Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Kredit dan Cara Membuat

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penjualan barang secara kredit dan cara membuat jurnal umum perusahaan dagang menjadi aktivitas utama dalam prosedur pencatatan bukti transaksi di perusahaan. Setiap akuntan berhak untuk mencatat segala transaksi yang memerlukan kas dan setara kas sebagai metode pembayaran jangka pendeknya.

Pencatatan jurnal pembelian dan jurnal penjualan perusahaan dagang dan jasa perlu diselenggarakan secara wajib agar entitas berhasil mencatat segala aktivitas yang menambah kekayaan bagi perusahaan. Penjualan adalah aktivitas menyerahkan barang dan jasa sesuai pesanan dari pelanggan di periode berjalan.

Contoh soal jurnal penjualan secara kredit dan tunai beserta jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah perihal pemeriksaan omzet tahun berjalan. Penjualan dan biaya merupakan ukuran kinerja keuangan selama satu periode untuk memperhitungkan laba kotor yang didapatkan satu periode.

Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Kredit dan Cara Membuat

Transaksi yang Dicatat dalam Jurnal Penjualan

Transaksi yang dicatat dalam jurnal penjualan meliputi penjualan tunai, penjualan kredit dan penjualan konsinyasi termasuk aliran kas yang didapatkannya. Penerimaan kas merupakan aktivitas aliran kas masuk sebagai hasil dari penyerahan barang dan jasa kepada pelanggan sesuai pesanan yang telah diberikannya.

Penjualan kredit adalah pembeli diperkenankan membayarkan tagihan setelah barang diterima sesuai jangka waktu di termin pembayaran. Maksud dari termin 2/10, n/30 artinya penerimaan kas masuk dalam jangka waktu 10 hari setelah barang dikirim akan memperoleh diskon sebesar 2% dengan batas maksimal 30 hari.

Transaksi yang dicatat dalam jurnal penjualan haruslah dibuktikan dengan bukti transaksi yang valid. Bukti transaksi terjadinya penjualan meliputi invoice, surat jalan pengiriman barang, bukti pengeluaran barang dari gudang, faktur penjualan dan bukti penerimaan barang di gudang pelanggan sesuai permintaan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Audit Pemeriksaan Penjualan dan Biaya

Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Jawabannya

Contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya menjadi pertimbangkan karena termasuk transaksi berulang-ulang. Transaksi yang berulang-ulang diperusahaan alangkah baiknya menggunakan jurnal khusus agar dapat diketahui saldo akhirnya untuk menentukan omzet atau biaya yang dikeluarkannya.

Contoh soal jurnal penjualan barang secara kredit dan tunai dengan sistem perpetual dan periodik sesuai pajak pertambahan nilai perlu dipertimbangkan sebagai penambah kekayaan di perusahaan. PPN adalah pajak yang dipungut atas penyerahan barang disetiap rantai distribusi barang dan jasa di perusahaan.

Contoh soal jurnal penjualan barang secara kredit terjadi ketika CV Staff Accounting mendapatkan pesanan barang sebanyak 53 buah dengan harga jual Rp 924.000. Adapun hpp barang adalah Rp 453.000 dan FOB shipping point. Bagaimana pencatata jurnal khusus siklus akuntansi perusahaan dagang tersebut?

Baca Juga: Contoh Kasus Kegagalan Pembayaran Piutang Tak Tertagih

Cara Membuat Jurnal Penjualan Barang Secara Kredit dan Tunai

Cara membuat jurnal penjualan barang secara kredit dan tunai akan dipengaruhi oleh kontrak kerjasama yang disepakati dengan pelanggan. Pelanggan adalah pihak yang ingin membeli barang sesuai nilai wajar pada saat transaksi sesuai tujuan pembentukan perseroan terbatas selama periode berjalan.

Cara menyusun jurnal penjualan barang secara kredit dan tunai perlu mempertimbangkan kebijakan akuntansi yang diterapkan. Entitas diwajibkan untuk melaporkan total kekayaan yang didistribusikan untuk menambah pengeluaran perusahaan selama satu periode sejalan dengan aktivitas bisnis yang terjadi.

Cara membuat jurnal penjualan dan jurnal penerimaan kas atas transaksi pelunasan piutang yang jatuh tempo disesuaikan standar akuntansi keuangan. FOB shipping point artinya perpindahan hak milik barang terjadi pada saat perpindahan dari gudang penjual ke sarana transportasi milik pembeli. Adapun jurnal penjualan kredit yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/03/2022Piutang Rp 54.358.920
HPP Rp 24.009.000
Penjualan Rp 48.972.000
PPN Keluaran Rp 5.386.920
Persediaan Rp 24.009.000
(Jurnal penjualan secara kredit)
03/03/2022Kas Rp 54.358.920
Piutang Rp 54.358.920
(Jurnal penerimaan pelunasan piutang)

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Demikian contoh jurnal penjualan barang secara kredit dan cara membuatnya sesuai standar akuntansi keuangan dalam materi akuntansi pengantar. Penjualan dapat diakui pada saat terjadinya penambahan aktiva dan penurunan liabilitas yang dibuktikan dengan faktur penjualan dan surat jalan pengiriman barang.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Kredit dan Cara Membuat"