Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihan yang diberikannya. Tujuan imbalan kerja adalah mengatur pencatatan tentang hutang yang ditanggung perusahaan karena pekerja memberikan jasa dan berhak memperoleh penghasilan di masa depan.

Pertanyaan tentang imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang terjadi ketika entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Kenapa perusahaan harus membukukan kewajiban imbalan kerja dilaporan keuangannya karena telah menggunakan sumber daya tenaga kerja langsung.

Secara umum perlakuan akuntansi atas imbalan kerja jangka panjang hampir sama dengan ketentuan yang mengatur pembagian kerja perusahaan. Imbalan kerja karyawan diberikan dalam bentuk program formal, peraturan perundang-undangan dan kebiasaan yang mengakibatkan timbulnya liabilitas jangka pendek tersebut.

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Perlakuan Akuntansi atas Imbalan Kerja Jangka Panjang dan Pendek

Secara umum perlakuan akuntansi atas imbalan kerja jangka panjang dan pendek bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian bisnis perusahaan. Ruang lingkup sistem pengendalian internal adalah seluruh komponen informasi keuangan yang berlaku untuk tujuan bisnis sesuai pembentukan persekutuan terbatas.

Bagaimana perlakuan aktuaris imbalan kerja terhadap pesangon dalam kasus pemutusan hubungan kerja bertujuan agar para pencari kerja mendapatkan hak gaji dan upahnya. Biaya upah dan gaji bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian bisnis tentang tagihan yang harus dibayarkan sampai akhir tempo pembayarannya.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja diatur pada PSAK 24. Entitas dapat mengakui timbulnya liabilitas ketika terjadi penyerahan jasa karyawan dan berakibat pada penurunan aktiva tetap dimasa mendatang. Entitas mengakui beban ketika perusahaan telah menikmati manfaat ekonomis dari jasa yang diberikan karyawan.

Baca Juga: Contoh Program Imbalan Kerja di Indonesia

Pertanyaan Tentang Imbalan Kerja Jangka Pendek

Pertanyaan tentang imbalan kerja jangka pendek akan terjadi bagi perusahaan yang mengupayakan kegiatan bisnis dimasa mendatang. Adanya kebebasan penggunaan kas dan setara kas bagi pejabat tertentu diperlukan agar pembayaran tagihan disesuaikan kemampuan aliran kas masuk dan aliran kas keluar.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya harus diberlakukan sebagai liabilitas dan beban kerja karyawan. Kenapa perusahaan harus membukukan kewajiban imbalan kerja di laporan keuangan karena menunjukkan adanya pertanggungjawaban terhadap sumber daya modal yang dimiliki perusahaannya.

Pertanyaan tentang imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang telah diatur pada PSAK 24. Kewajiban imbalan pasca kerja adalah imbalan bagi karyawan perusahaan yang telah melewati masa pensiun sebagai dedikasi atas pengorbanan waktu yang diserahkan kepada perusahaan untuk memakmurkan pemegang sahamnya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pengumuman Pembagian Dividen Saham dan Tunai

Contoh Soal Akuntansi Perhitungan Imbalan Kerja PSAK 24

Contoh soal akuntansi perhitungan imbalan kerja telah diatur pada PSAK 24. Imbalan kerja bagi karyawan terdiri dari imbalan kerja jangka pendek, pesangon, kontribusi pasif dan manfaat pasti seta imbalan jangka panjang lainnya yang telah disepakati dengan pemberi kerja sesuai kontrak pekerjaannya.

Bagaimana perlakuan aktuaris imbalan kerja terhadap pesangon dalam kasus pemutusan hubungan kontrak harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Kenapa perusahaan harus membukuan kewajiban imbalan kerja di laporan keuangan karena untuk mengungkapkan penggunaan tenaga kerja.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka panjang terjadi ketika CV Staff Accounting menggunakan 3 karyawan yang diberikan cuti berimbalan sebeesar Rp 800.000 untuk lima hari kerja. Selama bulan april 2022, karyawan yang cuti 5 hari 1 orang sementara sisanya cuti selama 3 hari. Bagaimana jurnal yang harus dibuat:

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/05/2022Beban cuti berimbalan Rp 13.600.000
Kas Rp 13.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Cara Menghitung Dana Pensiun bagi Pekerja

Demikian contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka pendek dan jangka panjang sesuai standar akuntansi keuangan. Pengakuan dan pengukuran timbalan kerja telah diatur ketika adanya kewajiban hukum dan konstruktif yang diakibatkan peristiwa kegiatan perusahaan dimasa mendatangnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya"