Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal audit liabilitas jangka pendek dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan memeriksa kewajaran saldo hutang pemasok atas penyerahan barang dan jasa. Hutang adalah pemakaian harta pihak ketiga untuk kepentingan perusahaan yang disertai adanya pengeluaran manfaat ekonomis tertentu.

Kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek bertujuan agar perusahaan mampu memberikan kepastian nilai pada buku besar pembantu hutang dagang. Dokumen apa yang biasanya diperiksa auditor ketika melakukan audit atas utang jangka pendek adalah bukti transaksi pengiriman dan pembayaran tagihan.

Contoh soal pemeriksaan hutang jangka pendek dan jawabannya menjadi materi praktikum audit keuangan. Mengapa pendapatan diterima dimuka dapat diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka pendek dikarenakan entitas belum memberikan barang dan jasa sesuai keinginan dari perusahaan setiap kali transaksi terjadi.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Pertanyaan tentang Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Panjang

Pertanyaan tentang pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan panjang merupakan aktivitas perusahaan memastikan keberlangsungan hidupnya. Pengertian hutang adalah aktivitas perusahaan yang mempengaruhi adanya nilai kas dimasa depan berkurang atas pemakaian barang dan jasa pihak ketiga sekarang ini.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang dan pendek adalah penilaian sistem pengendalian internal. Bagaimana auditor menilai internal control diperusahaan memerlukan bantuan dari flow chart, bagan alir, wawancara pembuatan dokumen dan kuesioner yang diberikannya.

Pertanyaan tentang pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan panjang dikaitkan dengan proses penyelesaian masalah hutang piutang. Bagaimana hutang dagang terjadi yaitu ketika entitas melakukan pembelian barang dan menerima pinjaman pihak ketiga seperti lembaga keuangan. Adapun cara menyelesaikan kewajiban perusahaan adalah

  1. Pembayaran kas
  2. Penyerahan aktiva lain
  3. Memberikan barang dan jasa tertentu
  4. Mengganti hutang dengan liabilitas lain seperti surat hutang
  5. Menjadikan hutang sebagai setoran modal perusahaan

Baca Juga: Cara Menghitung Accounting Rate of Return dan Jawabannya

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Melakukan Audit Hutang Jangka Pendek dan Panjang

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jawabannya merupakan proses perusahaan menilai kemampuan fiskal atas proses mencari pendapatan kena pajak. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka pendek adalah mencari bukti transaksi valid dan mewakili peristiwa keuangan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan audit liabilitas jangka panjang dan pendek bertujuan agar perusahaan dapat mengklasifikasikan transaksi keuangan. Internal control hutang dagang terdiri dari pemisahan tugas antara penerima tagihan, pembayar tagihan dan pembuatan surat pemesanan produk.

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah menilai hutang dagang perusahaan sesuai dengan nilai yang tercantum pada bukti transaksi. Seandainya ada hutang dalam mata uang asing, maka perusahaan harus dapat mengkonversikan mata uang dalam bentuk rupiah tertanggal laporan keuangan disusun.

Baca Juga: Cara Membuat Skedul Umur Piutang Dagang

Contoh Soal Audit Liabilitas Jangka Pendek dan Kertas Kerja Pemeriksaan

Contoh soal audit liabilitas jangka pendek dan kertas kerja pemeriksaan bertujuan agar entitas dapat memastikan sistem pengendalian internal berjalan sesuai keadaan sebenarnya. Adanya pemisahan tugas antara pembelian, penerimaan barang, gudang dan pembayar pesanan akan meningkatkan kualitas bukti transaksi.

Contoh kertas kerja pemeriksaan hutang dagang dapat dibentuk dengan adanya buku besar pembantu hutang dagang. Subsidiary ledger berperan menentukan nilai tagihan sebenarnya di perusahaan sesuai keadaan yang harus diterima berdasarkan hasil pemeriksaan kantor akuntan publik tersertifikasi.

Contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek terjadi ketika CV Staff Accounting memeriksa buku besar pembantu hutang PT Rafinternet senilai Rp 90.000.000. Berdasarkan hasil pemeriksaan, total hutang sebenarnya adalah Rp 8.000.000 dimana kesalahan terjadi saat membayarkan beban listrik. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

Baca Juga: Download Makalah Audit Pemeriksaan Hutang Jangka Pendek

Demikian contoh soal audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jawabannya dalam proses mencari bukti transaksi yang valid. Entitas diperkenankan untuk mengevaluasi keterjadian informasi keuangan berdasarkan tindakannya ketika membayarkan kas dan setara kas satu periode akuntansi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya"