Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Metode Proporsional dan Eliminasi

Konten [Tampil]

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan eliminasi bertujuan agar entitas dapat melakukan penilaian ulang terhadap aset yang telah dimilikinya. Tujuan revaluasi adalah menghargai aset yang telah dibeli di masa lampau dengan harga sekarang diserta pembayaran pajak penghasilan final.

Contoh soal perhitungan revaluasi aset tetap dan jurnal pencatatannya dapat diselenggarakan dengan memberikan informasi kekayaan perusahaan. Makalah penilaian kembali aktiva (revaluasi aset tetap) berfungsi agar entitas memperoleh tambahan penghasilan dari selisih nilai buku dan nilai wajar saat transaksi.

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap pajak disesuaikan kategori aset perusahaan. Penyebab perusahaan melakukan revaluasi adalah adanya tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan ketika aset dinilai ulang harga pemilikannya. Aset yang bisa dinilai ulang adalah aset investasi jangka panjang seperti tanah.

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Metode Proporsional dan Eliminasi

Tujuan Revaluasi Aset Tetap untuk Pendirian Persekutuan

Tujuan revaluasi aset tetap untuk pendirian persekutuan dapat dilaksanakan agar masing-masing sekutu mengetahui harta kekayaan atas setoran modalnya. Pendirian firma atau persekutuan dilaksanakan dengan menyetorkan aset berupa kas dan setara kas bahkan aset non kas yang berfungsi menambah kekayaan perusahaan.

Apa keuntungan perusahaan apabila melakukan revaluasi aset secara rutin adalah laporan keuangan menunjukkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Tarif pajak final atas penilaian kembali aset tetap harus disetorkan sendiri oleh entitas paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya melalui spt pph pasal 4 ayat 2.

Tujuan revaluasi aset tetap untuk pendirian persekutuan adalah memberikan kepastian bagi perusahaan yang akan melaksanakan penilaian kembali. Aset yang telah direvaluasi akan menunjukkan nilai wajar dan dapat dibebankan biaya penyusutan atau amortisasi sesuai kategori aset berdasarkan ketentuan umum perpajakan.

Baca Juga: Cara Membuat Skedul Umur Piutang Usaha dan Formatnya

Contoh Soal Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap Metode Proporsional

Contoh soal jurnal revaluasi aktiva tetap metode proporsional harus diselenggaran dengan mengurangi terlebih dahulu nilai akumulasi penyusutan aset. Sebutkan aset tetap apa saja yang nantinya bisa direvaluasi adalah aset yang memiliki nilai wajar lebih tinggi daripada nilai buku yang tercatat dipembukuan.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan eliminasi ditujukan bagi entitas yang ingin menghasilkan penghasilan tambahan. Penghasilan adalah tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan oleh wajib pajak atas penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak didaerah pabean.

Contoh soal perhitungan revaluasi aktiva tetap metode proporsional terjadi ketika CV Staff Accounting menilai kembali kendaraan dengan harga perolehan Rp 80.000.000 dan akumulasi penyusutan sebesar Rp 24.000.000. Nilai wajar kendaraan yang berlaku adalah Rp 70.000.000. Bagaimana jurnal revaluasi yang dibentuk?

Baca Juga: Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aset Sebelum Masa Manfaat Selesai

Contoh Perhitungan Revaluasi Aktiva Tetap Pajak dan Jawabannya

Contoh perhitungan revaluasi aktiva tetap dan jawabannya harus dilaksanakan karena entitas ingin memperoleh surplus revaluasi. Surplus revaluasi adalah selisih antara nilai buku dengan nilai wajar. Penilaian ulang harga aset tetap disesuaikan standar akuntansi keuangan dan menjadi objek pajak penghasilan.

Contoh perhitungan revaluiasi aktiva tetap metode proporsional dan eliminasi memungkinkan perusahaan mendapatkan laba ditahun berjalan. Nilai wajar aset harus dinilai ulang dengan memakai jasa appraisal atau penilai aktiva. Bukti transaksi akan didapatkan setelah kunjungan dari appraisal tersebut.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode eliminasi akan memerlukan akun aktiva tetap dan akun akumulasi penyusutan. Penyusutan adalah proses alokasi secara rutin atas biaya perolehan yang dikeluarkan perusahaan. Adapun jurnal revaluasi aset tetap yang harus dibuat perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Aktiva Tetap Rp 70.000.000
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap Rp 56.000.000
Suplus revaluasi Rp 14.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap Sejenis dan Jawabannya

Demikian contoh soal revaluiasi aktiva tetap menurut pajak dengan metode proporsional dan eliminasi sesuai informasi keuangan. Agar entitas dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya maka perusahaan tidak diperkenankan telat ketika melaporkan pajk penghasilan orang pribadi dan badan usaha.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Metode Proporsional dan Eliminasi"