Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Aset dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Konten [Tampil]

Contoh soal aset dan liabilitas pajak tangguhan akan terjadi ketika perusahaan menerapkan kebijakan akuntansi yang berbeda dengan ketentuan umum perpajakan. Metode penyusutan, penerapan sistem persediaan dan penentuan nilai residu berakibat pada adanya biaya yang tidak boleh diakui pada bidang perpajakan.

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan berakibat pada nilai pajak penghasilan badan yang harus dibayarkan perusahaan. Pengukuran dan pengakuan pajak tangguhan akan terjadi tatkala perusahaan baru berdiri yang menerapkan prinsip akuntansi berbeda dengan ketentuan umum perpajakan di indonesia.

PSAK 46 berkaitan dengan perlakuan akuntansi untuk pajak penghasilan akan mempertanggungjawabkan konsekuensi aset perusahaan atas pemulihan kejadian-kejadian dalam laporan keuangan. Aktiva dan kewajiban pajak tangguhan harus diungkapkan catatan atas laporan posisi keuangan sesuai aturan perusahaan.

Contoh Soal Aset dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Penyebab Terjadinya Aset dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Penyebab terjadinya aset dan kewajiban pajak tangguhan diperkenankan untuk mempublikasikan seluruh informasi keuangan perusahaan. Pajak tangguhan artinya perusahaan telah menerapkan metode penyusutan, sistem penilaian persediaan akhir dan nilai residu untuk setiap aktivitas produksi yang berlangsung.

Apa yang menyebabkan perbedaan antara laba kena pajak dan laba sebelum pajak bersifat permanen ditentukan berdasarkan tingkat perkembangan produk di perusahaan. Ruang lingkup PSAK 46 tidak berlaku pada aktivitas hibah pemerintah dan hanya berlaku untuk perbedaan temporer dan permanen aktiva.

Penyebab terjadinya aset dan liabilitas pajak tangguhan adalah perusahaan memiliki standar pelaporan informasi keuangan yang berbeda dengan aturan perpajakan. Laba kena pajak adalah keuntungan yang harus dipotongkan pajak penghasilan final berdasarkan jumlah omzet perusahaan selama satu periode fiskal.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan Jawabannya

Contoh Soal Aset Pajak Tangguhan dan Jawabannya

Contoh soal aset pajak tangguhan dan jawabannya akan terjadi ketika entitas membeli aktiva tetap tetapi menggunakan standar yang berbeda ketika menentukan umur manfaat. Umur manfaat adalah perkiraan aset mampu menghasilkan produk sesuai target yang ditentukan oleh pemegang sahamnya.

Contoh soal kewajiban pajak tangguhan perlu mempertimbangkan alokasi informasi keuangan sesuai aturan yang berlaku. Aset dan liabilitas pajak tangguhan harus diperlakukan sebagai perbedaan temporer dan akan selesai selama masa pakai aset kecuali diadakannya proses revaluasi aktiva tetap.

Contoh soal aset dan liabilitas pajak tangguhan akuntansi keuangan menengah terjadi ketika CV Staff Accounting membeli gadget senilai Rp 4.800.000. Taksiran umur manfaat berdasarkan akuntansi adalah 3 tahun dan dikategorikan sebagai aset kategori pertama di perpajakan. Hitunglah beban pajak tangguhannya?

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Metode Suku Bunga Efektif

Contoh Perhitungan Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Contoh perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan akan terjadi tatkala perusahaan mengevaluasi kebijakan akuntansi yang diterapkannya. Manfaat dari pajak tangguhan adalah mengembalikan pajak penghasilan yang seharusnya belum disetor dan dibayarkan periode berjalan agar ditunda pelaksanaan kewajibannya.

Cara menghitung aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan hanyalah dengan memprioritaskan pada pembayaran tagihannya. Beban pajak tangguhan dapat dipergunakan untuk mendeteksi adanya praktik manajemen laba di periode berjalan. Manajemen laba adalah proses menentukan tingkat laba sesuai biaya yang diinginkan manajerial.

Cara menghitung aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan adalah membandingkan antaranya ketentuan umum perpajakan yang mengatur standar penyusutan aset tetap. Adapun perbandingan penerapan metode penyusutan menggunakan metode garis lurus sebagai berikut:

Nilai Nominal Rp 4.800.000
Lama penyusutan akuntansi3
lama penyusutan fiskal4
Keterangantahun 1tahun 2tahun 3tahun 4
Penyusutan berdasarkan akuntansi Rp 1.600.000 Rp 1.600.000 Rp 1.600.000
Penyusutan berdasarkan fiskal Rp 1.200.000 Rp 1.200.000 Rp 1.200.000 Rp 1.200.000
Pajak tangguhan Rp 400.000 Rp 400.000 Rp 400.000 -Rp 1.200.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Demikian contoh soal dan liabilitas pajak tangguhan dalam materi perpajakan dan akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan yang telah berstatus sebagai pengusaha kena pajak wajib melaporkan seluruh kekayaannya agar dapat berkontribusi kepada negara atas pembayaran tagihan yang telah jatuh temponya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Aset dan Liabilitas Pajak Tangguhan"