Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Formula Produksi di Accurate 5 dan Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara membuat formula produksi di accurate 5 dan accurate online merupakan cara yang ditempuh perusahaan untuk memperhitungkan total pengeluaran standar dari kegiatan produksi. Biaya variabel dan biaya tetap perlu diperhitungkan dengan jelas tentang total penilaian seluruh komponen biaya di perusahaan.

Cara menggunakan fitur manufaktur di accurate online terdiri dari beberapa menu diantaranya bahan baku, biaya produksi, formula produk, surat perintah kerja, surat pengeluaran bahan baku dan produk hasil keluaran produksi. Accurate mempermudah perhitungan harga pokok produk sesuai permintaan pesanannya.

Langkah-langkah membuat formula produksi di accurate online bertujuan agar perusahaan dapat menetapkan biaya standar. Biaya standar adalah biaya yang diperhitungkan berdasarkan pengeluaran tanpa adanya kejadian khusus seperti biaya percepatan proses produksi, biaya pengiriman produk dan kenaikan harga bahan baku.

Cara Membuat Formula Produksi di Accurate 5 dan Accurate Online

Pengertian Formula Produksi atau Bill of Material

Pengertian formula produksi adalah seluruh bahan baku dan tenaga kerja yang digunakan untuk produksi dan diolah berdasarkan kemampuan perusahaan untuk menciptakan barang jadi sesuai pesanan pelanggan. Bill of material menjadi komponen utama agar entitas dapat menyerahkan dan membeli bahan baku kepada pemasok.

Pengertian bill of material dalam perusahaan manufaktur adalah segala komponen, item, bahan baku yang diperlukan dalam upaya perakitan, pencampuran dan memproses barang jadi agar sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan. Formula produk akan menghasilkan biaya standar yang dijadikan patokan dalam menetapkan harga jual.

Apa yang dimaksud dengan bill of material? pengertian formula produksi adalah fitur dalam accurate yang berfungsi memperhitungkan secara detail pengeluaran perusahaan terhadap seluruh komponen hasil kegiatan operasionalnya. Perusahaan manufaktur menggunakan BOM untuk mempermudah kegiatan produksi.

Baca Juga: Perbedaan Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja Langsung

Kegunaan Bill Of Material

Kegunaan bill of material adalah membantu perusahaan manufaktur dalam upaya mempersiapkan barang sesuai spesifikasi yang diinginkan pelanggan. Setelah entitas mengetahui harga pokok produksi maka dapat menetapkan harga jual barang yang sesuai kondisi pasar agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. Adapun kegunaan bill of material adalah

Menetapkan Harga Jual Produk

Cara membuat formula produksi di accurate 5 dan accurate online bertujuan agar pemegang saham dapat menentukan harga jual yang dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. Analisis swot diperlukan untuk melihat potensi keuntungan atau kerugian yang muncul saat terjadi penjualan. Harga jual barang harus lebih tinggi daripada harga pokok produksi untuk melihat laba kotornya.

Dasar Perencanaan Pembelian Bahan Baku dari Supplier

BOM berfungsi agar entitas dapat merencanakan pembelian bahan baku agar kegiatan produksi tidak terputus yang berakibat pada mesin mati. Penghindaran kekurangan bahan baku berakibat pada proses perencanaan kegiatan pembelian agar dapat menyesuaikan proses produksi yang dilakukan manajer produksinya.

BOP Sebagai Acuran Perbaikan Produk Jadi

Cara membuat formula produksi di accurate online dapat menjadi upaya perusahaan dalam menetapkan bahan baku yang sesuai budget dan kualitas yang diinginkannya. Bill of material sebagai dasar pencatatan seluruh komponen dan material yang digunakan dalam proses produksi sehingga dapat berinovasi dengan produk yang lain.

Meningkatkan Partisipasi Antar Departemen di Perusahaan

Fungsi bill of material adalah menyatukan partisipasi antar departemen di perusahaan untuk mempermudah hubungan dan koordinasi mengingat adanya proses perencanaan, pengiriman barang, penagihan dan proses pembayaran untuk menentukan prioritas bagi pemegang saham dalam pembayarannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Pengeluaran Bahan Baku di Accurate Online

Langkah-Langkah Membuat Formula Produksi di Accurate 5 dan Accurate Online

Cara membuat formula produksi di accurate 5 dan accurate online bertujuan agar seluruh kegiatan produksi dapat berjalan sesuai perencanaannya. Departemen produksi, pembelian, keuangan dapat bekerjasama agar pemenuhan barang yang diminta dan proses pembayaran berjalan sesuai rencana bisnis tersebut.

Adapun langkah-langkah membuat formula produksi di accurate online dan accurate dekstop 5 adalah

  1. Pilih menu Pabrikasi
  2. Arahkan ke menu Formula Produk
  3. Centang produk referensi dan pilih nama produk yang akan diisikan formulanya
  4. Masukkan jumlah produksi dan kuantitas minimalnya
  5. Isilah daftar pemakaian bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung
  6. Maka akan muncul standar cost dan aktual cost
  7. Klik ke layar

Baca Juga: Cara Membuat Surat Perintah Kerja di Accurate 5

Demikian cara membuat formula produksi di accurate 5 dan accurate online dalam materi praktikum komputer akuntansi. Setiap perusahaan berhak menggunakan berbagai macam software komputer akuntansi dalam rangka mempermudah proses pencatatan transaksi keuangan sesuai keberlangsungannya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Formula Produksi di Accurate 5 dan Accurate Online"