Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Harga Perolehan Aset Tetap Membangun Sendiri dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri merupakan prosedur perhitungan aset perusahaan berdasarkan total harga beli dan biaya tambahannya. Contoh aktiva tetap berwujud adalah kendaraan, mesin, tanah dan bangunan. Contoh aset tetap tak berwujud adalah goodwill, hak cipta dan hak paten.

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dengan membangun sendiri harus diperhitungkan sesuai standar akuntansi keuangan. Masalahn dalam penentuan biaya perolehan harus diaplikasikan berdasarkan seluruh proses pembayaran perusahaan agar dapat menyesuaikan tingkatan bisnis sesuai aturan yang berlaku.

Contoh perhitungan ppn membangun sendiri harus memperhatikan seluruh pencapaian perusahaan. Apakah kontraktor perorangan wajib membayar ppn atas kegiatan membangun sendiri bergantung jenis dan objek pajak penghasilan yang dikenakan. Kegiatan membangun sendiri bertujuan mengurangi total pengeluaran perusahaan.

Contoh Soal Harga Perolehan Aset Tetap Membangun Sendiri dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Kegiatan Membangun Sendiri?

Pengertian kegiatan membangun sendiri adalah aktivitas perusahaan menciptakan aktiva tetap dan aset lancar untuk membantu kegiatan operasional tanpa melibatkan jasa pihak ketiga. PPN membangun sendiri dapat dikreditkan saat entitas melaksanakan pembuatan kode billing ppn kms kegiatan membangun sendiri setiap bulannya.

Contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri harus didasarkan pada ketentuan umum perpajakan dan standar akuntansi keuangan. Apa saja syarat ppn kegiatan membangun sendiri (kms) adalah objek pajak berupa tempat tinggal atau usaha dengan luas lahan paling sedikit 200 meter persegi.

Apa yang dimaksud kegiatan membangun sendiri adalah aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan aktiva tetap dengan harga seminimal mungkin. Cara membuat kode billing kms kegiatan membangun sendiri dilakukan pada akun djp online sesuai jenis pelaporan spt pajak sesuai objek perpajakannya.

Baca Juga: DPP dan Tarif PPN Membangun Sendiri

Contoh Soal Harga Perolehan Aset Tetap Membangun Sendiri dan Jawabannya

Contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri dan jawabannya harus didasarkan pada persetujuan bisnis yang dilakukan perusahaan. Pengertian biaya perolehan adalah segala kas yang dikeluarkan untuk pembayaran gaji karyawan, material bangunan dan biaya bahan penolong pembuatan aset.

Cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan harus didasarkan pada ketentuan umum perpajakan. Apa saja yang termasuk dalam biaya perolehan aset ketika aset diperoleh dengan cara membangun sendiri adalah biaya bahan baku, biaya bahan penolong dan biaya gaji karyawan yang terlibat.

Contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri terjadi ketika CV Staff Accounting melaksanakan pembuatan gedung utama dengan mengeluarkan biaya material sebesar Rp 70.000.000 dan biaya tenaga kerja langsung Rp 30.000.000. Buatlah jurnal pengakuan aktiva tetap dan jurnal pengakuan ppn kegiatan membangun sendiri?

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Contoh Perhitungan PPN Kegiatan Membangun Sendiri

Contoh perhitungan ppn kegiatan membangun sendiri harus dilaporkan pada spt masa pajak pertambahan nilai. Setiap perusahaan diwajibkan melakukan pemungutan ppn keluaran dan ppn masukan sesuai nilai transaksi penjualan ataupun pembelian. Objek pajak penghasilan disesuaikan kondisi perusahaan.

Apa saja syarat ppn kegiatan membangun sendiri adalah luas tempat tinggal atau usaha memiliki ukuran 200 meter persegi. Pihak yang merasakan adanya pertambahan nilai atas bangunan dan gedung diwajibkan membayar dan melaporkan pajak pertambahan nilai. Pembayaran ppn kms paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya.

Contoh perhitungan ppn kegiatan membangun sendiri memiliki dasar pengenaan pajak sebesar 20% dari total manfaat perusahaan. Contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri harus mengklasifikasikan biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya penolong menjadi aset tetap perusahaan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Bangunan Rp 100.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 70.000.000
Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 30.000.000
(Jurnal harga perolehan aset tetap membangun sendiri)

Jurnal PPn atas Kegiatan Membangun Sendiri

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022PPN Membangun Sendiri Rp 2.200.000
PPN Keluaran Rp 2.200.000
(Jurnal pengakuan ppn membangun sendiri)
15/09/2022PPN keluaran Rp 2.200.000
Kas Rp 2.200.000
(Jurnal pembayaran kode billing ppn kms)

Baca Juga: Apa Saja Syarat PPN Kegiatan Membangun Sendiri

Demikian contoh soal harga perolehan aset tetap membangun sendiri dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Cara menghitung biaya perolehan berbeda dengan perhitungan harga beli barang. Perbedaan umur ekonomis dan usia manfaat terletak pada pertimbangan jangka waktu pemakaian aset.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Harga Perolehan Aset Tetap Membangun Sendiri dan Jawabannya"