Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Hpp untuk Menentukan Harga Jual Produk

Konten [Tampil]

Cara menghitung hpp untuk menentukan harga jual produk dengan metode fifo, lifo dan average. Hpp atau harga pokok produksi menjadi biaya utama dalam kegiatan perubahan bahan baku menjadi barang jadi sesuai spesifikasi pelanggan atau standar perusahaan yang mau diperjualbelikan kepada pelanggannya.

Cara menghitung persediaan akhir dan hpp metode fifo perpetual dan periodik dapat diterapkan diberbagai jenis persediaan. Persediaan adalah aktiva lancar yang digunakan untuk kegiatan produksi dalam rangka menciptakan produk sesuai pesanan pelanggan atau spesifikasi standar perusahaan yang telah ditetapkan.

Contoh soal metode fifo, lifo dan average dalam menentukan harga jual produk menjadi prioritas karena penjualan haruslah diatas harga pokok produksi. Laba kotor didapatkan dari perhitungkan harga jual dikurangi hpp produk. Laba kotor berpengaruh terhadap kewajaran saldo laporan keuangan diakhir periode.

Cara Menghitung Hpp untuk Menentukan Harga Jual Produk

Apa itu Harga Pokok Produksi (HPP)?

Pengertian harga pokok produksi menurut para ahli adalah harga dasar dari sebuah produk ketika selesai produksi atau harga beli dari supplier. Penjualan kembali produk harus diatas harga pokok dikarenakan entitas tetap menanggung biaya administrasi dan biaya pemasaran atas barang yang dipesan oleh pelangganya.

Apa itu harga pokok produksi atau hpp dalam akuntansi biaya? hpp adalah biaya minimal yang dikeluarkan perusahaan untuk memberikan pesanan pelanggan. Setiap barang yang hendak diperjualbelikan harus diatas harga pokok untuk mendapatkan laba agar entitas mendapatkan keuntungan.

Pengertian harga pokok produksi menurut para ahli adalah nilai buku atas barang yang diserahkan kepada pelanggan dan berperan menciptakan laba kotor diakhir periode. Penetapan harga jual produk harus disesuaikan kesepakatan antara pembeli dan penjualan dalam kontrak akta kerjasamanya diakhir periode.

Baca Juga: Perbedaan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Contoh Soal Persediaan Akhir dan Hpp Metode Fifo Periodik

Contoh soal persediaan akhir dan hpp metode fifo periodik adalah langkah yang dapat ditempuh perusahaan untuk menerapkan harga pokok produksi. Perusahaan dikatakan mendapatkan keuntungan ketika harga jual produk diatas harga pokok dan biaya tetap yang ditanggung setiap periodenya.

Contoh soal perhitungan hpp dan persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama memungkinkan entitas melaporkan seluruh informasi keuangan pada laporan posisi keuangan. Neraca saldo akan menggambarkan total kekayaan yang dimiliki perusahaan selama menjalankan aktivitas bisnisnya.

Contoh soal persediaan akhir dan hpp metode masuk pertama keluar pertama dapat digunakan untuk menentukan harga jual produk. CV Staff Accounting memiliki beberapa gudang dan beberapa jenis persediaan. Adapun riwayat pembelian dan penjualan salah satu produk yang dilaporkan kepala gudang adalah

TanggalPembelianPenjualan
Unit Harga Unit Harga
02/03/2022800 Unit Rp 15
08/03/2022770 Unit Rp 25
13/03/2022500 Unit Rp 18
15/03/2022485 Unit Rp 26
31/03/202250 Unit Rp 20

Baca Juga: Contoh Tes Wawancara Kerja Staff Accounting

Cara Menghitung Hpp Metode Masuk Pertama Keluar Pertama

Cara menghitung hpp untuk menentukan harga jual produk dapat menjadi pedoman bagi perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan ditahun berjalan. Agar entitas dapat memperoleh kepastian tentang penerapan sistem pengendalian internal, alangkah baiknya menggunakan sistem perpetual dalam mengelola barang.

Cara menghitung hpp metode fifo periodik dikerjakan setelah kepada gudang memberikan mutasi masuk dan keluarnya barang. Sistem dimana perhitungan persediaan akhir didasarkan pada hasil stock opname disebut sistem periodik. Metode fisik layak digunakan bagi perusahaan yang memiliki jumlah barang sedikit.

Cara menghitung hpp untuk menentukan harga jual produk diprioritaskan pada jenis-jenis barang yang memiliki tingkat pesanan tertinggi. Bagi penjual, harga jual menjadi patokan utama ketika menentukan laba kotor yang diinginkan. Adapun contoh soal metode fifo periodik dapat dijawab sebagai berikut:

TanggalJumlah unit dan biaya Total biaya
02/03/2022800 Unit Rp 15 Rp 12.000
13/03/2022500 Unit Rp 18 Rp 9.000
31/03/202250 Unit Rp 20 Rp 1.000
Barang tersedia untuk dijual Rp 22.000
Persediaan Akhir Rp 1.810
HPP Rp 20.190

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Wawancara Tentang Audit Persediaan Barang

Demikian contoh soal dan cara menghitung harga pokok produksi metode fifo perpetual dan periodik yang disesuaikan kebijakan akuntansi keuangan di perusahaan. Agar persediaan akhir dapat diinformasikan secara akurat, maka sistem pengendalian internal harus diterapkan sesuai standar keuangan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Hpp untuk Menentukan Harga Jual Produk"