Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Karyawan

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja karyawan diperuntukkan bagi lawan transaksi yang mengadakan kerjasama bisnis untuk tujuan pelaporan informasi keuangannya. Pengertian tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang digunakan perusahaan dan dapat diidentifikasikan secara teliti di produk jadinya.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja karyawan jangka pendek dan jangka panjang dapat diselenggarakan agar entitas mendapatkan kepastian nilai tagihan yang diinginkannya. Biaya produksi terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik untuk mengalokasikan produk jadi yang diinginkannya.

Bagaimana pengakuan dan pengungkapan imbalan kerja menurut psak 24 dapat dilaksanakan setelah pekerja melaksanakan jasa atas pembuatan produk jadi. Pengukuran nilai liabilitas dan expance dari hasil investasi diharapkan dapat melaksanakan kebijakan keuangan perusahaan untuk meminimalisir kemungkinan jatuh temponya.

Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Karyawan

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Imbalan Kerja

Pengertian imbalan kerja menurut para ahli adalah imbal balik atas pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh karyawan dan buruh sesuai nilai kontrak kerjasama yang dilaksanakan. Imbal kerja diharapkan dapat membantu pekerja mengoptimalkan kelangsungan hidupnya agar dapat meningkatkan taraf kesejahteraannya.

Tujuan imbalan kerja psak 24 adalah mengatur bagaimana perusahaan harus bertanggungjawab terhadap kebebasan bisnisnya. Tiga pendekatan melaporkan perubahan kebijakan akuntansi baik periode berjalan atau periode mendatang harus mampu mengalokasikan informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis tertentu.

Ruang lingkup imbalan kerja diperlukan agar entitas mengetahui apa saja yang termasuk imbalan kerja jangka panjang dan imbalan kerja jangka pendek. Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja karyawan perlu dipertimbangkan karena entitas tetap memerlukan sumber daya manusia untuk melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Contoh Kasus Capital Lease dan Operating Lease

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja Jangka Pendek

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka pendek terdiri dari upah, gaji, iuran jaminan sosial, cuti tahunan berbayar, bagi bonus laba serta cuti sakit berbayar. Pengertian imbalan kerja menurut para ahli adalah bayaran yang diserahkan oleh lawan transaksi ketika mengadakan kerjasama bisnis selama operasional berlangsung.

Contoh soal perhitungan psak 24 imbalan kerja karyawan bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai tagihan yang jatuh tempo. Adanya kemungkinan perusahaan mengevaluasi kinerja keuangan berakibat pada tertundanya pembayaran gaji dan upah karyawan bulan sebelumnya.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja jangka pendek menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Biaya jasa lalu dan biaya jasa kini perlu dipertimbangkan mengingat perusahaan harus dapat menyetorkan kekayaannya untuk melaksanakan investasi sesuai tujuan yang telah diselenggarakannya.

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Contoh Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Excel dan Rumusnya

Contoh perhitungan PSAK 24 imbalan kerja excel dan rumusnya akan memberitahukan biaya yang ditanggung perusahaan akibat cuti tahunan berbayar, cuti sakit berbayar, upah, gaji bahkan iuran jaminan sosial. Program manfaat pasti dan iuran pasti akan membantu tenaga kerja di akhir masa pensiunnya.

Contoh soal perhitungan psal 24 imbalan kerja excel dan rumusnya berkaitan dengan arus kas investasi masa mendatang. Laporan arus kas adalah informasi penggunaan kas berdasarkan investasi, operasional dan pendanaan sesuai kebijakan bisnis selama kegiatan perusahaan tetap dilaksanakan.

Contoh soal perhitungan imbalan kerja jangka pendek terjadi ketika CV Staff Accounting membayarkan Rp 733.000 untuk 5 hari kerja 8 orang karyawannya. Apabila terdapat kebijakan cuti tahunan berbayar dimana 1 orang cuti selama 1 hari dan sisanya cuti selama 2 hari. Berapakah biaya cuti berbayar tahunan bagi perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/05/2022Beban cuti berimbalan Rp 2.199.000
Kas Rp 2.199.000

Baca Juga: Contoh Soal Kewajiban Jangka Pendek dan Jawabannya

Demikian contoh soal perhitungan pasal 24 imbalan kerja karyawan sesuai aturan kebijakan akuntansi yang diselenggarakan entitas. Agar perusahaan mampu menyiapkan informasi bisnisnya, maka diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan gaji dan upah sesuai kontrak kerjasama dengan para karyawannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Karyawan"