Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Utang Yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah tentang bab obligasi jangka pendek. Sekuritas dilutif adalah aset keuangan yang diterbitkan perusahaan dan dapat diubah menjadi bentuk lain sebagai penambah sumber daya keuangan selama kegiatan beroperasi.

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif dikarena pemegang saham tidak menginginkan melepaskan sebagian besar hak kontrolnya ketika memiliki saham diperusahaan. Sekuritas dilutif dan laba per lembar saham menjadi bentuk pembagian imbal balik atas modal yang diterbitkan oleh perusahaan selama beroperasi.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi mengakibatkan jumlah saham yang beredar semakin bertambah. Entitas dapat mengakui adanya instrumen keuangan yang terpisah guna mencegah terjadinya liabilitas keuangan dan memberikan opsi bagi pemegang saham untuk menukarkan menjadi hak milik perusahaan.

Contoh Soal Utang Yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Mengapa Perusahaan Menerbitkan Sekuritas Dilutif

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif karena ingin menambah kekayaan perusahaan tanpa membayarkan hutang yang jatuh tempo. Obligasi atau instrumen yang dapat dikonversikan menjadi saham biasa dengan jumlah yang telah ditetapkan terdiri dari liabilitas keuangan dan liabilitas ekuitas jangka pendek.

Kenapa perusahaan harus menerbitkan sekuritas dilutif karena ingin meningkatkan jumlah saham tetapi memiliki hak pemegang saham terbatas. Saham biasa adalah bentuk penyertaan modal bagi perusahaan yang disetorkan oleh nasabah sesuai nilai nominal dan jumlah lot yang dimilikinya diakhir periode akuntansi.

Mengapa perusahaan menerbitkan sekuritas dilutif sebab adanya keinginan mempertahankan hak kontrol pemegang saham tertentu agar tidak beralih pemilikan secara mendadak. Penurunan laba per lembar saham berakibat pada penurunan adanya ketidakmampuan entitas menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Contoh Instrumen Utang Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Jelaskan Perlakuan Akuntansi untuk Obligasi Konversi

Jelaskan perlakuan akuntansi untuk obligasi konversi mengakibatkan adanya perubahan informasi keuangan selama periode berjalan. Liabilitas keuangan dan instrumen ekuitas akan menentukan nilai wajar utang yang dapat dikonversi menjadi liabilitas dan ekuitas sesuai nilai buku yang tercatat di pembukuan.

Jelaskan dampak pengeluaran obligasi terhadap laba per lembar saham adalah semakin meningkatnya kemampuan pembayaran bunga obligasi maka entitas tidak perlu mengubah hutang menjadi ekuitas. Perubahan hutang menjadi ekuitas mengakibatkan adanya pembaruan pada akta pendirian persekutuan terbatas.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya harus mengikuti standar akuntansi keuangan yang berlaku. Alasan utama perusahaan menerbitkan obligasi konversi adalah menurunnya tingkat suku bunga pasar yang berakibat pada ketidakmampuan perusahaan mengembalikan investasinya.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham dan Jawabannya

Contoh Soal Utang yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Setiap pertambahan nilai harus dipungut ppn bagi pengusaha kena pajak. Aturan perpajakan harus diterapkan terutama ketika ingin membagikan dividen saham, dividen kas dan dividen property.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi telah diatur pada PSAK nomor 50. Entitas harus mengungkapkan obligasi konversi secara terpisah atas tindakan menimbulkan liabilitas keuangan dan memberikan opsi bagi pemegang saham untuk mengubah pemilikan sumber daya di perusahaan.

Contoh soal dan jawaban utang yang dapat dikonversi terjadi ketika CV Staff Accounting menerbitkan 10 lembar obligasi dengan nilai nominal Rp 200.000 dan memiliki periode 6 tahun dan bunga 8 persen. Obligasi dapat dikonversi menjadi saham sebanyak 80lembar dengan nilai Rp 200. Bagaimana jurnal obligasi yang tidak dikonversi sampai jatuh temponya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Utang Obligasi Rp 2.000.000
Kas Rp 2.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Untuk Kompensasi Saham Biasa

Demikian contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya untuk mengurangi beban bunga dan risiko kegagalan pelunasan tagihan. Saham waran adalah pemberian hak kepada pemegang saham lama untuk mempertahankan hak kontrolnya ketika mau melaksanakan stock split atau reverse split.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Utang Yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya"