Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham dan jawabannya merupakan salah satu hak opsi yang diberikan oleh perusahaan penerbit kepada pemberi pinjaman. Obligasi konversi adalah obligasi yang memberikan hak opsi bagi pembeli agar dapat menjadi bagian sebagai pemilik perusahaan melalui pertukaran dengan saham.

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Perusahaan diwajibkan melaporkan setiap perubahan modal agar dapat membantu memberikan estimasi aliran kas dan setara kas untuk mencegah terjadinya manipulasi data keuangan terutama pembayaran.

Jurnal penerbitan obligasi konversi dan saham merupakan metode pencatatan atas aktivitas perusahaan selama berlangsungnya kegiatan bisnis. Sekuritas konvertible adalah surat berharga dengan tujuan diperdagangkan, dimiliki hingga jatuh tempo bahkan diperjualbelikan oleh pemiliknya yang sah.

Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Convertible Bond?

Pengertian conversible bond merupakan surat hutang yang memberikan hak opsi pada akhir periode untuk dipertukarkan dengan saham biasa perusahaan. Obligasi adalah bukti telah terjadinya pemberian pinjaman dari pihak ketiga. Saham adalah bukti penyertaan modal di perusahaan untuk membantu kegiatan produksinya.

Apa yang dimaksud convertible bond berikan alasan kenapa perusahaan menerbitkan convertible bond adalah entitas ingin mempertahankan aliran dana perusahaan. Penerbitan obligasi berdampak pada meningkatnya liabilitas jangka panjang sehingga harus mengeluarkan kas dan setara kas untuk melunasinya.

Penyebab perusahaan menerbitkan obligasi konversi adalah entitas ingin mempertahankan sumber daya kas yang sudah disetorkan. Utang yang dapat dikonversikan mengakibatkan adanya perubahan pada akta pendirian. Persekutuan atu firma dinyatakan bubar ketika terjadi perubahan pada akta yang sudah berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Barang Secara Tunai dan Kredit

Contoh Soal Obligasi Konversi dan Jawabannya

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya menjadi metode untuk melunasi hutang obligasi jatuh tempo. Perubahan obligasi menjadi saham berakibat pada meningkatnya jumlah saham yang beredar dan berakibat pemegang saham lama akan berkurang hak kontrol atas pengambilan keputusan ekonomi dan keuangan.

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham berakibat pada perubahan pengakuan hutang menjadi modal. Modal atau ekuitas adalah setoran kas dan aktiva non kas kepada perusahaan dari pemegang sahamnya. Obligasi sinking fund harus dibuat sebagai upaya mempertahankan kemampuan pembayaran nasabah.

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham dan jawabannya bertujuan agar entitas dapat melaksanakan aktivitas bisnisnya. CV Staff Acconting telah menerbitkan surat hutang senilai Rp 454.000.000, amortisasi obligasi yang tersisa sebesar Rp 111.000.000 dan dapat dipertukarkan dengan saham senilai Rp 230.000.000. Buatlah jurnal konversi hutang obligasi menjadi saham?

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto Obligasi

Contoh Soal Jurnal Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Contoh soal jurnal perubahan obligasi menjadi saham harus dilaksanakan setiap periodenya ketika pemberi pinjaman mau mengubah hutang menjadi saham. Penerbitan saham akan dilakukan melalui trustee sebagai sarana mendistribusikan alur informasi penjualan obligasi kepada masyarakat.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi mengakibatkan entitas mengalami peningkatkan jumlah saham yang beredar. Passiva adalah bagian dari laporan keuangan yang memuat informasi perihal kekayaan yang disetorkan dari pemodal dan pemberi pinjaman jangka panjang sesuai pembentukan dananya.

Alasan menerbitkan sekuritas convertible adalah entitas tidak mau langsung mendapatkan pemegang saham baru ketika adanya tambahan dana tanpa melalui kinerja keuangan. Jurnal pencatatan utang yang dapat dikonversi mengakibatkan perubahan pada komposisi hutang dan modal perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Utang Obligasi Rp 454.000.000
Diskonto Obligasi Rp 111.000.000
Saham Biasa Rp 230.000.000
Agio Saham Rp 113.000.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Demikian contoh soal perubahan obligasi menjadi saham dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengauditan berbasis komputer. Keuntungan memberikan obligasi konversi adalah perusahaan dapat memperdagangkan obligasi dengan cepat karena adanya hak opsi perubahan menjadi modal saham.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham dan Jawabannya"