Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Harga Perolehan Tanah dan Bangunan dengan Wesel Bayar

Konten [Tampil]

Cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan dengan wesel bayar bertujuan agar perusahaan dapat mengoptimalkan prosedur penyusutan setiap akhir bulan. Pembelian aktiva tetap merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mengalokasikan pemakaian kas agar dapat meningkatkan kapasitas produksinya.

Contoh soal perolehan tanah dan bangunan dengan menggunakan wesel tagih dan wesel bayar harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan ketika menyelenggarakan kegiatan. Perusahaan jasa dan manufaktur adalah entitas yang melaksanakan kegiatan produksi sesuai arah dan tujuan pemegang sahamnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai penyusutan aktiva tetap terdiri dari harga beli, umur manfaat dan nilai residu. Perbedaan harga beli dengan harga perolehan berkaitan dengan pengakuan aset tetap saat entitas menyelenggarakan kegiatan bisnis untuk mendatangkan omzet penjualan selama satu tahun.

Cara Memperoleh Aktiva Tetap di Perusahaan

Cara memperoleh aktiva tetap di perusahaan jasa dan dagang merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas produksi. Setiap perusahaan berhak mengadakan kerjasama dengan pihak ketiga dalam untuk penyediaan kas sebagai sarana hutang jangka pendek.

5 cara memperoleh aset tetap di perusahaan manufaktur terdiri dari pembelian tunai dan kredit, leasing, pertukaran aktiva tetap sejenis, membangun sendiri dan pemberian cuma-cuma. Setiap aktiva akan dikenakan pajak pertambahan nilai sebab adanya nilai ekonomis yang bertambah bagi perusahaan tersebut.

Cara memperoleh aktiva tetap di perusahaan perlu menghindari adanya ketidaksesuaian antara prosedur pencatatan sistem informasi akuntansi. Software komputer akuntansi harus dapat mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan agar proses pengambilan keputusan dapat dijalankan sesuai arah tujuannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Modul Pembelian di Zahir Accounting

Contoh Soal Penentuan Harga Perolehan Tanah dan Bangunan

Contoh soal penentuan harga perolehan tanah dan bangunan bertujuan agar entitas dapat menetapkan nilai buku dan metode penyusutan. Mengapa aset tetap harus disusutkan setiap tahun? aktiva tetap mengalami adanya penurunan manfaat dan nilai ekonomis saat digunakan untuk produksi barang dagangnya.

Cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan dengan wesel bayar dan wesel tagih harus menerapkan informasi keuangan perusahaan. Apa saja faktor yang menyebabkan penghentikan pemakaian aktiva tetap pada suatu perusahaan adalah nilai manfaat lebih kecil daripada biaya perbaikannya.

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan terjadi ketika CV Staff Accounting melaksanakan pembelian bioskop senilai Rp 85.000.000, biaya perbaikan Rp 4.000.000 dan biaya pajak Rp 900.000. Buatlah jurnal perhitungan harga perolehan dan jurnal penyusutan aset setiap periode akuntansinya?

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Piutang Wesel Secara Angsuran

Cara Menghitung Harga Perolehan Tanah dan Bangunan dengan Wesel Bayar

Penentuan harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bayar hanya didasarkan pada nilai nominal wesel. Wesel adalah surat perintah mengeluarkan kas dan setara kas sesuai nilai nominal disertai pembayaran bunga atas perpanjangan masa pembayaran tagihan yang ditetapkan perusahaan.

Cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan dengan wesel bayar perlu mempertimbangkan segala pengeluaran perusahaan setiap periodenya. Tanah dan bangunan adalah komponen utama perusahaan dapat dapat menjalankan bisnis tanpa melakukan sewa yang membebani biaya bulanannya.

Contoh soal biaya perolehan aktiva tetap mewajibkan entitas melaksanakan perhitungan harga pokok produksi. Penetapan titik impas atau break even point harus didasarkan pada prosedur pemberdayaan seluruh komponen perusahaan ketika menjalankan aktivitas produksi. Adapun jurnal perhitungan harga perolehan aset tetap adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2023Gedung N Rp 89.000.000
PPN Masukan Rp 9.790.000
Kas Rp 45.390.000
Wesel Bayar Rp 53.400.000
(Pencatatan Pembelian Tanah dan Bangunan)
25/02/2024Wesel Bayar Rp 53.400.000
Biaya Bunga Wesel Rp 3.560.000
Kas Rp 56.960.000
(Pencatatan pembayaran wesel bayar)

Baca Juga: Macam-Macam Metode Penyusutan Aktiva Tetap

Demikian cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan dengan wesel bayar dan wesel tagih sesuai standar akuntansi keuangan. Karakteristik aktiva tetap adalah memiliki usia manfaat lebih dari satu periode dan biaya perolehan wajib dialokasikan dengan metode penyusutan garis lurus atau saldo menurun berganda.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Harga Perolehan Tanah dan Bangunan dengan Wesel Bayar"