Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penurunan nilai persediaan dan jawabannya merupakan bagian dari upaya staff pajak dan staff accounting menurunkan jumlah pajak penghasilannya. Pembukuan merupakan aktivitas perusahaan mencatat segala bukti transaksi yang berkaitan dengan arus kas masuk dan arus kas keluar sesuai periodenya.

Contoh soal persediaan menggunakan metode fifo, lifo, average dengan sistem perpetual dan sistem periodik layak dipertimbangkan agar arus biaya dapat ditentukan secara konsisten. Keberagaman mekanisme pencatatan harus disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan sejalan dengan bisnisnya.

Apa yang terjadi apabila dalam perhitungan persedian akhir dinyatakan terlalu rendah dan terlalu tinggi berakibat pada catatan atas laporan posisi keuangan yang perlu dibentuk. Impairment persediaan bermanfaat agar entitas dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk memberikan keputusan berbisnis.

Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dan Jawabannya

Apa itu Impairment Persediaan

Impairment persediaan merupakan proses peninjau ulang nilai aset yang dimiliki perusahaan agar sesuai dengan keadaan ekonominya. Cadangan kerugian piutang berakibat pada entitas melaksanakan koreksi fiskal sesuai dengan penghasilan kena pajak yang harus disetorkan selama waktu yang ditetapkannya.

Contoh soal penurunan nilai persediaan merupakan bagian dari prosedur publikasi data di laporan posisi keuangan. Adakalanya entitas diperkenankan melangsungkan prosedur pembuatan catatan atas laporan posisi keuangan untuk kegiatan publikasi segala aspek yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Impairment persediaan adalah prosedur yang harus dilalui ketika entitas mendapati bukti bahwa barang telah mengalami penurunan fungsi dan fisiknya. Internal control inventory perlu diciptakan agar entitas tetap menjaga prosedur keluar masuknya barang berdasarkan sistem masuk pertama keluar pertamanya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pertanyaan Diskusi Metodologi Penelitian

Tujuan Pemeriksaan Impairment dalam Audit Persediaan

Tujuan pemeriksaan impairment dalam audit persediaan adalah memastikan bahwa saldo barang yang dilaporkan di neraca saldo menunjukkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Adakalanya entitas ingin mempertahankan keberlangsungan hidupnya dengan mengeluarkan sistem informasi manajemen.

Contoh soal penurunan nilai persediaan dan jawabannya akan berakibat pada jumlah neraca saldo. Perusahaan besar akan membentuk rekening cadangan kerugian piutang untuk mencegah pelanggan yang tidak mampu membayarkan tagihan setelah invoice dan faktur pajak diterbitkan selama periode pembayarannya.

Tujuan pemeriksaan impairment dalam audit persediaan layak digunakan sebagai dasar pembukuan. Pembukuan adalah prosedur entitas menetapkan kebijakan fiskal yang berkaitan dengan siklus akuntansi. Perusahaan besar harus segera menterjemahkan keinginan saat publikasi data laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Pertanyaan Interview Staff Gudang

Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dan Jawabannya

Contoh soal penurunan nilai persediaan menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Nilai realisasi neto adalah nilai yang diharapkan perusahaan saat terjadi penjualan kepada pelanggan. Pelanggan berhak menolak barang yang tidak sesuai standar untuk menghindari kerugian saat berbisnis.

Depresiasi dan penurunan nilai properti investasi menjadi hal yang saat ditunggu oleh appraisal. Aset tidak lancar yang dimiliki untuk dijual seharusnya diberikan atas dasar suka sama suka. Saat negosiasi perusahaan berhasil, mengakibatkan entitas diwajibkan mengirimkan barang dan jasa berdasarkan tanggalnya.

CV Staff Accounting merupakan salah satu perusahaan yang memiliki barang siap jual dengan nilai perolehan Rp 42.000.000. Harga jual yang dibebankan ke pelanggan adalah Rp 64.000.000. Sementara biaya promosi sebesar Rp 24.000.000 dan biaya penyelesaian Rp 5.000.000. Tentukan rugi penurunan nilainya?

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Musyarakah

Cara Menghitung Penurunan Nilai Persediaan

Cara menghitung penurunan nilai persediaan dapat memakai program komputer akuntansi. Revaluasi aktiva tetap berakibat pada entitas diwajibkan membayarkan tagihan kepada negara dalam bentuk pph pasal 4 ayat 2. Pembayaran dapat dilakukan secara mandiri sesuai dengan periode yang dijadikan acuannya.

Cara menghitung impairment nilai persediaan harus memakai nilai realisasi neto. Program peningkatan kekayaan perusahaan diperlukan untuk menghindari konsekuensi dari pelayanan pembayaran pajak. Perpajakan menjadi faktor utama agar entitas dapat menterjemahkan kemampuan berbisnis sesuai dasarnya.

Adapun langkah-langkah menghitung penurunan nilai persediaan sebagai berikut

Harga Jual PersediaanRp64.000.000
- Biaya PenyelesaianRp5.000.000
- Biaya PenjualanRp24.000.000
Nilai Realisasi NettoRp35.000.000
Harga PerolehanRp42.000.000
Kerugian Penurunan Nilai-Rp7.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Demikian contoh soal penurunan nilai persediaan dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan. Instrumen keuangan, kas dan piutang meurpakan aset terpenting bagi entitas untuk mencegah terjadinya pemanipulasian saat proses integrasi data antar kantor cabang dan kantor pusat perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penurunan Nilai Persediaan dan Jawabannya"