Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya merupakan metode pembayaran untuk dapat segera mendatangkan barang pesanan tanpa mengeluarkan kas dan setara kas terlebih dahulu. Pemasok atau supplier baru tentu memerlukan bukti perusahaan dapat melaksanakan pembayaran sebelum pemberian penjualan kredit.

Cara menghitung wesel berbunga dan wesel tanpa bunga menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Contoh soal pilihan ganda dan essay wesel harus diatribusikan berdasarkan kemampuan perusahaan ketika menyelenggarakan pencatatan. Wesel menjadi metode pembayaran paling likuid bagi pemasok ketika mendatangkan barang.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar bergantung pada kesepakatan perhitungan jangka waktunya. Biasanya perhitungan jatuh tempo menggunakan jumlah hari misalnya 90 hari sejak penyerahan wesel sebagai metode pembayaran yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Apa yang Dimaksud Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Pengertian wesel tagih adalah surat hutang yang diatribusikan berdasarkan kemampuan perusahaan ketika meminjam aktiva milik pihak ketiga. Setiap perusahaan berhak mengadakan perjanjian kerjasama dalam rangka menyelaraskan pendapatan dan biaya pembuatan barang sesuai nilai kontrak penjualan kreditnya.

Apa yang dimaksud wesel? Pengertian wesel menurut para ahli adalah surat perintah bagi seseorang untuk mengeluarkan kas dan setara kas dari rekening perusahaan atau pribadi yang dibuat oleh pemilik hutang dan memerlukan adanya akseptasi. Kegunaan wesel bayar adalah melunasi piutang usaha atas perjanjian kreditnya.

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tidak berbunga dapat menjadi acuan bagi perusahaan ketika mengeluarkan surat perintah pembayaran. Rekening giro adalah rekening sebagai tempat penyimpanan sementara kas dan setara kas agar dapat digunakan sebagai pelunasan piutang atau pembayaran biaya melalui transfer bank.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Kas Kecil Metode Imprest

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Tidak Berbunga

Contoh soal wesel berbunga dan tidak berbunga merupakan alat yang digunakan perusahaan ketika menciptakan aliran pendapatan lainnya. Wesel berbunga artinya surat wesel yang menyebutkan tingkat bunga tertentu. Pemilik wesel harus menyediakan kas senilai pokok hutang ditambah bunga pada saat jatuh tempo.

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya bertujuan untuk menghindari kesalahan pengelolaan data perusahaan. Perbedaan wesel dan cek sebagai alat pembayaran adalah wesel berguna untuk pelunasan tagihan secara kredit dan cek berguna untuk pelunasan tagihan secara tunai sesuai nilai ekonomisnya.

Contoh soal piutang wesel diskonto terjadi ketika CV Staff Accounting menerima wesel tagih senilai Rp 5.000.000 dengan bunga 7% per tahun. Apabila jangka waktu tempo wesel adalah 60 hari sejak tanggal 5 oktober 2022. Buatlah jurnal pelunasan tagihan dengan wesel dan perhitungan bunga wesel diakhir periode?

Baca Juga: Macam-Macam Hutang Jangka Pendek di Perusahaan

Cara Menghitung Wesel Berbunga

Cara Menghitung wesel berbunga perlu memperhatikan interest rate yang muncul saat perjanjian kerjasama. Apakah pemegang surat wesel mempunyai kewajiban memintakan akseptasi bergantung kepada kebijakan perbankan ketika mengeluarkan kas sebagai metode pembayaran yang diminta nasabahnya.

Jurnal Pelunasan Tagihan dengan Wesel Tagih

Jurnal pelunasan tagihan dengan wesel tagih akan dilakukan oleh perusahaan ketika mengakui perpindahan hutang dagang ke hutang wesel. Tujuan penerbitan wesel adalah meyakinkan pemasok atas pembayaran yang diselenggarakan perusahaan. Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya akan menghasilkan jurnal pencatatan yakni

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/10/2022Hutang Dagang Rp 5.000.000
Hutang Wesel Rp 5.000.000

Jurnal Penarikan Wesel Tagih

Mengapa wesel dikatakan sebagai alat pembayaran kredit sebab entitas tidak perlu menyediakan kas pada saat pembuatan surat wesel. Siapa saja yang terlibat terkait dengan transaksi surat wesel adalah perbankan, penerbit wesel dan penerima wesel. Adapun jurnal penarikan wesel tagih pada akhir periode adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
04/12/2022Hutang wesel Rp 5.000.000
Beban Bunga wesel Rp 58.333
Kas Rp 5.058.333

Baca Juga: Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Demikian contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan berhak mengadakan perjanjian kerjasama antara pemilik usaha dengan pengelola dana. Cara kerja wesel hampir sama dengan penerbitan obligasi untuk pembayaran piutang usaha.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Wesel Berbunga dan Pembahasannya"