Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6

Konten [Tampil]

Cara input saldo awal piutang dan hutang di zahir accounting 6 merupakan aktivitas utama perusahaan dalam kegiatan administrasi aliran kas masuk dan keluar sesuai ketentuan berlaku. Akrual basis adalah dasar pencatatan transaksi dimana perusahaan hanya mencatat transaksi pada saat kejadian yang melibatkan arus kas.

Pada program zahir accounting, bagaimana cara memasukkan saldo awal piutang dan hutang dagang bertujuan agar seluruh invoice dicatat untuk menetapkan schedul pembayaran tagihan. Seluruh pencapaian perusahaan harus diperhitungkan secara accurate untuk menghindari adanya ketidakpuasan dari pemegang saham.

Pengisian saldo awal piutang dan utang terdapat pada menu setting dan menu saldo awal. Download zahir accounting 6 full version terbaru merupakan aktivitas pembukuan segala aktivitas perusahaan untuk membuat laporan keuangan dan laba rugi sesuai aturan perpajakan yang berlaku mengikuti standar akuntansi keuangan.

Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6

Menu untuk Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Utang Dagang

Menu untuk membuat buku besar pembantu piutang dan utang dagang harus dibuat agar entitas mengetahui siapakah pelanggan dan pemasok yang harus dibayarkan. Kelebihan zahir accounting 6 daripada accurate adalah adanya fitur grafik yang sistematis dan dinamis sesuai arah tujuan perusahaan kedepannya.

Cara input saldo awal piutang dan hutang di zahir accounting 6 seharusnya didasarkan pada prosedur pencatatan sistem informasi keuangan yang berlaku. Kolom memo pada saat mengisi saldo customer diisi dengan catatan pembayaran yang hendak dilaksanakan sesuai tanggal pada surat wesel tagih dan wesel bayar.

Supplier balance berfungsi memberitahu perusahaan untuk segera melaksanakan prosedur pembayaran tagihan kepada pelanggan sesuai termin pembayarannya. Customer balance berfungsi memberitahu perusahaan untuk segera menagihkan piutang jatuh tempo untuk mendapatkan kas dan setara kas yang dimilikinya.

Baca Juga: Cara Membuat Termin Pembayaran di Zahir Accounting

Langkah-Langkah Mengisi Saldo Awal Piutang Dagang di Zahir Accounting

Langkah-langkah mengisi saldo awal piutang dagang di zahir accounting sebaiknya mempersiapkan beberapa data seperti nama pelanggan, nomor dan total tagihan, termin pembayaran dan akun sementara untuk menampung piutang dagang. Cadangan kerugian piutang sebaiknya dibentuk untuk mengurangi resiko tidak dibayarkannya tagihan.

Jelaskan langkah-langkah pengisian saldo awal pada kartu utang setiap supplier memerlukan informasi seluruh hutang yang telah jatuh tempo. Cara membuat database zahir accounting 6 dan zahir online akan memudahkan para pengguna laporan keuangan untuk menciptakan aliran pendapatan kena pajak ditahun berjalan.

Cara input saldo awal piutang dan hutang di zahir accounting 6 build 13 mewajibkan entitas mempersiapkan seluruh pencapaian perusahaan selama satu periode. Buku besar pembantu piutang dan hutang harus dipersiapkan saat entitas melaksanakan penagihan atas kekayaan yang belum diterima setelah terjadi pengiriman barang.

Baca Juga: Cara Input Saldo Aktiva Tetap Awal di Neraca Saldo

Cara Input Saldo Awal Hutang Dagang di Zahir Accounting 6

Cara input saldo awal hutang dagang di zahir accounting 6 dapat diselenggarakan secara wajar sesuai standar akuntansi keuangan. Pengertian hutang dagang adalah penerimaan barang yang dilaksanakan sekarang tetapi imbal balik akan dibayarkan setelah beberapa hari sesuai termin pembayaran yang disepakati.

Cara memasukkan saldo awal utang dagang di accurate dan zahir bertujuan agar entitas dimudahkan dalam melaksanakan penjadwalan pembayaran tagihan kepada para pelanggannya. Keseluruhan informasi perpajakan harus dapat menciptakan aliran pendapatan kena pajak yang dipotongkan pajak penghasilannya.

Supplier balance berfungsi mengisi saldo tagihan perusahaan kepada para pemasoknya atas barang yang telah diterima sesuai kebijakan pembelian kredit. Pembelian kredit akan memudahkan perusahaan meningkatkan modal tanpa harus meminta kepada para pemegang saham ditahun berjalan.

Cara Mengisi Saldo Awal Utang Usaha di Zahir Accounting

  1. Pilih database zahir accounting dan zahir online yang akan digunakan
  2. Pastikan entitas telah memiliki buku besar pembantu piutang
  3. Login menggunakan akun yang memiliki akses ke menu setting
  4. Pilih menu setting dan saldo awal
  5. Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6
  6. Klik pilihan saldo awal hutang usaha
  7. Pilih menu new, edit ataupun delete
  8. Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6
  9. Isilah informasi perihal total hutang, nama perusahaan, termin pembayaran dan nomor invoice dari supplier
  10. Sesuaikan nilai total input saldo awal dengan buku besar pembantu hutang.
  11. Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6

Baca Juga: Cara Install Zahir Accounting 6 Build 13 Versi Terbaru Secara Gratis

Pada program zahir accounting 6, pembuatan database harus mencatat seluruh kekayaan perusahaan pada awal periode untuk menyakinkan para pemegang saham atas kekayaan yang telah disetorkan sebagai modal awal sehingga pengeluaran perusahaan dapat dikendalikan lewat tagihannya.

Demikian cara input saldo awal piutang dan hutang di zahir accounting 6 versi terbaru dalam program komputer akuntansi keuangan. Perusahaan dagang, jasa dan manufaktur harus menyelenggarakan kegiatan pembukuan untuk menghindari pemeriksaan pajak yang dilakukan oleh kantor pelayanan pajak setempat.

Posting Komentar untuk "Cara Input Saldo Awal Piutang dan Hutang di Zahir Accounting 6"