Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Nilai Piutang Dagang dan Pengakuan Jurnalnya

Konten [Tampil]

Cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal pencatatan dalam akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar membawa dampak terhadap catatan atas laporan posisi keuangan. Bagi perusahaan, keberadaan piutang akan mengurangi jumlah modal yang diatribusikan sesuai dengan jumlah arus kasnya.

Piutang diakui sebesar nilai yang dapat diperoleh dari aktivitas penagihan sesuai termin pembayarannya. Jurnal penghapusan piutang tak tertagih membawa dampak terhadap kondisi perekonomian karyawan. Setiap karyawan menginginkan memperoleh gaji dan tunjangan dalam jumlah besar dengan beban kerja sedikit.

Contoh soal piutang dagang beserta jurnal pencatatan berpengaruh terhadap kondisi keuangan setiap periode. Laporan arus kas membawa dampak terhadap kondisi perekonomian perusahaan. Jika perusahaan ingin besar, maka pelanggan dapat membantu dengan membayarkan tagihan secara tepat waktu sesuai perjanjiannya.

Cara Menghitung Nilai Piutang Dagang dan Pengakuan Jurnalnya

Bagaimana Cara Menilai Piutang Dagang

Cara menilai piutang dagang adalah memberikan kontribusi terhadap kemampuan bisnis berkaitan dengan perolehan sumber daya keuangannya. Bagi entitas, melaporkan segala sumber daya akan berdampak terhadap kemampuan berbisnis yang disesuaikan kesempatan dalam menjalankan berbagai jenis pekerjaannya.

Cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal pencatatannya harus mengalokasikan kebutuhan untuk menyelenggarakan kontribusi. Pelanggan adalah seseorang yang menginginkan barang di perusahaan agar dapat dikonsumsi atau diperdagangkan kembali dengan harga jual wajar dengan nasabahnya.

Penilaian piutang dagang harus mendapatkan informasi perihal harga jual dan pemungutan pajak pertambahan nilai. Tarif ppn yang berlaku sekarang adalah 11%. PPn hanya dapat dipungut oleh badan usaha yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak dan melaporkan segala permintaan pajak yang ada.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Saham Paralel

Pengakuan Piutang Dagang di Laporan Keuangan

Piutang dagang diakui di laporan keuangan sesuai nilai yang tercantum berdasarkan periode pencatatannya. Piutang hanya diakui sebesar nilai yang diperkirakan dapat ditagihkan sesuai dengan jenis pelanggan. Perusahaan dapat mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan kriteria yang diinginkan selama bertransaksi.

Cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal pencatatannya akan membawa dampak terhadap arus kas. Arus kas operasional dan pendanaan yang stabil memberikan peluang untuk membayarkan tagihan kepada supplier atau pemasok secara tepat waktu berdasarkan kontribusi pemasarannya.

Pengakuan piutang dagang di laporan keuangan harus dapat mengalokasikan kebutuhan nilai tagihan. Invoice jatuh tempo menandakan entitas tidak mampu membayarkan tagihan sesuai periodenya. Keterlambatan pembayaran tagihan harus diimbangi dengan hubungan kerjasama bisnis yang adil dimasa depan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Diskusi Akad Istishna

Contoh Soal Penilaian Piutang Usaha dan Jawabannya

Contoh soal penilaian piutang usaha dan jawabannya akan memberikan pedoman dasar saat membuat invoice dan faktur pajak. Tanggal invoice dan tanggal faktur pajak harus sama agar dapat mengkoreksi semua aktivitas yang berkaitan dengan tindakan perpajakan terutama saat terjadi pemeriksaan pajak oleh pemerintah.

Cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal pencatatan harus diimbangi dengan peluang peningkatkan penjualan kredit. Tujuan penjualan adalah mengubah persediaan barang jadi menjadi arus kas yang dapat digunakan melunasi tagihan kepada para pelanggan sesuai batasan waktunya.

Staff Accounting mendapatkan purchase order senilai Rp 50.000.000 dimana hasil negosiasi bahwa pelanggan diberikan termin n/30. Staff Accounting telah melakukan konfirmasi dengan departemen pemasaran dan berhasil mengirimkan barang kepada pelanggan sehingga proses pencatatan jurnal sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
08 November 2023Piutang Dagang Rp 55.500.000
Penjualan Kredit Rp 50.000.000
PPN Keluaran Rp 5.500.000

Departemen marketing memberikan bukti transaksi pelunasan piutang secara cicilan dengan nilai transfer bank sebesar Rp 40.000.000. Adapun jurnal pencatatan yang dibuat sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
14 November 2023Bank mandiri Rp 40.000.000
Piutang Dagang Rp 40.000.000

Cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal pencatatan dalam akuntansi pengantar mengalami permasalahan. Pelanggan yang membeli pesanan, tiba-tiba tidak dapat dilakukan komunikasi sehingga staff accounting akan menghapus piutang yang terjadi.

TanggalKeterangan Debit Kredit
20 November 2023Beban kerugian Piutang Rp 15.500.000
Piutang Dagang Rp 15.500.000

Lembaga keuangan dan perbankan memberikan informasi bahwa pelanggan yang menghilang tiba-tiba melunasi hutangnya secara tunai melalui transfer bank. Adapun jurnal pencatatan yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
26 November 2023Piutang Dagang Rp 15.500.000
Beban kerugian Piutang Rp 15.500.000
27 November 2023Bank mandiri Rp 15.500.000
Piutang Dagang Rp 15.500.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Peralatan Kantor dan Jawabannya

Demikian cara menghitung nilai piutang dagang dan pengakuan jurnal sesuai dengan prinsip dasar akuntansi. Beban kerugian piutang haruslah dioptimalkan agar perusahaan tidak perlu membayar terlalu banyak pajak penghasilan yang justru merugikan arus kas operasional dan pendanaannya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Nilai Piutang Dagang dan Pengakuan Jurnalnya"