Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang

Konten [Tampil]

Contoh soal analisis piutang tak tertagih berdasarkan umur piutang diperlukan karena perusahaan harus menerima pembayaran atas jasa dan barang yang diserahkan ke pelanggan. Akun piutang usaha timbul karena perusahaan melaksanakan penjualan kredit atau cicilan untuk memperoleh penghasilan bunga.

Cara menghitung analisis umur piutang tak tertagih dapat menggunakan metode penghapusan langsung atau cadangan kerugian piutang. Metode penghapusan langsung adalah tindakan perusahaan menghapus piutang yang tidak dapat ditagihkan ke pelanggan secara langsung sehingga diperkirakan mempengaruhi laporan keuangan.

Contoh perhitungan tabel analisis umur piutang tak tertagih diharuskan karena perusahaan telah mengeluarkan sejumlah biaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Bedanya kreditur dan debitur adalah pihak yang terlibat dalam transaksi hutang piutang dengan perusahaan.

Contoh Soal Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang


Akuntansi Piutang Dagang

Akuntansi piutang dagang dimulai dari pengakuan, penilaian dan pelepasan piutang pada perusahaan jasa dan dagang. Pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi hutang piutang adalah kreditur dan debitur. Wesel bayar dan wesel tagih diperlukan apabila terjadi penundaan pembayaran kewajiban di akhir periode.

Dasar yang digunakan dalam mengakui piutang dagang adalah cadangan kerugian piutang atau penghapusan piutang langsung. Pengertian piutang menurut para ahli adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan atas penggunaan jasa dan penyerahan barang di masa lalu dengan termin pembayaran kredit.

Analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih menyesuaikan kebijakan akuntansi di perusahaan. Dasar akrual adalah pengakuan transaksi yang tidak melibatkan transaksi kas masuk dan keluar yang harus dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan di akhir periode.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 21 Karyawan Dibayar Mingguan dan Harian

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih akan melibatkan akun cadangan kerugian piutang. Piutang usaha akan diakui pada laporan keuangan ketika terjadi penjualan atau penambahan manfaat ekonomis diakhir periode. Piutang usaha harus diakui berdasarkan nilai wajar ketika terjadi penyerahan.

Contoh soal dan jawaban penyisihan piutang tak tertagih dapat dihitung berdasarkan nilai kini dari kas yang akan diterima perusahaan dimasa depan. Arti termin 2/10 n/30 memiliki maksud perusahaan akan memberikan diskon kepada pelanggan yang mampu melunasi tagihan dalam waktu 10 hari sejak dikirimkannya barang tersebut.

Cara menghitung penyisihan piutang terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan piutang sebesar Rp 44.000.000 dan cadangan kerugian piutang Rp 100.000. Pada tahun berjalan, CV Staff accounting berhasil memperoleh penjualan kredit sebesar Rp 90.000.000. Adapun tabel analisis umur piutang adalah

Nama Piutang KeterlambatanResiko Piutang
Amanah Rp 9.000.000 00%
Bunga Rp 18.000.000 265%
Candra Rp 27.000.000 382%
Daniel Rp 36.000.000 505%

Baca Juga: Contoh Perhitungan Tabel Amortisasi Aktiva Tak Berwujud

Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih

Cara menghitung umur piutang tak tertagih dapat dilaksakan menyesuaikan kebutuhan akuntansi di perusahaan. Cadangan kerugian piutang tidak diperkenankan sebagai biaya yang dapat mengurangi penghasilan kena pajak kecuali perusahaan pinjaman, asuransi atau perbankan.

Analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih harus menentukan tanggal akhir atau cut-off periode. Tanggal piutang adalah tanggal dimana perusahaan menyerahkan barang atau jasa yang memiliki manfaat ekonomis kepada pelanggan dan dibuatkan faktur penjualan.

Contoh soal taksiran kerugian piutang berdasarkan analisis umur piutang dapat dilaksanakan menggunakan persentase cadangan piutang. Cara menghitung jumlah cadangan kerugian dilaksanakan menggunakan metode penghapusan langsung yaitu

Nama Piutang KeterlambatanResiko Piutang Cadangan Kerugian Piutang
Amanah Rp 9.000.000 00% Rp 0
Bunga Rp 18.000.000 265% Rp 900.000
Candra Rp 27.000.000 382% Rp 540.000
Daniel Rp 36.000.000 505% Rp 1.800.000
Total Rp 90.000.000 Rp 3.240.000
Cadangan di Laporan Posisi Keuangan-Rp 100.000
Jumlah Biaya Kerugian Piutang Tahun Berjalan Rp 3.140.000

Jurnal Analisis Umur Piutang

Jurnal analisis umur piutang dapat dibuat dengan menyesuaikan jumlah cadangan kerugian awal periode dengan kebutuhan piutang tak tertagih diakhir periode. Maka, jurnal transaksi analisis umur piutang tak tertagih yang dapat dibuat perusahaan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
03/02/2021Beban Kerugian Piutang Rp 3.140.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 3.140.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 dan 4 Kolom

Demikian contoh soal analisis umur piutang tak tertagih semoga dapat membantu menjawab pertanyaan wawancara akuntansi keuangan menengah. Cara menghitung umur piutang diperlukan karena menjadi bagian dalam mengakui kerugian piutang akhir periode.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang"