Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya menjadi dasar bagi perusahaan untuk mengalokasikan informasi keuangan dalam rangka menjalankan aktivitas bisnis. Tujuan penerbitan obligasi adalah mendapatkan keuntungan dari pinjaman jangka panjang agar kegiatan produksi tetap berjalan.

Contoh soal obligasi tersedia untuk dijual, obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan obligasi dimiliki untuk diperdagangkan menjadi salah satu bentuk instrumen keuangan. Penyebab perusahaan melakukan investasi dalam sekuritas adalah memaksimalkan kas dan setara kas agar memperoleh pendapatan lain-lain.

Cara menghitung bunga obligasi tahunan dan bulanan hendaknya disesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Mengapa perusahaan melaksanakan investasi sebab memaksimalkan perolehan kas dan setara kas agar tidak mengalami kesulitan keuangan ketika terjadi tagihan yang telah jatuh tempo sesuai masanya.

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Perbedaan Aktivitas Operasi, Investasi dan Pendanaan

Perbedaan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan menjadi salah satu bentuk aliran kas masa depan. Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dimaksudkan agar entitas dapat menyesuaikan tingkat penggunaan aliran kas dimasa depan untuk mencapai tujuan perusahaan didirikan oleh para pemegang sahamnya.

Laporan arus kas operasi, investasi dan pendanaan cenderung menguntungkan bagi manajemen. Pertanyaan tentang investasi dalam sekuritas hutang dan piutang harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan. Perhitungan bunga obligasi dan tingkat bunga pasar akan mempengaruhi proses amortiasasi beban bunga.

Perbedaan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan terletak pada tujuan utama penggunaan arus kas. Arus kas investasi berkaitan pembelian aktiva tetap, arus kas pendaan berkaitan setoran modal para sekutu dan arus kas operasi berkaitan dengan penggunaan kas untuk membantu kegiatan bisnis yang telah berjalan.

Baca Juga: Contoh Kasus Kegagalan Pelunasan Piutang Dagang

Contoh Soal Obligasi Dimiliki untuk Diperdagangkan dan Jawabannya

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya seharusnya dilaksanakan sesuai tujuan pembentukan perseroan terbatas. Mengapa perusahaan melaksanakan investasi dalam sekuritas karena ingin memperoleh hak kontrol entitas lain dan memanfaatkan arus kas operasional dalam satu periode.

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dapat diterbitkan diantara dua tanggal bunga. Efek perdagangan dan efek tersedia untuk dijual seharusnya menjadi dasar bagi wajib pajak menyelenggarakan kegiatan bisnisnya. Keuntungan dan kerugian belum direaliasi mengakibatkan adanya pajak penghasilan terutang.

Contoh soal obligasi tersedia untuk dijual, obligasi dimiliki untuk diperdagangkan terjadi ketika CV Staff Accounting membeli 10 lembar obligasi dengan nilai Rp 900.000, bunga 12% dibayarkan setiap tanggal 1 februari dan 1 agustus. Obligasi dibeli dengan kurs 97 dan bunga telah berjalan 2 bulan. Buatlah jurnal pembelian obligasi dan pencatatan pendapatan bunga terutang.

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham dan Jawabannya

Cara Menghitung Bunga Obligasi Tahunan

Cara menghitung bunga obligasi tahunan berakibat pada peningkatan biaya bunga setiap periodenya. Tingkat bunga pasar adalah bunga yang diinginkan oleh pemberi pinjaman dan mau dibayarkan oleh peminjam setiap satu periode. Adapun cara menghitung harga jual obligasi dengan nilai kurs adalah

Harga Kurs Obligasi Rp 8.730.000
Bunga Berjalan Rp 1.080.000
Jumlah yang harus dibayar Rp 9.810.000

Jurnal mencatat pembelian obligasi dengan premium dan diskonto dapat dilaksanakan sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
1 oktober 2021Investasi Obligasi Rp 8.730.000
Piutang bunga obligasi Rp 1.080.000
Kas Rp 9.810.000

Contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya tentu memiliki pencatatan piutang bunga dan pendapatan bunga periode berjalan. Basis akrual akan mencatatan seluruh piutang dan hutang walaupun penerimaan dan pengeluaran kas belum terjadi. Adapun jurnal pencatatan piutang bunga sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 December 2021Piutang bunga obligasi Rp 360.000
Kas Rp 360.000

Pada bulan januari tahun berikutnya, CV Staff Accounting bertugas mampu memperjualbelikan surat berharga dengan nilai Rp 11.240.000. Bagaimana jurnal pencatatan penjualan obligasi tersebut:

Baca Juga: Apa itu Convertible Bond dan Contoh Soalnya

Demikian contoh soal obligasi dimiliki untuk diperdagangkan dan jawabannya dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses. Entitas diwajibkan untuk melaporkan seluruh kekayaannya selama satu periode untuk mengalokasikan kegiatan bisnisnya sejalan dengan aktivitas yang berlangsung diperusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Obligasi Dimiliki Untuk Diperdagangkan dan Jawabannya"