pada informasi keuangan yang dilaporkan. Pengguna laporan eksternal akan meminta informasi berkaitan piutang untuk mengestimasikan aliran kas dimasa depan sebagai alat pembayaran tagihan dan biaya yang masih harus dibayar.

Cara menghitung cadangan kerugian piutang berdasarkan umur piutang didasarkan pada persentase penjualan kredit atau piutang dagang. Penyebab munculnya piutang tak tertagih adalah perusahaan sudah kehilangan jejak dalam meminta pembayaran kepada pelanggan atau terdapat surat kebangkrutan dari pelanggan.

Contoh soal dan cara menghitung analisis umur piutang tak tertagih terjadi pada CV Staff Accounting yang menjalankan penghapusan piutang dengan membentuk akun cadangan kerugian piutang sebesar 5% dari piutang jatuh tempo. Apabila rincian piutang pelanggan, termin pembayaran dan nilai tagihannya sebagai berikut:

Kode PelangganNama PelangganTanggal Faktur Pajak Tagihan Termin pembayaran
C001CV Staff Accounting25/07/2022 Rp 420.000.000 n/30
C002CV Staff Administrasi09/10/2022 Rp 430.000.000 n/30
C004CV Staff Marketing15/12/2022 Rp 140.000.000 n/30

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Cara Membuat Skedul Umur Piutang dan Perhitungannya

Cara membuat skedul umur piutang dan perhitungannya dapat diselenggarakan menyesuaikan aturan penjualan kredit. Usia piutang yang lama menunjukkan adanya keterlambatan pembayaran dari pelanggan dan menurunkan nilai kredit score yang diberikan untuk pemesanan barang di masa mendatang.

Cara membuat skedul umur piutang dimulai dari perhitungan selisih antara tanggal faktur penjualan dengan tanggal cut-off laporan. Penyebab munculnya piutang tak tertagih adalah ketidakmampuan pelanggan melunasi tagihan secara tepat waktu sesuai termin pembayaran yang telah disekati di awal perjanjian.

Cara membuat analisis umur piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih harus menentukan apakah sebuah tagihan telah jatuh tempo atau belum. Adapun langkah-langkah mencari umur piutang sesuai kebijakan penjualan kredit perusahaan sebagai berikut:

Kode PelangganNama PelangganTanggal Faktur PajakTermin pembayaranUmur Piutang
C001CV Staff Accounting25/07/2022n/30129 hari
C002CV Staff Administrasi09/10/2022n/3053 hari
C004CV Staff Marketing15/12/2022n/30-14 hari

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Elimasi Laporan Keuangan Konsolidasi

Cara Membuat Analisis Umur Piutang Tak Tertagih dan Contoh Soalnya

Cara membuat analisis umur piutang tak tertagih dan contoh soalnya dapat diberikan kepada pelanggan yang membayarkan tagihan tidak pada masanya. Penjualan kredit yang tinggi menandakan entitas memprioritaskan aliran kas di masa mendatang dengan meningkatkan omzet ditahun berjalan.

Cara menghitung umur piutang tak tertagih bermanfaat untuk menentukan nilai cadangan kerugian piutang. Nilai penyisihan piutang tak tertagih didasarkan pada penjualan kredit atau nilai piutang dagang diakhir periode. Akun cadangan kerugian piutang termasuk akun kontra dari piutang dagang.

Contoh soal dan cara menentukan usia piutang dapat dipergunakan untuk menyusun akun biaya kerugian piutang. Penyisihan piutang merupakan akun opsional yang dapat dibuat perusahaan menyesuaikan aktivitas penjualan dan estimasi piutang yang tidak mampu dibayarkan pelanggannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 42.500.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 42.500.000

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Akuntansi Penggabungan Usaha Metode Ekuitas

Demikian cara membuat analisis umur piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih dalam prosedur sistem pengendalian internal penjualan kredit. Pemisahan tugas antara bagian penjualan, pengiriman barang, penerimaan kas dan penagihan akan membantu membuat bukti transaksi yang valid.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Analisis Umur Piutang untuk Menghitung Penyisihan Piutang Tak Tertagih"