Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jurnal Pemakaian Bahan

Konten [Tampil]

Contoh soal biaya bahan baku dan jurnal pemakaian bahan bertujuan agar perusahaan manufaktur dapat memperhitungkan pengeluaran kas untuk menciptakan produk jadi. Perusahaan manufaktur adalah entitas yang memproduksi barang sesuai spesifikasi pelanggan dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku sistem perpetual dan sistem periodik dapat dilaksanakan untuk memudahkan proses pemungutan pajak penghasilan badan. Sistem perpetual artinya perusahaan memperhitungkan harga pokok produksi setiap kali penjualan barang ke konsumen terjadi.

Pertanyaan tentang akuntansi biaya bahan baku menjadi biaya utama dan biaya variabel untuk kegiatan produksi. Biaya variabel adalah pengeluaran kas yang berubah bergantung kepada banyak sedikitnya jumlah produk yang dikerjakan sesuai permintaan dari top manajemen dan plan produksi bulanannya.

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jurnal Pemakaian Bahan

Sistem Pengendalian Internal Pembelian Bahan Baku

Sistem pengendalian internal pembelian bahan baku bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang perolehan bahan sesuai standard dan harga yang bersaing untuk memenuhi kebutuhan produksi. Departemen yang terlibat proses pembelian adalah departemen pembelian, penerimaan bahan dan akuntansi.

Sistem pengendalian internal pembelian bahan baku memungkinkan entitas mendapatkan kepastian tentang pengeluaran kas jangka pendek. Biaya perolehan bahan baku terdiri dari setiap pengeluaran kas untuk menciptakan barang sesuai keinginan dari pelanggan agar bahan sampai di gudang milik produsen.

Contoh soal biaya bahan baku dan jurnal pemakaian bahan layak dipertimbangkan dalam pengelolaan sistem pengendalian internal pembelian bahan baku. Pembelian bahan baku bertujuan agar pihak perusahaan dapat melanjutkan produksi tanpa harus menunda proses pengiriman barang dari suppliernya.

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Contoh soal biaya bahan baku dan jawabannya harus diselenggarakan secara wajar mengikuti aturan perpajakan yang berlaku. Sistem perpetual dan sistem periodik dapat menjadi pedoman bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja dari pemasok bahan dan kegiatan perencanaan produksi bulanannya.

Contoh soal akuntansi biaya bahan baku menjadi prioritas dalam prosedur permintaan dan pemesanan barang di gudang. Perlakuan biaya pengiriman bahan baku ke gudang akan menambah harga pokok produksinya sesuai jenis persediaan barang dagang yang dimiliki untuk proses pencatatan utang dagangnya.

Contoh soal biaya bahan baku terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki mutasi aliran keluar masuknya barang oleh kepala gudang. Inventory stock merupakan jumlah barang yang dimiliki perusahaan ketika menciptakan produk jadi dan memperdagangkannya di pasar. Adapun kartu stock CV Staff Accounting adalah

TanggalKeteranganKuantitasBiaya per Unit
01/07/2022Stock Awal410 Rp 111
15/07/2022Beli125 Rp 112
17/07/2022Jual500
21/07/2022Beli488 Rp 114
27/07/2022Beli222 Rp 115
31/07/2022Jual685

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Contoh Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Contoh jurnal pemakaian bahan baku dan jawabannya dapat menggunakan sistem perpetual dan sistem periodik. Kelebihan sistem perpetual adalah entitas akan mendapatkan informasi dengan detail berkaitan dengan aliran masuk dan keluarnya barang digudang menyesuaikan informasi metode fifo, lifo dan rata-rata tertimbang.

Contoh soal dan jawaban jurnal pemakaian bahan baku terdiri dari prosedur permintaan bahan, prosedur pengeluaran bahan dan prosedur pemakaian bahan. Biaya pemakaian bahan dapat menggunakan metode fifo, lifo, average bahkan fefo untuk prosedur pengeluaran barang di gudangnya.

Contoh jurnal pemakaian bahan baku dan jawabannya dapat menghitung seluruh pengeluaran perusahaan ketika menciptakan produk barunya. Apa saja biaya yang diperhitungkan dalam harga pokok bahan baku yang dibeli adalah harga jual, biaya pengiriman dan biaya asuransi.

Adapun cara menghitung nilai persediaan akhir metode masuk pertama keluar pertama adalah

Qty Harga Subtotal
Persediaan Awal410 Rp 111 Rp 45.510
Pembelian
15/07/2022125 Rp 112 Rp 14.000
21/07/2022488 Rp 114 Rp 55.632
27/07/2022222 Rp 115 Rp 25.530
Barang tersedia untuk dijual Rp 140.672
Persediaan Akhir60 Rp 115 Rp 6.900
Biaya Bahan Rp 133.772

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Jawabannya

Demikian contoh soal biaya bahan baku dan jurnal pemakaian dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Setiap pemakaian bahan harus dicatat agar entitas dapat mempublikasikan informasi keuangannya setiap periodenya sesuai aturan perpajakan yang berlaku.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jurnal Pemakaian Bahan"