Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Penerimaan Barang di Accurate Online dan Accurate 5

Konten [Tampil]

Cara input penerimaan barang di accurate online dan accurate 5 merupakan prosedur sistem pengendalian internal atas purchase order yang dikeluarkan perusahaan. Penerimaan barang atau received item harus dapat dialokasikan secara wajar sesuai kebijakan akuntansi sebab adanya hubungan dengan faktur pembelian.

Cara menggunakan modul pembelian terdiri dari menu permintaan pembelian, pesanan pembelian, penerimaan barang dan faktur pembelian. Setiap aktivitas pembelian harus dapat mengoptimalkan seluruh kekayaan perusahaan agar meminimalisir harga pokok produksi barang jadi sesuai keinginan dari entitas.

Langkah-langkah memasukkan transaksi pembelian secara tunai dan kredit bertujuan agar perusahaan dapat meminimalkan harga pokok produk jadinya. HPP atau cost of good sales adalah harga dasar bagi barang yang diperdagangkan perusahaan kepada pembeli sesuai kuantitas dan spesifikasi produksi yang diminta.

Cara Input Penerimaan Barang di Accurate Online dan Accurate 5

Fungsi Modul Pembelian di Accurate

Fungsi modul pembelian di accurate adalah melakukan kegiatan administrasi pencatatan pembelian barang dan jasa sesuai keperluan dari perusahaan. Setiap aktivitas pembelian akan mengakibatkan aliran kas masuk dan aliran kas keluar sesuai kebutuhan dari entitas untuk mengupayakan administrasi keuangannya.

Modul pembelian di accurate terdiri dari menu permintaan pembelian, pesanan pembelian, pengiriman barang dan faktur pembelian. Cara input penerimaan barang di accurate online menjadi aktivitas menentukan total tagihan yang seharusnya dibayarkan perusahaan sesuai jumlah barang yang diterimanya.

Fungsi modul pembelian di accurate dapat menjadi pertimbangan kekayaan perusahaan ketika mengakuisisi informasi keuangannya. Setiap aktivitas penjualan dan pembelian akan mengakibatkan transaksi keuangan dalam hal laba atau rugi yang mungkin didapatkan selama satu periode berlalu.

Baca juga: Cara Input Retur Pembelian di Accurate Online

Cara Input Pembelian Barang dan Jasa Secara Tunai dan Kredit di Accurate

Cara input pembelian barang dan jasa secara tunai dan kredit di accurate berdampak pada pemotongan pph pasal 23 dan pajak pertambahan nilai. Pemotongan pph pasal 23 dan pph pasal 21 akan terjadi saat lawan transaksi mengadakan kegiatan administrasi perpajakan yang berlaku selama operasionalnya berjalan.

Bagaimana langkah-langkah memasukkan transaksi pembelian barang dan jasa secara tunai dan kredit di accurate 5 dan accurate online mengakibatkan seluruh kegiatan administrasi perkantoran diperiksa. Aktivitas pembelian berakibat pada meningkatnya harga pokok produksi atas barang yang diperdagangkan.

Cara input pembelian barang dan jasa secara tunai dan kredit di accurate harus dilaksanakan setelah adanya penerimaan barang. Menu received item bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat dioptimalkan untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis sesuai jumlah barang dan tagihan yang dikeluarkan.

Baca Juga: Cara Menampilkan Tanggal dan Waktu Pembuatan Transaksi di Accurate

Cara Input Penerimaan Barang di Accurate Online dan Accurate 5

  1. Masuk modul Pembelian
  2. Pilih menu penerimaan barang atau received item
  3. Mintalah surat jalan dari pihak gudang yang berisikan informasi penerimaan barang
  4. Bandingkan antara nomor purchase order dengan nomor surat jalan
  5. Pastikan barang yang dikirimkan sesuai spesifikasi yang diminta
  6. Masukkan nama vendor, nomor surat jalan dan gudang penerimaan barang
  7. Klik simpan

Langkah-Langkah Mengentri Bukti Penerimaan Pesanan dari Surat Jalan di Accurate

Langkah-langkah mengentri bukti penerimaan pesanan dari surat jalan di accurate bertujuan agar barang yang dikirimkan vendor atau pemasok sesuai permintaan perusahaan. Pembeli dapat menolak barang yang tidak sesuai spesifikasinya agar dapat menjalankan aktivitas bisnis sesuai tujuannya.

Cara input penerimaan barang di accurate online dan accurate 5 berfungsi untuk mencegah pemakaian dana perusahaan untuk membayarkan barang dan jasa tidak sesuai peruntukkannya. Uang muka pembelian dapat dijadikan dasar untuk mengirimkan barang agar menyesuaikan jasa ekspedisi yang diminta.

Langkah-langkah mengentri bukti penerimaan barang dari pihak gudang di accurate bertujuan untuk menghitung harga pokok produksi. Metode penilaian persediaan akhir accurate menggunakan metode fifo dan metode rata-rata tertimbang. Pembuatan database accurate awal bertujuan meningkatkan kekayaan perusahaan.

Baca Juga: Cara Memasukkan Purchase Invoice dari Supplier di Accurate

Demikian cara input penerimaan barang di accurate online dan accurate 5 dalam sistem informasi akuntansi. Siklus akuntansi atas transaksi pembelian diawali dengan formulir permintaan bahan baku dan barang dari departemen di perusahaan dan disetujui oleh pejabat berwenang untuk mengadakan pembelian.

Posting Komentar untuk "Cara Input Penerimaan Barang di Accurate Online dan Accurate 5"