Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Kecil dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan jawabannya harus dilaksanakan sebelum perusahaan mengevaluasi aset yang lainnya. Kas kecil adalah kas yang diperuntukkan membiayai kegiatan pemilik yang kurang material dan memerlukan biaya lebih besar apabila menggunakan cek atau bilyet giro.

Contoh kertas kerja audit atas rekonsiliasi saldo kas dan bank akan mengupayakan adanya koreksi terhadap rekening giro perusahaan. Cash opname adalah tindakan menghitung sisa kas yang tersisa dibrankas agar dapat dibandingkan antara saldo sesuai catatan dan saldo kas yang sebenarnya ada.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan kas kecil adalah memastikan pembayaran tagihan sesuai tujuan penggunaannya. Untuk memeriksan kebenaran saldo atas bank, auditor dapat melakukan pengujian sistem pengendalian internal terutama pemeriksaan terhadap kewajaran informasi keuangan yang disampaikannya.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Kecil dan Jawabannya

Prosedur Audit Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Prosedur audit pemeriksaan kas dan setara kas dilaksanakan untuk mengupayakan agar entitas dapat melaporkan total saldo yang dimilikinya. Penilaian terhadap sistem pengendalian internal kas atas transaksi penerimaan dan pengeluaran wajib dibuktikan dengan adanya bukti transaksi berupa kuitansi.

Mengapa pendeteksian kecurangan dalam pengujian rinci saldo kas lebih diutamakan dibandingkan dengan saldo akun neraca lainnya sebab kas merupakan aset yang memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian. Kas bersifat likuid artinya dapat digunakan tanpa mengurangi nilai nominal yang tercantum.

Prosedur dan contoh soal audit pemeriksaan kas kecil wajib diselenggarakan dengan metode kas opname. Perhitungan fisik uang kertas dan uang koin di brankas dapat dilaksanakan sebelum dan sesudah tanggal laporan keuangan. Fraud laporan keuangan yang terjadi di akun kas adalah windows dressing dan korupsi.

Baca Juga: Contoh Soal Uji Subtantif dan Compliant Kas dan Setara Kas

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Kas Kecil

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan kas kecil bertujuan agar entitas dapat memahami sistem perhitungan biaya. Process costing dan job order costing memerlukan kas sebagai metode pembayarannya. Kas kecil dapat diolah menggunakan metode imprest dan metode fluktuatif.

Contoh soal audit pemeriksaan kas dan setara kas diawali dengan memeriksa penerapan sistem pengendalian internal. Uang kas harus disimpan ditempat aman dan adanya otorisasi dari pejabat ketika mau menggunakan kas, cek dan bilyet giro sebagai metode pembayaran tagihan.

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan jumlah kas tersisa sebesar Rp 95.200.000. Adapun hasil cash opname dibrankas didapatkan hasil temuan uang kertas dan uang koin sebagai berikut:


Nominal Uang

Jumlah

Total

Rp 200

680

Rp 136.000

Rp 500

125

Rp 62.500

Rp 1.000

367

Rp 367.000

Rp 2.000

808

Rp 1.616.000

Rp 5.000

763

Rp 3.815.000

Rp 10.000

224

Rp 2.240.000

Rp 20.000

479

Rp 9.580.000

Rp 50.000

317

Rp 15.850.000

Rp 100.000

494

Rp 49.400.000

Total

Rp 83.066.500

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Akad Salam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas akan menunjukkan nominal kas yang sebenarnya di brankas. Tujuan pemeriksaan kas adalah memastikan nilai kas yang tercantum pada laporan keuangan sesuai realitasnya dan diakui pada tanggal kejadian dengan menerapkan prinsip perbandingan.

Contoh soal pengujian subtantif terhadap kas diawali dengan adanya pertimbangan pemakaian kekayaan untuk mengoperasikan kegiatan perusahaan. Cash count adalah perhitungan fisik uang kas untuk memeriksa kebenaran saldo yang dilaporkan pada jurnal umum dan buku besar kas.

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan jawabannya akan dibuatkan kertas kerja pemeriksaan. Rekening koran merupakan mutasi seluruh pencatatan perusahaan ketika membayar melalui bank. Adapun jurnal penyesuaian yang akuntan publik terbitkan untuk kesalahan pencatatan sebagai berikut:


Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

31/12/2022

Macam-Macam Biaya

Rp 12.133.500

Kas Kecil

Rp 12.133.500

(Audit adjustment journal)

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap

Demikian contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan jawabannya sebagai akibat mutasi informasi keuangan perusahaan. Tujuan pemeriksaan kas adalah memeriksa kebenaran saldo, kesesuaian penggunaan, kelengkapan bukti pendukung atas transaksi yang terjadi di perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Kecil dan Jawabannya"