Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya dilaksanakan akuntan publik dalam rangka mencari kebenaran jumlah tagihan yang belum dibayarkan pelanggan. Audit piutang tak tertagih melibatkan umur piutang, persetujuan pemberian kebijakan kredit yang dapat menghasilkan temuan audit di periode berjalan.

Contoh kasus audit piutang usaha dan penyelesainnya timbul karena perusahaan memberikan kebijakan penjualan kredit kepada pelanggan atas barang yang telah diserahkannya. Pemeriksaan piutang adalah pemeriksaan terhadap saldo piutang tak tertagih perusahaan yang harus disetorkan selama periode berjalan.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan piutang adalah mencari kebenaran saldo piutang usaha lainnya. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagang secara kredit yang disesuaikan termin pembayaran diberikan kepada pelanggan sesuai nilai credit score yang telah dipertimbangkannya.

Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Contoh Temuan Audit Pemeriksaan Piutang Usaha

Contoh temuan audit pemeriksaan piutang usaha harus melibatkan prosedur pencatatan sistem informasi akuntansi. Piutang dinyatakan dalam laporan keuangan sebesar nilai tagihan atas barang yang telah dikirimkan dan dikurangi nilai penyisihan piutang tak tertagih sesuai prosedur akuntansi perusahaan.

Kasus temuan audit pada pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya adalah adanya daftar harga barang yang berbeda setiap periodenya. Tujuan pemeriksaan piutang dagang adalah mengetahui kebenaran nilai piutang secara akurat dan telah dicatat sesuai periode untuk memenuhi prinsip akuntansi yaitu prinsip perbandingan.

Contoh kasus pemeriksaan piutagn dagang dan piutang lainnya dimulai dari mendeteksi kesalahan dalam sistem pengendalian internal. Internal control piutang harus dapat menyakinkan akuntan publik tentang keyakinan terhadap bukti transaksi yang dibuat sejalan berdasarkan sistem penjualan, piutang dan penerimaan kas.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang

Pertanyaan Siklus Penjualan dan Penagihan Piutang Usaha

Pertanyaan siklus penjualan dan penagihan piutang usaha dijalankan oleh perusahaan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan. Bagaimana akuntan publik menilai kelebihan dan kelemahan sistem pengendalian internal piutang yang dijalankan diperusahaan? yaitu menggunakan bagan alir atau flow chart.

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan jawabannya bertujuan agar nilai tagihan dalam mata uang asing diakui sesuai kurs yang berlaku. Risiko audit dalam pelaksanaan audit terhadap piutang dagang adalah adanya kewajiban kontinjensi yang berakibat pada prosedur pendiskontoan wesel tagih.

Pertanyaan siklus penjualan dan penagihan piutang usaha dapat disesuaikan dengan aliran dokumen perusahaan. Prosedur pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya dimulai dari adanya pemisahan tugas dan tanggungjawab antara pihak penjual, pengiriman pesanan, penagihan dan pembuat faktur pajak.

Baca Juga: Contoh Uji Subtantif dan Uji Complaince Piutang Dagang

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya akan terjadi ketika entitas memberikan kelonggarakan mekanisme pembayaran tagihan. Adanya akun penyisihan piutang tak tertagih menandakan perusahaan telah mempersiapkan resiko tidak terbayarnya tagihan yang telah diterbitkannya.

Contoh kasus pemeriksaan piutang dagang dan jawabannya diawali dengan memberikan laporan nilai piutang yang belum terbayarkan pada akhir periode. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang secara kredit dimasa lampau sesuai termin pembayaran yang telah disepakati.

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya terjadi ketika CV Staff Accounting memiliki saldo piutang sebesar Rp 584.020.000. Kasus temuan audit pada pemeriksaan piutang usaha terjadi ketika CV Staff Accounting melakukan konfirmasi dimana nilai Rp 5.200.000 sudah terbayarkan. Buatlah jurnal penyesuaian yang harus dibuat oleh akuntan publik?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Cash Rp 5.200.000
Account Receivables Rp 5.200.000

Baca Juga: Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Demikian contoh kasus pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya dalam materi praktikum auditing berbasis komputer. Nilai penjualan kredit yang besar menandakan perusahaan mempercayai pelanggan untuk membayarkan tagihan setelah barang diterima sesuai termin yang disepakati.

Posting Komentar untuk "Contoh Kasus Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya"