Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Firma

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan dilaksanakan dalam rangka membagikan laba ditahan yang dimiliki perusahaan kepada masing-masing sekutu. Rencana pembagian laba adalah plan tentang pendistribusian laba ditahan dari aktivitas operasional perusahaan ketika menjalankan usaha.

Pembentukan dan pembagian laba firma dapat dilaksanakan sesuai dengan akta pendirian. Contoh akta pendirian persekutuan harus memperoleh izin dari menteri hukum dan ham melalui notaris. Isi akta pendirian firma meliputi informasi modal ditanamkan, modal didistribusikan dan bagi hasil laba ditahan.

Pembagian laba firma berdasarkan perbandingan modal awal, modal rata-rata dan modal akhir diperkenankan asalkan mendapatkan persetujuan dari masing-masing sekutu. Berapa besar bagian laba yang diperoleh masing-masing sekutu menyesuaikan kedudukannya dalam firma ketika menjalankan usaha.

Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Firma


Metode Pembagian Laba Bersih Persekutuan

Metode pembagian laba bersih persekutuan dilaksanakan perusahaan agar memperoleh informasi tentang laba ditahannya. Karakteristik firma yaitu participating in partnership profit artinya sekutu akan memperoleh imbalan yang lebih besar ketika mampu berpartisipasi aktif menjalan kegiatan perusahaan.

Metode pembagian laba rugi firma harus menyesuaikan ketentuan akuntansi yang berlaku di perusahaan. Laba adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah menghasilkan pendapatan dikurangi biaya administrasi dan biaya pemasaran produk yang diperjualbelikan kepada konsumen akhir.

Bagaimana cara membagikan rugi laba persekutuan dapat menggunakan metode perbandingan modal awal, pembagian setelah bonus dan gaji bahkan persentase kesepakatan yang dihasilkan perusahaan. Perubahan anggota firma terjadi ketika adanya sekutu keluar dan sekutu masuk dalam firma tersebut.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Goodwill Sekutu Lama

Contoh Soal dan Cara Menghitung Laba Bersih Persekutuan

Contoh soal dan cara menghitung laba bersih firma harus menyesuaikan dengan akta pendirian. Setelah firma menjalankan kegiatan usahanya, sekutu dapat menambahkan kekayaan bahkan mengambil modal yang telah disetorkan. Pencatatan prive dan penambahan modal akan dilaksanakan melalui buku pembantu modal.

Pada akhir periode akuntansi, persekutuan akan menghasilkan keuntungan dan kerugian akibat kegiatan operasionalnya. Masalah pembagian laba rugi persekutuan menjadi kunci utama pendirian firma karena berakibat pada modal ditanam dan modal disetorkan masing-masing sekutu.

Cara membagi rugi laba firma dapat dilakukan berdasarkan perbandingan tertentu yang disepakati, laba dibagikan setelah pengurangan gaji, bonus dan bunga karyawan. Apabila akta pendirian firma tidak mengatur secara khusus tentang tata cara bagi laba bersih maka dibagikan sesuai persentase sama besar.

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwill dan Bonus Sekutu Baru

Bagaimana Cara Menghitung Laba Bersih dan Jurnal Akuntansi Firma

Bagaimana cara menghitung pembagian laba bersih firma dapat dilaksanakan sesuai akta pendirian. Karakteristik firma yaitu ownership of an interest in partnership berguna untuk membagikan edukasi bahwa kekayaan yang telah disetorkan di firma akan menjadi kekayaan bersama sekutu yang terlibat.

Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi firma terjadi pada firma puspitasari yang telah memperoleh laba bersih sebesar Rp 35.000.000. Laba ditahan akan dibagikan kepada sekutu dengan persentase sama. Bagaimana cara menghitung laba bersih yang diterima oleh masing-masing sekutu tersebut.

Laba yang didapatkan perusahaan = Rp 35.000.000 : Jumlah Sekutu
Laba yang didapatkan perusahaan = Rp 35.000.000 : 2
Laba yang didapatkan perusahaan = Rp 17.500.000 per sekutu

Jurnal transaksi bagi laba ditahan firma harus diselenggarakan ketika akhir periode segera setelah pembayaran gaji dan bonus. Firma akan menjalan kegiatan operasional setelah akta pendirian ditandatangani oleh pihak yang terlibat. Adapun jurnal pembagian laba rugi firmaadalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2021Laba Ditahan Rp 35.000.000
Modal Puspita Rp 17.500.000
Modal Sari Rp 17.500.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pembentukan Persekutuan Komanditer

Demikian contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi firma akuntansi keuangan lanjutan semoga dapat membantu memahami akta pendirian. Laba ditahan adalah keuntungan yang tidak dibagikan karena digunakan meningkatkan kegiatan operasional perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Firma"