Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma persekutuan dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi ketika menyelenggarakan kegiatan bisnis. Setiap sekutu berhak memperoleh hak modal atas setoran yang pernah dilakukannya dan menggunakan kemampuan lebih dalam mengelola usaha bersama.

Contoh soal pembentukan persekutuan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar perusahaan dapat menggabungkan modalnya untuk mendiversifikasi usaha dalam menjalankan aktivitas bisnis. Isi perjanjian kerjasama firma berisikan pedoman yang disepakati ketika operasional berjalan.

Perbedaan firma dan perseroan terbatas melibatkan aspek hukum, kesinambungan usaha dan pertanggungjawaban pemilik terhadap hutang jatuh tempo. Persekutuan harus dapat memisahkan antara usaha yang didirikannya atas keterlibatan harta pribadi masing-masing sekutu dalam berbisnis.

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma Persekutuan

Hal Apa Saja yang Termasuk dalam Perjanjian Pendirian Persekutuan

Hal apa saja yang termasuk dalam perjanjian pendirian persekutuan harus dapat melibatkan seluruh kekayaan yang disetorkan wajib pajak. Ketika pembentukan firma, maka  para sekutu sebelum operasional berjalan harus membentuk perjanjian atau kesepakatan bersama yang tertuang pada akta pendirian firma.

Karakteristik utama persekutuan adalah memisahkan harta pribadi yang telah disetorkan para sekutu dan harus mendapatkan persetujuan bersama ketika memakai dananya. Persekutuan dikenal adanya mutual agency. Mutual agency artinya para sekutu bertindak atasnama sekutu lain ketika mengadakan transaksi keuangan.

Hal apa saja yang termasuk dalam perjanjian pendirian persekutuan harus disepakati oleh para sekutu yang terlibat. Akuntansi pendirian firma memperboleh adanya perubahan pemilikan persekutuan. Anggota sekutu keluar, anggota sekutu masuk bahkan pergantian anggota sekutu lain mengakibatkan firma dibubarkan secara hukum.

Baca Juga: Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan Firma

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan firma merupakan aktivitas menggabungkan harta kekayaan para sekutu untuk mencapai tingkatan bisnis tertentu. Tujuan firma adalah memaksimalkan modal ditanam dan modal disetor agar dapat meningkatkan omzet penjualan perusahaan selama satu tahun.

Firma didirikan oleh anggota-anggota yang belum memiliki usaha dan sudah memiliki usaha dapat membuat buku baru atau melanjutkan pencatatan salah satu anggota sekutu. Pembuatan jurnal penyesuaian atas setoran modal sekutu harus diakui sebesar nilai wajar atas transaksi yang berlangsung.

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma terjadi saat persekutuan ABC dibentuk dimana sekutu A menyetorkan kas senilai Rp 44.000.000, Sekutu B menyetorkan kas senilai Rp 50.000.000, dan sekutu C menyetorkan laporan posisi keuangan sebagaimana terlampir.

Laporan Posisi Keuangan
Persekutuan ABC
31/12/2022
AktivaPassiva
- Kas Rp 6.683.871 - Hutang Bank Rp 8.633.333
- Piutang Dagang Rp 11.696.774 - Hutang lain-lain Rp 4.316.667
- Kendaraan Rp 11.696.774
- Tanah Rp 6.683.871 - Modal C Rp 38.850.000
- Bangunan Rp 15.038.710
Jumlah Rp 51.800.000 Rp 51.800.000

Berdasarkan hasil penilaian oleh jasa appraisal menurut nilai wajar, terdapat item dilaporan posisi keuangan yang mengalami perubahan. Adapun informasi penyesuaiannya sebagai berikut

  1. Piutang dinilai sebesar 90%
  2. Kendaraan mengalami kenaikan harga sebesar 5%
  3. Hutang lain-lain akan dilunasi oleh sekutu C

Baca Juga: Perbedaan Firma, PT dan CV

Jurnal Mencatat Transaksi Pembentukan Persekutuan 

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma persekutuan dapat melibatkan adanya informasi keuangan yang muncul. Tujuan persekutuan didirikan adalah memperoleh pembagian laba rugi sesuai persentase modal yang disetorkan. Neraca saldo awal harus diciptakan sesuai kebijakan bisnis yang diselenggarakan.

Jurnal mencatat transaksi pembentukan persekutuan bergantung kepada jenis pembukuan yang diselenggarakan. Bagi sekutu yang sudah memiliki usaha, dapat menyetorkan harta kekayaannya yang dinilai berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi. Nilai wajar dapat diukur dengan menggunakan jasa appraisal atau kesepakatan bersama.

Jurnal mencatat transaksi pembentukan firma hendaknya dilaksanakan setiap periodenya sesuai jenis kekayaannya. Setoran modal sekutu dapat berupa aktiva non kas dan uang tunai sesuai modal disetorkan. Adapun jurnal penyesuaian yang harus dibuat berdasarkan contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma persekutuan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/01/2023 Kas Rp 94.000.000
Modal A Rp44.000.000
Modal B Rp50.000.000
01/01/2023 Kendaraan Rp 584.839
Hutang Lain-Lain Rp4.316.667
Modal C Rp3.731.828
Piutang Rp1.169.677

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dan Bonus dari Akuisisi

Demikian contoh soal dan jawaban tentang pembentukan persekutuan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Setelah firma dibentuk, maka persekutuan akan menjalankan operasionalnya seperti memakai dana perusahaan untuk membeli barang dan menerima pembayaran dari pelanggannya.

Posting Komentar untuk "2 Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma Persekutuan"