Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran atau Cicilan

Konten [Tampil]

Contoh kasus tukar tambah penjualan angsuran atau cicilan sering dilaksanakan oleh wajib pajak yang menginginkan barang sekarang dengan menggunakan aliran kas dimasa mendatang. Masalah pemilikan barang dagang sering terjadi terutama ketika pembeli tidak mampu melanjutkan pembayaran atas angsurannya.

Tukar menukar penjualan angsuran merupakan tindakan pembeli yang menginginkan barang baru untuk upgrade produk yang diinginkannya. Penjualan angsuran adalah transaksi jual beli dimana perusahaan memberikan kebijakan kredit kepada pelanggan untuk melakukan cicilan atas barang yang diinginkannya.

Contoh soal tukar tambah dalam penjualan angsuran akan mengakibatkan permasalahan bagi perusahaan yang memberikan layanan kredit. Barang bekas atau barang hasil tukar tambah (trade-in) akan dicatat sebesar perkiraan harga pokook dengan perjanjian tertulis oleh masing-masing pihak yang mengadakan transaksi.

Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran atau Cicilan

Masalah Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Masalah tukar tambah dalam penjualan angsuran sering terjadi terutama ketika pembeli hanya ingin mengupgrade produk yang telah dimilikinya. Biasanya barang dari pembeli akan dinilai sesuai harga perolehan dikurangi dengan biaya estimasi atas nilai yang dapat diperdagangkannya dimasa mendatang.

Tukar menukar dalam penjualan cicilan akan mengakibatkan permasalahan terutama bagi pembeli yang belum memiliki npwp. Cara menghitung pendapatan bunga atas penjualan kredit dapat menggunakan metode suku bunga efektif, bunga menurun dan bunga tetap yang disesuaikan kemampuan dari lawan transaksi.

Pengertian tukar tambah adalah perjanjian kerjasama antara penjual dan pembeli dimana pembeli akan memberikan sebagai barang yang dimilikinya untuk mengurangi harga perolehan atas barang baru. Harga barang bekas yang dipakai adalah harga kesepatan antara pembeli dan penjual sesuai akta perjanjian yang  ditandatangani.

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Angsuran dan Penjualan Tunai

Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Sisa piutang yang belum dilunasi akan mengakibatkan adanya penurunan kredit score bagi pelanggan. Credit score adalah penilaian terhadap kualitas pembayaran tagihan yang dilakukan sesuai termin pembayaran.

Contoh soal dan jawaban tukar tambah penjualan cicilan harus diselenggarakan secepatanya dengan mengakui adanya cadangan selisih harga pertukaran. Bagi penjual, barang bekas milik pelanggan mengakibatkan adanya pengurangan terhadap nilai perolehan barang atau harga tukar dalam faktur penjualan.

Contoh kasus tukar tambah penjualan angsuran atau cicilan terjadi pada CV Staff Accounting yang mau menukarkan kendaraan bekas dengan harga Rp 51.236.000 dengan kendaraan baru seharga Rp 152.026.000 dengan harga perolehan yang disepakati Rp 140.000.000. Adapun perjanjian tukar tambah akuntansi keuangan lanjutan adalah:

Keterangan Nilai
Perkiraan biaya perbaikan Rp 54.000.000
Harga jual setelah perbaikan Rp 125.000.000
Laba kotor rata-rata penjualan mobil20%

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak dan Jawabannya

Jurnal Tukar Tambah Penjualan Angsuran Akuntansi Keuangan Lanjutan

Bagaimana perhitungan dan pencatatan dari penjualan angsuran dengan tukar tambah dilaksanakan dengan membentuk cadangan selisih harga pertukaran. Apa saja unsur saldo piutang penjualan cicilan terdiri dari nilai barang bekas yang disetujui dan harga jual barang setelah perbaikan oleh perusahaan.

Contoh kasus tukar tambah penjualan angsuran atau cicilan akan membentuk jurnal penyesuaian akuntansi keuangan lanjutan. Permasalah tukar menukar barang bergerak dan tidak bergerak mengakibatkan adanya perubahan skema cicilan pembayaran atas bunga yang dibebankan ke transaksi tersebut.

Jurnal tukar tambah penjualan akuntansi keuangan lanjutan harus diselenggarakan dengan menghitung dan mencatat cadangan selisih harga pertukaran. Bagaimana perhitungan dan pencatatan dari penjualan angsuran dengan tukar tambah untuk membentuk cadangan selisih harga pertukaran adalah

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 75.125.000
Nila Jual setelah perbaikan Rp 55.000.000
Laba kotor rata-rata Rp 11.000.000
perkiraan perbaikan Rp 4.000.000 Rp 70.000.000
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 5.125.000

Jurnal tukar tambah penjualan cicilan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2022Kendaran Bekas Rp 70.000.000
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 5.125.000
Piutang Angsuran Rp 76.901.000
Harga Pokok Penjualan Rp 140.000.000
Penjualan kredit Rp 152.026.000
Persediaan Rp 140.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Jawabannya

Demikian contoh kasus tukar tambah penjualan angsuran atau cicilan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Agar seluruh pendapatan bunga kredit didapatkan maka entitas diwajibkan melaporkan seluruh penghasilan yang diperolehnya sebagai upaya mendapatkan tambahan manfaat ekonomis.

Posting Komentar untuk "Contoh Kasus Tukar Tambah Penjualan Angsuran atau Cicilan"