Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan jawabannya menjadi pertimbangan akuntan publik untuk menentukan kualitas kinerja keuangan perusahaan. Pengertian laba rugi perusahaan adalah keuntungan dan kerugian yang dihasilkan dari aktivitas pengelolaan modal dan liabilitas tertentu.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihannya. Kerugian untuk kontrak jangka panjang dilaksanakan agar entitas mengetahui pemisahan tugas yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut.

Metode pengakuan pendapatan kontrak konstruksi terdiri dari metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. Pendapatan bisa dihitung jika suatu pekerjaan belum selesai namun kontrak sudah selesai berdampak pada adanya ketidakmampuan pelunasan piutang tak tertagih oleh pelanggan perusahaan.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Jawabannya

Pertanyaan tentang Kontrak Konstruksi Jangka Panjang

Pertanyaan tentang kontrak konstruksi jangka panjang diberlakukan oleh perusahaan sebagai sarana promosi bisnis tertentu. Pendapatan konstruksi terutang pph pasal 4 ayat 2 final baik sebagai perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan gedung dan kantor sesuai kesepatan yang telah disetujuinya.

Bagaimana pengakuan pendapatan menurut metode kontrak selesai terjadi ketika entitas melaksanakan kegiatan pemberian jasa kepada pihak ketiga diakhir periode. Pelanggan akan membayarkan tagihan secara penuh ketika sudah menerima barang dan jasa yang dikerjakan secara penuh oleh para kontraktor atau developer.

Pertanyaan tentang kontrak konstruksi jangka panjang diatur pada PSAK 72 dan PSAK 34 sesuai aturan perpajakan yang berlaku. Pendapatan boleh diakui sebagai tambahan kekayaan perusahaan untuk mengerjakan aktivitas bisnis sesuai tujuan pembentukan persekutuan dan perseroan terbatas para pemegang saham.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Capital Lease dan Operating Lease

Contoh Soal Akuntansi Kontrak Konstruksi Metode Kontrak Selesai

Contoh soal akuntansi kontrak konstruksi metode kontrak selesai akan diterapkan diberbagai jenis perusahaan. Liabilitas jangka panjang dan pendek akan mempertanggungjawabkan informasi keuangannya sesuai total hutang yang didapatkan perusahaan selama masa operasionalnya dilangsungkan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan jawabannya bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihan yang harus dibayarkan pelanggan. Cara membuat invoice di accurate dan myob accounting bertujuan memudahkan pelanggan mengetahui detail nominal yang harus dibayarkan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian terjadi ketika CV Staff Accounting menyetujui pembangunan gedung senilai Rp 530.000.000 dan perkiraan biaya pokok sebesar Rp 352.000.000. Buatlah jurnal pengakuan pendapatan diakhir masa pembayaran kontraknya?

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman Pembagian Dividen Saham dan Tunai

Bagaimana Cara Suatu Perusahaan Mengakui Pendapatan Konstruksi

Bagaimana cara suatu perusahaan mengakui pendapatan konstruksi diatur pada PSAK 72 dan PSAK 34. Kontrak konstruksi jangka panjang adalah kewajiban perusahaan untuk melaksanakan aktvitas perencanaan, pembangunan dan penghancuran aktiva tetap yang dikehendaki oleh penyelenggara kegiatan bisnis.

Pengakuan pendapatan metode kontrak selesai mengakibatkan entitas tidak memperoleh omzet ditahun berjalan. Beban kerugian dari aktivitas penyimpangan, klaim dan pembayaran insentif tidak mempengaruhi aktivitas jasa yang diberikannya dimasa lampau. Liabilitas adalah total hutang yang dimiliki perusahaan selama satu periode akuntansi.

Bagaimana cara suatu perusahaan mengakui pendapatan konstruksi berdampak pada informasi kekayaan yang dilaporkan disuatu tahun pajak. Kapan pendapatan dapat ditunda pengakuannya ketika pelanggan memberikan bukti ditundanya proses pengiriman barang yang sudah siap diperdagangkan.

Adapun jurnal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/11/2022Kas Rp 567.100.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 21.200.000
HPP Rp 352.000.000
Penjualan Jasa Rp 530.000.000
PPN keluaran Rp 58.300.000
Persediaan Bahan Baku Rp 352.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dalam materi akuntansi keuangan menengah. Liabilitas, ekuitas dan aktiva harus dipertanggungjawabkan pada neraca saldo yang berisikan kondisi keuangan perusahaan. Pemanfaatan akun di neraca saldo dibuktikan dengan adanya laporan kinerja keuangan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Kontrak Selesai dan Jawabannya"