Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri merupakan salah satu cara agar perusahaan memperoleh kekayaan yang digunakan proses produksi. Aset tetap adalah kekayaan perusahaan yang memiliki usia lebih dari satu periode akuntansi dan memiliki harga yang material dalam laporan posisi keuangan.

Contoh soal dan jawaban penentuan biaya perolehan aktiva tetap berkaitan dengan metode pembayaran pesanan yang dilakukan entitas. Masalah khusus dalam penentuan harga perolehan terjadi ketika perusahaan membeli aktiva dalam satu paket, menggunakan wesel berbunga dan membangun sendiri

Penentuan biaya perolehan aktiva tetap terjadi ketika perusahaan membayar tagihan, biaya pengangkutan dan pemasangan mesin untuk siap dipergunakan. Apabila aset tetap tidak didapatkan menggunakan kas dan setara kas maka perusahaan harus mengukur nilai wajar berdasarkan harga pasar yang berlaku.



Pengertian Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah sumber daya yang digunakan untuk menjalankan kegiatan utama dan memiliki wujud fisik serta tidak akan diperjualbelikan dalam waktu singkat. Laporan laba rugi berisikan informasi tentang biaya pemeliharan dan biaya depresiasi setiap bulannya.

Definisi aktiva tetap menurut para ahli merupakan bentuk kekayaan yang digunakan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional yang berlaku. Biaya perolehan aset tetap diperhitungkan dari seluruh pengeluaran perusahaan ketika mempersiapkan aktiva sampai siap digunakan produksi.

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah investasi yang dilakukan perusahaan untuk kegiatan operasional dimana nilai aset akan lebih tinggi daripada aktiva lainnya dilaporan posisi keuangan. Materialitas adalah kondisi dimana salah satu laporan keuangan memiliki nilai yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

Baca Juga: Contoh Kasus PPn Masukan dan PPn Keluaran

Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri merupakan salah satu langkah penentuan biaya perolehan dan umur manfaat. Kapan aktiva tetap dihitung penggunaannya? umur manfaat akan diperhitungkan setelah aktiva dapat digunakan proses produksi. Alangkah baiknya perusahaan mengikuti aturan perpajakan.

Contoh soal dan jawaban aset tetap dibangun sendiri memiliki perbedaan dengan harga pasar. Perusahaan tidak diperkenankan mengakui selisih keuntungan dan kerugian dari adanya transaksi pembangunan aset. Hal ini akan mempengaruhi kewajaran laporan posisi keuangan yang diterbitkan.

Perusahaan dapat membuat sendiri aktiva tetapnya tetapi akan dikenakan pajak membangun sendiri yang dilaporkan bersamaan dengan pajak pertambahan nilai. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya depresiasi entitas setiap periodenya adalah biaya perolehan dan umur manfaat.

Baca Juga: Jurnal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Jurnal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Jurnal aktiva tetap dibangun sendiri memerlukan penyetorkan pajak pertambahan nilai karena adanya manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan. Pajak membangun sendiri harus disetorkan paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya dan dilaporkan bersamaan dengan spt masa ppn bulan tersebut.

Contoh kasus aktiva tetap dibangun sendiri terjadi pada CV Staff Accounting yang dibangun dengan biaya material sebesar Rp 159.000.000 dan pekerja sebesar Rp 785.000.000. Berapakan biaya perolehan yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan periode tersebut.

Cara menghitung biaya perolehan aktiva tetap adalah menghitung seluruh pengeluaran perusahaan untuk mempersiapkan aset tersebut. Maka, didapatkan perhitungan sebesar Rp 944.000.000 (Rp 785.000.000 + Rp 159.000.000). Adapun tarif pajak membangun sendiri adalah 2%. 

Adapun jurnal aktiva tetap dibangun sendiri sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
08/02/2021Material Bangunan Rp 159.000.000
Biaya Tenaga Kerja Rp 785.000.000
Kas Rp 944.000.000
Aktiva Tetap Rp 944.000.000
Biaya Pajak Membangun Sendiri Rp 18.880.000
Material Bangunan Rp 159.000.000
Tenaga Kerja Rp 785.000.000
Kas Rp 18.880.000

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Unit Produksi

Demikian contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri dan jawabannya semoga dapat membantu mengerjakan soal akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Perusahaan tidak diperkenankan mengakui keuntungan dari harga ketika membelinya dipasar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri dan Jawabannya"