Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Eliminasi Laporan Keuangan Konsolidasi

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal eliminasi laporan keuangan konsolidasi dalam materi akuntansi keuangan lanjutan 2 diperuntukkan bagi entitas yang ingin membeli saham perusahaan lain. Jurnal eliminasi berguna untuk menghapus transaksi yang berkaitan antar pihak-pihak berafiliasi agar laporan keuangan menunjukkan keadaan sebenarnya.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan induk dan anak perusahaan harus dicantumkan pada akta pendirian entitas. Penggabungan usaha dapat dilakukan melalui metode konsolidasi, merger dan akuisisi saham. Mutual holding adalah bentuk pemilikan saham yang berafiliasi atau bergabung menjadi satu.

Pertanyaan tentang akuntansi keuangan lanjutan tentang konsolidasi berkaitan dengan hak kontrol entitas. Pengertian hak kontrol adalah hak yang didapatkan induk perusahaan dari aktivitas pembelian saham anak perusahaan melalui pemilikan saham yang beredar lebih dari 50% atau perjanjian setara dengan kekuasaan tersebut.

Contoh Soal Jurnal Eliminasi Laporan Keuangan Konsolidasi

Jurnal Eliminasi dan Kegunaannya

Jurnal eliminasi dan kegunaannya menjadi pedoman ketika menyusun neraca konsolidasi. Contoh soal akuntansi pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan diprioritaskan pada aktivitas pembelian saham biasa, saham preferen dan saham treasury menyesuaikan kebijakan yang berlaku pada perusahaan tersebut.

Kegunaan jurnal eliminasi dalam laporan keuangan konsolidasi adalah akun kontra untuk menghapus aktivitas bisnis yang terjadi antar perusahaan berafiliasi. Pembelian saham anak perusahaan dapat dilakukan menggunakan kas dan setara kas, menukarkan dengan surat berharga atau aktiva tetap lain milik perusahaan.

Contoh jurnal eliminasi pada laporan keuangan konsolidasi akan memberikan gambaran perihal prosedur akuntansi pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan. KHPDNP dan KNBDHP menjadi selisih antara biaya perolehan dan nilai buku yang didapatkan perusahaan ketika mengadakan kerjasama afiliasi.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh Soal Akuntansi Pembelian Saham Anak Perusahaan oleh Induk Perusahaan

Contoh soal akuntansi pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan diprioritaskan pada pembayaran secara tunai, cicilan atau angsuran. Macam-macam penggabungan usaha yang dapat dijalankan entitas diantaranya merger, akuisisi, konsolidasi dengan metode ekuitas dan metode biaya.

Contoh soal konsolidasi pada perusahaan anak yang dimiliki penuh dapat dilangsungkan agar pencatatan sistem akuntansi keuangan lanjutan dapat dilakukan. Hak kontrol adalah perusahaan yang membeli sebagian besar saham entitas lain dengan tujuan penguasaan kegiatan operasi dan pembayaran transaksi.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi terjadi pada CV Staff Accounting yang membeli saham PT INA ANI sebanyak 825lot dengan harga Rp 2.500. Buatlah jurnal investasi saham anak perusahaan dan jurnal eliminasi untuk memperhitungkan terjadinya KHPDNB atau KNBHDP yang terjadi atas peristiwa tersebut?

Baca Juga: Karakteristik Induk dan Anak Perusahaan

Contoh Jurnal Eliminasi Laporan Keuangan Konsolidasi dan Kegunaannya

Contoh jurnal eliminasi laporan keuangan konsolidasi dan kegunaannya dapat diterapkan pada perusahaan yang berafiliasi. Hak minoritas adalah sisa saham yang tidak dibeli oleh induk perusahaan dalam rangka menjaga ekosistem transaksi jual beli dengan menerapkan prinsip going concern.

Hubungan induk dan anak perusahaan terbatas pada transaksi setelah proses penggabungan usaha. Pengertian konsolidasi menurut para ahli adalah jenis penggabungan usaha dimana perusahaan yang digabung akan menjadi anak dengan tujuan diversifikasi usaha dan memudahkan pembelian bahan baku.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 tentang konsolidasi dimulai dengan membuat jurnal investasi. Investasi saham induk perusahaan diakui sejumlah setoran kekayaan untuk membeli modal entitas lain. Adapun jurnal investasi saham anak perusahaan oleh induk perusahaan sebagai berikut:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/12/2021 Investasi Saham PT INA ANI Rp 206.250.000
Modal Saham Rp 116.056.566
Kas Rp 90.193.434
(jurnal Investasi saham anak Perusahaan)

Cara Menghitung Hak Kontrol Induk Perusahaan

Cara menghitung hak kontrol induk perusahaan berdasarkan contoh soal jurnal eliminasi laporan keuangan konsolidasi perlu mempertimbangkan informasi jumlah saham yang beredar. Laba per lembar saham menjadi tujuan bagi investor ketika menyetorkan sejumlah kekayaan di perusahaan tersebut.

Langkah-langkah menghitung hak kontrol induk perusahaan harus melihat jumlah saham yang telah dibeli. Rumus perhitungan hak kontrol pada perusahaan afiliasi sebagai berikut:

Hak Kontrol = Jumlah Saham yang Dibeli / Jumlah Saham yang Beredar
Hak Kontrol = 825 / 1.000
Hak Kontrol = 82,5%

Cara membuat jurnal eliminasi adalah menjumlahkan ekuitas yang dimiliki lawan transaksi meliputi modal saham, agio saham dan laba ditahan. Investasi saham anak perusahaan akan memunculkan selisih yang akan diakui sebagai KHPDNB atau KNBDHP sesuai kebijakan yang ada di perusahaan tersebut.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
Modal Saham PT INA ANI Rp 140.674.626
Agio Saham PT INA ANI Rp 16.549.956
Laba Ditahan PT INA ANI Rp 71.716.476
KNBHDP Rp 22.691.058
Investasi Saham PT INA ANI Rp 206.250.000
(jurnal eliminasi saham anak perusahaan)

Baca Juga: Contoh Perhitungan Payback Period dan Pembahasannya

Demikian contoh soal jurnal eliminasi laporan keuangan konsolidasi yang menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan lanjutan. Hubungan induk dan anak perusahaan harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan sebagai dasar pelaporan pajak terutama hubungan istimewa perusahaan berafiliasi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Eliminasi Laporan Keuangan Konsolidasi"