Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo dan jawabannya akan memberikan peluang bagi penerbit surat hutang mendapatkan laba. Callable bonds merupakan obligasi yang dapat dilunasi oleh perusahaan sebelum jangka waktu pelunasan berakhir yang dikarenakan menurunnya tingkat suku bunga pasar.

Jika pelunasan sebelum tanggal jatuh tempo obligasi, maka perusahaan akan mencatatan nilai buku dan amortisasinya. Apabila obligasi dijual diatas nilai nominalnya maka perusahaan harus memperlakukan agio obligasi sebagai tambahan kekayaan perusahaan dan menambah penghasilan lain-lain bagi entitas tersebut.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi bertujuan agar akuntan dapat menentukan nilai liabilitas jangka panjang dan bunga terutang. Tabel amortisasi diskonto obligasi diselenggarakan untuk menunjukkan nilai pelunasan tagihan yang jatuh tempo.

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo dan Jawabannya

Faktor dan Risiko Investasi Obligasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai nominal obligasi dan mengakibatkan timbulnya premi dan diskonto harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Jika pelunasan sebelum tanggal jatuh tempo obligasi, maka perusahaan akan membayarkan denda administrasi atas bunga yang tidak dibayarkannya,

Resiko apa yang dihadapi ketika memiliki obligasi adalah ketidakmampuan penerbit membayarkan bunga dan liabilitas pada waktu yang ditentukan. Hak pembeli obligasi adalah memperoleh tambahan kekayaan berupa bunga tahunan dan memperoleh kembali pinjaman dana kas yang telah diberikan kepada pemegang saham.

Faktor dan risiko investasi obligasi mengakibatkan adanya contoh soal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo. Callable bonds adalah surat berharga berupa obligasi yang memiliki ketentuan dapat dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo oleh perusahaan penerbit sesuai tingkat bunga pasar yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Obligasi Diantara Dua Tanggal Bunga

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo mengakibatkan adanya premium obligasi dan diskonto obligasi yang tidak boleh diakui. Alasan perusahaan melunasi obligasi sebelum jatuh tempo adalah penurunan tarif bunga di pasar yang diperkirakan menguntungkan ketika entitas menerbitkan obligasi baru.

Contoh soal obligasi premium dan obligasi diskonto dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi harus melibatkan perjanjian penarikan obligasi. Jika obligasi dijual dengan harga diatas nilai nominal, bagaimana cara pelaporan agio saham dapat diungkapkan melalui catatan atas laporan posisi keuangan.

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo terjadi pada CV Staff Accounting dimana pada bulan sebelumnya menerbitkan obligasi dengan nilai Rp 34.000.000. Setelah beberapa bulan, CV Staff Accounting mau melunasi tagihan dimana premi yang belum diamortisasi sebesar Rp 4.000.00 dan kurs obligasi yang berlaku adalah 99%. Buatlah jurnal penarikan kembali obligasi yang beredar?

Baca Juga: Contoh Soal Convetible Bonds dan Callable Bonds

Jurnal Pelunasan Obligasi Saat Jatuh Tempo

Jurnal pelunasan obligasi saat jatuh tempo harus dapat melunasi seluruh pokok hutang dan bunga pinjamannya. Obligasi sinking fund adalah kewajiban bagi perusahaan penerbit untuk menyisihkan sejumlah dana dengan tujuan mempersiapkan pelunasan obligasi ketika mau jatuh tempo atau maturity.

Jurnal pelunasan obligasi saat jatuh tempo melibatkan tabel amortisasi. Jika pelunasan obligasi dilakukan pada tanggal jatuh tempo maka pencatatannya melibatkan kas, biaya bunga dan utang obligasi. Amorisasi agio dan disagio obligasi dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda sesuai kebijakan akuntansi perusahaan.

Jurnal penarikan kembali obligasi atau pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo berakibat terjadinya selisih antara nilai sekarang dari keuangan perusahaan dengan kekayaan yang tercantum. Tabel amortisasi diskonto obligasi akan memperlihatkan sisa pokok hutang dan bunga yang harus dibayarkan.

Adapun jurnal pelunasan obligasi sebelum jatuh tempo berdasarkan contoh soal obligasi premium dan diskonto adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Utang Obligasi Rp 34.000.000
Premi Obligasi Rp 4.000.000
Laba penghentian Obligasi Rp 4.340.000
Kas Rp 33.660.000

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Obligasi Tahunan dan Bulanan

Demikian contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo dalam materi pengantar akuntansi dan akuntansi keuangan menengah. Apabila perusahaan membentuk obligasi sinking fund, maka adanya kewajiban untuk menyediakan dana yang cukup untuk melunasi tagihan sebelum jatuh tempo.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Jatuh Tempo dan Jawabannya"