Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Mencatat Pembelian Barang dengan Cashback dan Potongan Harga

Konten [Tampil]

Jurnal mencatat pembelian barang dengan cashback dan potongan harga di shopee, tokopedia dan bukalapak adalah aktivitas perusahaan membeli barang dengan harga lebih murah daripada toko offline. Perusahaan menginginkan agar mendapatkan bahan baku dan bahan kemas lebih murah daripada biasanya.

Transaksi apa saja yang harus dicatat di jurnal pembelian adalah transaksi arus kas keluar, arus kas masuk, persediaan barang dagang, cashback dan potongan harga. Transaksi di shopee tentu tidak dikenakan pajak pertambahan nilai sehingga perusahaan tidak dapat mengkreditkan sebagai ppn masukan per masa akuntansinya.

Cashback pembelian masuk ke akun pendapatan lain-lain. Cashback penjualan masuk ke akun biaya pemasaran. Pendapatan dan biaya harus diperhitungkan secara akurat agar laporan laba rugi dapat ditentukan. Jurnal refund dana atau pengembalian dana karena kelebihan transfer ditujukan ke pemerintah.

Jurnal Mencatat Pembelian Barang dengan Cashback dan Potongan Harga

Apa itu Cashback dan Potongan Harga?

Apa itu cashback? Pengertian cashback menurut para ahli adalah pembayaran yang telah diterima oleh penjual dimana penjual akan memberikan tambahan uang tunai saat pengiriman barangnya. Cashback artinya uang yang telah dibayarkan sebagian kecil akan dikembalikan untuk dipergunakan oleh pembeli lagi.

Apa itu potongan harga? Pengertian potongan harga menurut para ahli adalah kesepakatan pembayaran tagihan dimana pembeli hanya akan membayarkan tagihan sebesar total tagihan dikurangi potongan harga. Diskon penjualan harus dimasukkan ke dalam faktur pajak keluaran agar dapat dikreditkan oleh pembelinya.

Perbedaan cashback dan potongan harga terletak pada dokumen informasi yang diserahkan kepada nasabahnya. Bukti transaksi terjadinya pemberian cashback penjualan adalah klaim biaya pemasaran. Bukti transaksi terjadinya potongan harga penjualan adalah faktur pajak keluaran yang dibuat oleh penjualnya.

Baca Juga: Jurnal Penerbitan dan Pelunasan Wesel Bayar

Contoh Soal Jurnal Pembelian Barang Secara Tunai dan Kredit

Contoh soal jurnal pembelian barang secara tunai dan kredit memungkinkan nasabah melaksanakan kebijakan akuntansi secara perpetual atau periodik. Perbedaan perpetual dan periodik terletak pada perhitungan harga pokok produksi atas barang yang telah dikeluarkan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Jurnal mencatat pembelian barang dengan cashback dan potongan harga diwajibkan untuk diteruskan sebagai pendapatan ataupun beban. Cara mencatat pembelian barang dagang dari shopee, tokopedia dan bukalapak bahkan marketplace lainnya tentu tidak mengalami adanya pemungutan pajak pertambahan nilai.

Contoh soal pembelian barang secara tunai terjadi ketika CV Staff Accounting menyepakati adanya pembelian komputer senilai Rp 24.000.000 belum termasuk PPN. Bagaimana cara mencatat pemberian cashback 5% atau diskon potongan harga Rp 1.200.000 sewaktu terjadinya pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan?

Baca Juga: Contoh Jurnal Pengembalian Uang atas Kelebihan Pembayaran

Jurnal Mencatat Pembelian Barang dengan Cashback dan Potongan Harga

Jurnal mencatat pembelian barang dengan cashback dan potongan harga akan dilakukan berdasarkan kesepakatan dengan berbagai pihak. Pemungutan ppn dapat dilakukan oleh supplier yang sudah menjadi pengusaha kena pajak. Surat ketetapan pengusaha kena pajak akan diberikan sewaktu pendaftaran npwp.

Jurnal Mencatat Pembelian Barang Secara Tunai dengan Cashback

Jurnal mencatat pembelian barang secara tunai dengan cashback diberikan dalam rangka menarik minat pelanggan untuk order kembali. Pembelian ke dua bahkan seterusnya akan diberikan penawaran diskon yang menarik terutama adanya perubahan pembelian tunai menuju ke pembelian secara kredit.

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Komputer Rp 24.000.000
PPN masukan Rp 2.640.000
Kas Rp 26.640.000
(jurnal pembelian komputer secara tunai)
14/04/2023Kas Rp 1.176.000
PPh Pasal 23 Rp 24.000
Pendapatan Lain-Lain Rp 1.200.000
(jurnal mencatat cashback pembelian barang)

Jurnal Mencatat Pembelian Barang Secara Tunai dengan Diskon

Jurnal mencatat pembelian barang secara tunai dengan diskon akan berlangsung ketika perusahaan menyepakati adanya pembuatan faktur pajak. Diskon adalah tindakan penjual mengurangi harga atas total pembayaran yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan barang yang telah dipesannya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/04/2023Komputer Rp 24.000.000
PPN Masukan Rp 2.508.000
Potongan Pembelian Rp 1.200.000
Kas Rp 25.308.000
(Jurnal mencatat Pembelian Dengan Diskon)

Baca Juga: Apa itu Invoice Uang Muka Pembelian

Demikian jurnal mencatat pembelian barang dengan cashback dan potongan harga sesuai ketentuan umum perpajakan. Tanggal invoice harus sama dengan tanggal faktur pajak untuk mengurangi resiko tidak dipungunya pajak pertambahan nilai pada periode yang sama dengan terjadinya penjualan barang tersebut.

Posting Komentar untuk "Jurnal Mencatat Pembelian Barang dengan Cashback dan Potongan Harga"