Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka panjang bertujuan agar perusahaan memastikan kebenaran transaksi pembelian barang dagang. Setiap perusahaan diwajibkan melaporkan seluruh informasi keuangan secara wajar guna menghindari pemeriksaan oleh kantor pajak dan kantor akuntan publik.

Pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang menjadikan entitas berpartisipasi dalam prosedur informasi keuangan. Laporan posisi keuangan diciptakan untuk mengalokasikan aktivitas bisnis agar negara memperoleh pendapatan yang berasal dari setoran pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai.

Mengapa internal audit sangat penting bagi pemeriksaan hutang dagang dikarenakan hutang timbul ketika entitas menyepakati aktivitas bisnis untuk mendatangkan barang sekarang daripada pembayarannya. Sifat dan contoh liabilitas jangka pendek bertujuan memudahkan klasifikasi akun laporan posisi keuangannya.

Contoh Soal dan Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Perbedaan Liabilitas Jangka Panjang dan Jangka Pendek dalam Perusahaan

Perbedaan liabilitas jangka panjang dan jangka pendek dalam perusahaan akan menentukan kapan sebuah tagihan dibayarkan. Contoh dan sifat hutang akan menentukan skala prioritas pembayaran tagihan bagi lawan transaksi ketika menyelenggarakan bisnis terutama kualitas dan kuantitas produk tercantumnya.

Ciri internal control dalam liabilitas jangka panjang yang baik adalah mampu mendeteksi kesalahan dalam perhitungan bunga, pembayaran bunga dan platfom kredit. Pinjaman jangka panjang akan meningkatkan kemampuan entitas untuk memperbesar laba yang diterima ketika penjualan barang dan jasanya naik.

Perbedaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang terletak pada waktu pengembalian pinjaman kepada pemberi kas dan setara kas. Pihak ketika akan menagihkan bunga sesuai pokok hutang berdasarkan tingkatkan bisnis sesuai kepercayaan dari pemegang saham dan pengguna laporan keuangan lainnya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembentukan Firma Persekutuan dan Jawabannya

Contoh Soal Kasus Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Contoh soal kasus pemeriksaan liabilitas jangka panjang bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan kekayaan sebagai bukti pelunasan hutang. Hutang terlalu lama mengakibatkan entitas tidak dipercaya oleh pemasok untuk menyediakan bahan baku dan mengalami keterlambatan pengiriman pesanan.

Contoh soal dan pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka panjang merupakan prosedur informasi atas penerimaan pinjaman, perhitungan anuitas, pembayaran bunga dan transaksi keuangan. Setiap perkembangan perusahaan dapat didasarkan pada bisnis yang diselenggarakan dan kemajuan pendapatannya.

Contoh soal audit pemeriksaan hutang dagang terjadi ketika CV Staff Accounting melaporkan adanya pinjaman senilai Rp 9.000.000. Biaya bunga sudah dibayarkan senilai Rp 900.000 tetapi salah dilakukan pencatatan menjadi pembayaran material bangunan. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat?

TanggalKeteranganDebitKredit
31 Maret 2022Beban Bunga PinjamanRp 90.000
  Beban MaterialRp 90.000

Baca Juga: Tugas dan Tanggungjawab Staff Accounting

Pertanyaan Diskusi Tentang Pemeriksaan Liabilitas

Contoh soal dan pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka panjang merupakan prosedur untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal kas dan pembelian barang dagang. Pinjaman adalah hak milik pihak ketiga yang digunakan perusahaan untuk efektivitas operasional agar dapat meningkatkan laba tahun berjalan.

Pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan liabilitas bertujuan agar entitas dapat menjalankan prosedur penagihan, penjadwalan pembayaran pokok hutang beserta bunganya. Tingkat bunga pasar adalah bunga yang mau dibayarkan oleh peminjam dan disetujui oleh pemberi pinjaman jangka waktu kerjasama.

Contoh pertanyaan diskusi tentang pemeriksaan hutang dagang harus dapat menjalankan konfirmasi sebelum masa jatuh temponya. Setiap perusahaan akan berusaha mengakui hutang lebih sedikit daripada yang seharusnya untuk meningkatkan kualitas kinerja keuangan bagi manajer marketingnya.

Baca Juga: Contoh Penerapan Internal Control Pembelian yang Baik

Demikian contoh soal dan pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan jangka pendek dalam sistem informasi perpajakan. Mempelajari dan mengevaluasi sistem pengendalian internal berdampak pada keberlangsungan usaha perusahaan dalam rangka menciptakan omzet ditahun berjalan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Pertanyaan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang"