Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan rekening giro bank merupakan aktivitas perusahaan mengalokasikan informasi pemakaian uang tunai untuk kegiatan tertentu. Uang tunai adalah metode pembayaran paling efektif untuk dapat melanjutkan aktivitas bisnis perusahaan sesuai standar yang berlaku.

Siapa yang membuat kertas kerja pemeriksaan adalah auditor yang selesai melaksanakan pemeriksaan lapangan. Standar audit yang berlaku mewajibkan seorang auditor independen dalam segala bidang. Independensi adalah sikap dimana seseorang tidak mudah terpengaruh oleh perkataan dan perbuatan orang lain.

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan rekening giro bank dapat dilaksanakan setiap tahunnya untuk mengevaluasi aktivitas bisnis. Kas kecil adalah kas yang diperuntukkan bagi pembayaran kecil bagi entitas. Kewajiban perusahaan adalah mengusahakan penggunaan kas sesuai tindakan perencanaan tertentu.

Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank

Pertanyaan Diskusi dan Pilihan Ganda Tentang Pemeriksaan Kas Kecil

Pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan kas kecil dan rekening giro bank bertujuan agar auditor dalam menetapkan ruang lingkup pemeriksaan. Semakin kuat sistem pengendalian internal maka auditor dapat mempersempit ruang lingkup pemeriksaan guna memangkas biaya ketika mengevaluasi kinerja keuangan.

Contoh soal pilihan ganda tentang pemeriksaan kas kecil dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan aktivitas bisnis. Setiap perusahaan dapat memprioritaskan pelaksanaan kewajiban pembiayaan jangka panjang dan jangka pendek sesuai aturan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Pertanyaan diskusi dan pilihan ganda tentang pemeriksaan kas merupakan prosedur penerimaan kas dan penggunaan kas. Kas kecil adalah kas yang diperuntukkan bagi pembayaran bernominal kecil. Setiap lawan transaksi dapat memperoleh pelunasan tagihan tanpa harus menunggu pencairan cek atau bilyet giro.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul RMA di Accurate

Contoh Soal Praktikum Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Contoh soal audit kas kecil dan penyelesaiannya dapat menjadi pertimbangan ketika perusahaan memiliki seorang kasir. Pemisahan tugas merupakan prosedur pelaksanaan sistem pengendalian internal dengan memisahkan antara tugas antar pihak yang bertanggungjawab mengelola bukti transaksi.

Contoh soal praktikum audit kas kecil dan penyelesaiannya merupakan aktivitas utama perusahaan. Tujuan pendirian perusahaan adalah memaksimalkan setoran modal untuk menghasilkan dividen bagi para pemegang saham. Laba ditahan merupakan keuntungan selama satu periode yang belum dibagikan.

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan rekening giro bank terjadi ketika auditor melaksanakan pemeriksaan lapangan terhadap kas kecil di brankas sebagaimana terlampir. Apabila saldo kas kecil dilaporan posisi keuangan senilai Rp 10.000.000, buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan entitas tersebut?

NominalJumlah Subtotal
Rp 100 95 Rp 9.500
Rp 200 5 Rp 1.000
Rp 500 56 Rp 28.000
Rp 1.000 23 Rp 23.000
Rp 2.000 61 Rp 122.000
Rp 5.000 43 Rp 215.000
Rp 10.000 66 Rp 660.000
Rp 20.000 29 Rp 580.000
Rp 50.000 26 Rp 1.300.000
Rp 100.000 56 Rp 5.600.000
Total Rp 8.538.500

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Persediaan di Accurate Online

Cara Membuat Kertas Kerja Pemeriksaan Kas Kecil untuk Auditor

Cara membuat kertas kerja pemeriksaan kas kecil untuk auditor dapat menjadi pedoman ketika merumuskan program audit. Client representation letter dapat menjadi pedoman bagi auditor untuk mengukuhkan posisinya sebagai pihak yang memeriksa laporan keuangan dan bukan sebagai pembuat laporan keuangan.

Contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan rekening giro bank merupakan aktivitas memeriksa rekening koran dan catatan penggunaan kas kecil. Setiap pengguna kekayaan perusahaan harus dapat merepresentasikan kondisi keuangan pada saat yang sesuai untuk menyelenggarakan kegiatan bisnisnya.

Apakah ada pembatasan penggunaan kas dan setara kas dalam perusahaan? tentu saja, sebab setiap tingkatan struktur organisasi akan menerima tunjangan tertentu. Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian untuk akuntan publik atau audit adjustment sebagai berikut:

Baca Juga: Fungsi Client Representation Letter

Demikian contoh kertas kerja audit pemeriksaan kas dan rekening giro bank dalam sistem pengendalian internal perusahaan manufaktur. Perusahaan diwajibkan melaporkan setiap aktivitas bisnisnya ke dalam catatan atas laporan posisi keuangan untuk menggantikan informasi bisnisnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Kertas Kerja Audit Pemeriksaan Kas dan Rekening Giro Bank"