Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dalam Satu Paket atau Lump Sum

Konten [Tampil]

Contoh soal pembelian aset tetap dalam satu paket atau lump sum merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka menentukan harga perolehan aktiva tetap dari pihak ketiga. Saat pembelian kredit dan tunai, perusahaan akan mencatat biaya perolehan aset berdasarkan nilai yang disepakati saat perjanjian kerjasama.

Contoh soal harga perolehan aktiva tetap dengan pembelian sekaligus bertujuan agar perusahaan mendapatkan potongan harga. Penentuan harga perolehan berbagai aset tetap dengan cara hibah akan mengalokasikan sebagian besar pertimbangan perusahaan untuk melaksanakan manajemen laba dan keuangan.

Bagaimana cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dan perhitungan depresiasi aset setiap bulannya? Apabila terjadi pembelian aset secara paket, maka harga pembelian barang harus dialokasikan ke berbagai aset yang dibeli. Harga borongan adalah harga keseluruhan dari aset yang diperdagangkan perusahaan untuk setiap periodenya.

Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dalam Satu Paket atau Lump Sum

5 Cara Memperoleh Aktiva Tetap

Cara memperoleh aktiva tetap harus didasarkan pada standar akuntansi keuangan guna menghindari pemeriksaan laporan keuangan diakhir periode oleh kantor akuntan publik. Karakteristik aset tetap adalah entitas harus mengeluarkan kas dalam jumlah material agar dapat mendatangkan aset untuk dipergunakan diperusahaan.

Pembelian Secara Tunai, Kredit bahkan Lump Sum

Contoh soal pembelian aset tetap dalam satu paket atua lump sum menjadi cara agar entitas dapat memperoleh aktiva tetap ditahun berjalan. Lump-sum artinya perusahaan melaksanakan pembelian barang bersamaan dengan aset lain agar mendapatkan potongan harga lebih murah daripada pembelian secara satuan.

Sewa Guna Usaha atau Capital Lease

Cara memperoleh aktiva tetap ke dua adalah melakukan sewa guna usaha dengan pihak leasing. Perusahaan leasing akan memberikan kebebasan bagi entitas untuk mendapatkan aset dengan hanya membeli hak milik atau hak manfaat selama satu periode. Capital lease artinya pembelian aset tetap dilakukan pihak ketiga.

Pertukaran Aset Tetap

Bagaimana cara perusahaan untuk memperoleh aktiva tetap yaitu melaksanakan pertukaran dengan aset tetap sejenis. Pertukaran aset tetap dapat menjadi acuan bagi entitas dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pencatatan terutama penyusunan komponen aset untuk dilakukan penyusutan.

Membangun Sendiri

Contoh soal pembelian aset tetap dalam satu paket atau lump sum terjadi saat perusahaan ingin memperbanyak kepemilikan aset di supplier yang sama. Membangun aktiva secara sendiri akan memperkecil biaya perolehan tetapi entitas diwajibkan melakukan pemungutan ppn membangun sendiri di periode berjalan.

Pemberian Secara Cuma-Cuma atau Hibah

Pemberian secara cuma-cuma atau hibah sering dilakukan oleh pihak ketiga ketika mau menyusun proyeksi barang dan jasa milik entitas. Penentuan harga perolehan berbagai aset dengan cara hibah mewajibkan entitas melaksanakan pemungutan pajak pertambahan nilai ditahun berjalan sesuai alokasinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Menu Pembelian di Zahir Accounting

Contoh Soal Pembelian Aktiva Tetap Secara Sekaligus

Contoh soal pembelian aktiva tetap secara sekaligus akan terjadi jika entitas mendapatkan penawaran harga beli dari supplier. Pemasok adalah pihak yang mau menyediakan barang dan jasa sesuai spesifikasi pelanggan untuk mempermudah proses produksi atau penjualan barang kepada para pelanggannya.

Bagaimana pencatatan aset tetap yang didapat dari pembelian secara tunai dan kredit harus dilakukan pemungutan pajak pertambahan nilai. Biaya perolehan adalah seluruh pengeluaran perusahaan yang diprioritaskan agar aktiva tetap dapat dipergunakan sesuai masa yang telah disepakati oleh para pemegang saham.

Contoh soal pembelian aktiva tetap secara sekaligus terjadi ketika CV Staff Accounting mendapatkan penawaran pembelian tanah dan bangunan dengan harga beli Rp 80.000.000. Jika CV Staff Accounting membeli secara terpisah akan dikenakan harga senilai Rp 50.000.000 untuk tahan dan Rp 70.000.000 untuk bangunannya. Bagaimana jurnal pembelian aset secara sekaligus?

Baca Juga: Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Jawabannya

Jurnal Pembelian Aset dalam Satu Paket

Jurnal pembelian aset dalam satu paket terdiri dari jurnal pembelian secara tunai atau kredit, jurnal penyusutan aktiva tetap dan perhitungan harga perolehan produk. Pembelian aktiva tetap secara lump sum berakibat pada berkurangnya kas perusahaan dari rekening bank atau kas kecil di periode berjalan.

Contoh soal pembelian aset tetap dalam satu paket atau lump sum akan memperkecil biaya perolehan aset. Penyusutan adalah prosedur mengalokasikan biaya perolehan sesuai periode yang ditentukan dalam pajak. Masa manfaat adalah perkiraan jumlah tahun aset mampu menyesuaikan kebutuhan dengan perusahaan.

Jurnal pembelian aset dalam satu paket sebaiknya menghindari adanya ketidaksesuaian antara pencatatan harga perolehean dengan nota pembelian. Bukti transaksi pembelian aset sebaiknya disimpan agar saat perusahaan melaksanakan proses pemeriksaan dapat diketahui sumber daya modalnya.

Nama Barang Harga Satuan Persentase Harga Paket
Tanah Rp 50.000.000 42% Rp 33.333.333
Bangunan Rp 70.000.000 58% Rp 46.666.667

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Wesel Secara Angsuran

Demikian contoh soal pembelian aset tetap dalam satu paket atau lump sum sesuai periode akuntansi. Setiap perusahaan dagang dan jasa memerlukan aktiva tetap dalam rangka membantu kegiatan operasionalnya seperti pembelian tanah dan bangunan, kendaraan bahkan peralatan kantor lainnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pembelian Aset Tetap dalam Satu Paket atau Lump Sum"