Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Retur Pembelian dan Penjualan di Accurate 5 dan Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara input retur pembelian dan penjualan di accurate 5 dan accurate online merupakan tindakan perusahaan mengurangi hutang piutang atas penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak. Retur adalah aktivitas mengembalikan barang yang dibeli kepada penjual sebab tidak sesuai ekspektasinya.

Cara menggunakan modul pembelian di accurate terdiri dari permintaan barang, pesanan pembelian, pengiriman barang dan faktur pembelian. Modul penjualan di accurate terdiri dari pesanan penjualan, pengiriman pesanan dan sales invoice baik transaksi tunai atau transaksi kredit menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Cara input retur penjualan dan retur pembelian di accurate 5 memudahkan perusahaan memasukkan nota retur dari aplikasi e-faktur. Menu dalam accurate jika ingin langsung ke persiapan singkat adalah preferensi. Ekstensi file komputer akuntansi accurate adalah gdb dimana satu database hanya berlaku untuk satu perusahaan.

Cara Input Retur Pembelian dan Penjualan di Accurate 5 dan Accurate Online

Apa itu Retur Pembelian dan Retur Penjualan?

Pengertian retur pembelian menurut para ahli adalah aktivitas pembeli mengembalikan barang yang telah dibelinya dimasa lampau karena adanya kerusakan dan ketidaksesuaian barang pesanan. Retur pembelian mengakibatkan total hutang yang harus dibayarkan perusahaan berkurang dan dapat dilunasi sebelum masa jatuh tempo.

Pengertian retur penjualan menurut para ahli adalah komplain yang dilaksanakan pembeli atas barang yang telah diserahkan baik komplain kuantitas barang maupun kualitas barang. Retur penjualan mengakibatkan omzet penjualan menurun dan menurunkan pajak penghasilan badan yang harus disetorkannya.

Apa itu retur pembelian dan retur penjualan adalah transaksi keuangan yang berkaitan dengan ketidakpuasan pelanggan atas barang yang dikirimkan. Retur merupakan akun kontra dari akun pembelian maupun akun penjualan. Retur berakibat menaikkan harga pokok produksi barang dan jasa kena pajak dimasa mendatang.

Baca Juga: Cara Memasukkan Transaksi Pembelian Secara Kredit dan Tunai di Accurate

Cara Input Retur Pembelian di Accurate 5

Cara input retur pembelian di accurate 5 hanya dapat dilaksanakan setelah perusahaan menerima faktur pajak masukan. Faktur pajak adalah bukti dilaksanakan pemungutan pajak pertambahan nilai yang dapat dikreditkan selama 3 bulan sesuai masa terbitnya tanggal invoice dan surat jalan yang berlaku.

Cara memasukkan transaksi retur pembelian di accurate berdampak pada meningkatnya harga pokok produksi. Setiap barang produksi memerlukan biaya produksi berupa bahan baku, overhead pabrik dan tenaga kerja. Laba akan didapatkan ketika harga jual barang sudah melebihi hpp dan biaya pemasaran produk.

Cara input retur pembelian di accurate online dan accurate desktop 5 mengakibatkan hutang perusahaan menurun. Pembelian artinya perusahaan meminta aktiva lancar pihak ketiga untuk membantu aktivitas bisnis perusahaan. Adapun langkah-langkah memasukkan transaksi retur pembelian di accurate adalah

  1. Masuk ke Modul Pembelian
  2. Pilih menu Purchase Return
  3. Isilah nama vendor dan nomor tagihan
  4. Hitunglah barang yang dikembalikan dan buatlah nota retur di aplikasi e-faktur
  5. Klik simpan

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Secara Otomatis di Accurate

Cara Input Retur Penjualan di Accurate 5

Cara input retur pembelian dan penjualan di accurate 5 dan accurate online memudahkan prosedur administrasi persediaan barang dagang. Penilaian persediaan akhir dapat menggunakan metode fifo, lifo dan rata-rata tertimbang untuk menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan perihal total kekayaannya.

Apabila terdapat transaksi penerimaan kas atau pelunasan piutang masuk ke dalam menu penjualan. Ekstensi file dari program software komputer akuntansi accurate adalah gdb. Setiap satu database hanya berisikan laporan posisi keuangan satu perusahaan yang dapat diakses menggunakan beberapa akun pengguna.

Cara input retur penjualan di accurate online bertujuan agar perusahaan tidak perlu menagihkan barang kembali. Barang kembali ke gudang artinya terjadi pengurangan tagihan sesuai masa pelunasan tagihannya. Bagaimana langkah-langkah input transaksi retur penjualan di accurate 5 sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Setting Termin Pembayaran atau Syarat Pembayaran di Accurate

Demikian cara input transaksi retur pembelian dan penjualan di accurate 5 dan accurate online dalam sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang. Metode penilaian persediaan akhir dapat menggunakan metode fifo, lifo bahkan rata-rata tertimbang yang menyesuaikan aliran keluar masuk barang di gudang.

Posting Komentar untuk "Cara Input Retur Pembelian dan Penjualan di Accurate 5 dan Accurate Online"