Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Modul Persediaan di Accurate 5 dan Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara menggunakan modul persediaan di accurate 5 dan accurate online merupakan tindakan perusahaan ketika melaksanakan kegiatan produksi. Persediaan adalah aktiva lancar yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan kewajiban perpajakan ketika memenuhi pesanan pelanggan untuk mendapatkan penghasilan.

Menu persediaan di accurate terdiri dari fitur barang dan jasa, fitur pembiayaan pesanan dan fitur penyesuaian persediaan. Cara menggunakan modul persediaan di accurate 5 dapat dilaksanakan untuk menyakinkan para pemegang saham atas pemenuhan pesanan dari pelanggan sesuai termin pembayarannya.

Cara memasukkan persediaan barang dan jasa di accurate merupakan aktivitas mengklasifikasikan data informasi persediaan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi untuk diperdagangkan. Persediaan adalah aktiva lancar yang membantu perusahaan mendapatkan omzet penjualan dan melaksanakan produksinya.

Cara Menggunakan Modul Persediaan di Accurate 5 dan Accurate Online

Cara Input Barang dan Jasa Baru di Accurate Online dan Accurate 5

Cara input barang dan jasa baru di accurate online dan accurate 5 bertujuan agar perusahaan dapat melaksanakan prosedur pembebanan biaya sesuai persentasenya. Kewajiban perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnis sesuai instruksi dan arahan dari para pemegang saham yang bertanggungjawab.

Cara memasukkan barang dan jasa baru di accurate 5 dan accurate online memudahkan proses audit pemeriksaan barang di gudang. Pergudangan merupakan tempat diletakkannya seluruh barang milik perusahaan sesuai tipenya. Jenis-jenis persediaan terdiri dari raw material, semi finish good dan finish good.

Cara input stock awal persediaan barang dagang di accurate bertujuan membentuk saldo awal persediaan di laporan keuangan. Persediaan merupakan aset lancar yang ditujuan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam merubah bahan baku agar sesuai produk yang diinginkan oleh para pemegang sahamnya.

Cara input stock awal persediaan barang di accurate adalah

  1. Pilih salah satu database laporan keuangan
  2. Masuk ke modul Persediaan > Barang dan Jasa.
  3. Buatlah satu informasi persediaan seperti nama awal, kode barang bahkan harga pokok produksi
  4. Input tanggal penerimaan barang dari supplier atau departemen
  5. Masukkan nilai persediaan akhir yang diperhitungkannya

Baca Juga: Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran

Cara Input Pembiayaan Pesanan di Accurate 5 dan Online

Pembiayaan pesanan adalah prosedur mengubah bahan baku menjadi barang yang diinginkan perusahaan. Cara menggunakan modul persediaan di accurate akan menentukan harga pokok produksi barang jadi untuk tujuan menghasilkan keuntungan ketika diperdagangkan kepada para pembelinya.

Cara input pembiayaan pesanan di accurate 5 dan accurate online memudahkan prosedur menentukan akun persediaan dalam proses atau work in process goods. Cara menggunakan modul persediaan bertujuan agar akuntan dapat memperhitungkan harga pokok produksi untuk menghitung laba bersih penjualan.

Cara input pembiayaan pesanan di accurate merupakan prosedur mengubah suatu jenis barang menjadi barang lain yang memiliki kenaikan ekonomis. Perusahaan diperkenankan memiliki berbagai macam persediaan barang dan beberapa gudang untuk memudahkan sarana administrasi penilaian persediaan akhir.

Baca Juga: Cara Menambah Pengguna atau User Baru di Accurate

Cara Melakukan Penyesuaian Persediaan di Accurate 5

Cara melakukan penyesuaian persediaan di accurate 5 terjadi setelah perusahaan menemukan adanya prosedur ketidaksesuaian saat melaksanakan stock opname. Pengertian stock opname adalah tindakan perusahaan membandingkan antara pencatatan dengan keadaan barang sesungguhnya yang ada di gudang.

Cara menggunakan modul persediaan di accurate 5 dan accurate online dapat memudahkan prosedur alokasi informasi keuangan. Setiap penambahan dan pengurangan barang hendaknya disesuaikan alur fifo atau first in first out yang berguna menentukan nilai persediaan barang diakhir periode pelaporan keuangan.

Langkah-langkah melakukan penyesuaian persediaan di accurate 5 akan meningkatkan harga pokok produksi. Peningkatan harga pokok produksi berakibat pada penurunan laba bersih yang didapatkan sehingga terjadi penurunan pembayaran dividen kepada para pemegang saham yang terjadi.

Baca Juga: Bagaimana Input Pembelian Aktiva Tetap melalui Faktur Pembelian di Accurate

Demikian cara menggunakan modul persediaan di accurate 5 dan accurate online dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang menjadi bentuk usaha yang memiliki berbagai macam jenis persediaan untuk menghasilkan keuntungan ditahun berjalan.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Modul Persediaan di Accurate 5 dan Accurate Online"