Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban PPn Masukan dan PPn Keluaran

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban ppn masukan dan ppn keluaran menjadi tanggungjawab dari pengusaha kena pajak untuk memungut pajak pertambahan nilai atas barang yang diserahkan kepada pembeli. Vat in dan Vat out dalam akuntansi diartikan sebagai faktur pajak yang telah didapatkan dan dikeluarkan perusahaan.

Contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran harus segera dilaporkan maksimal akhir bulan selanjutnya. Keterlambatan pelaporan pajak pertambahan nilai akan dikenakan sanksi administrasi sebesar 2% dari dasar pengenaan pajak dan denda tidak melaporkan surat pemberitahunan pajak masa perusahaan.

Soal dan jawaban ppn dan ppnbm dapat berupa pilihan ganda dan soal essay yang digunakan untuk ujian tengah semester atau ujian akhir semester. PPn masukan dan ppn keluaran dalam laporan keuangan tidak nampak karena perusahaan akan melaporkan per bulan setiap faktur pajak yang telah diterbitkannya.

Contoh Soal dan Jawaban PPn Masukan dan PPn Keluaran


Vat-in dan Vat-out dalam Akuntansi

Vat-in dalam akuntansi berarti setiap pembelian barang oleh perusahaan yang telah dipotongkan pajak pertambahan nilai. Perusahaan akan menerima faktur pajak masukan yang dapat digunakan sebagai kredit pajak untuk setiap kali melaporkan e-fakturnya. Batas maksimal faktur pajak dapat digunakan adalah 3 bulan.

Vat-out dalam akuntansi berarti setiap penjualan barang kepada pelanggan yang terutang pajak pertambahan nilai. Perusahaan harus memotong setiap jasa kena pajak dan barang kena pajak yang telah diserahkan sesuai periode dimana entitas menyerahkan objek pajak tersebut.

Vat-in dan vat-out dalam akuntansi digunakan sebagai dasar memotong setiap keuntungan ekonomis yang didapatkan dari rantai pasokan. PPn masukan dan ppn keluaran dalam laporan keuangan seharusnya digunakan sebagai meminta nomor seri faktur pajak melalui aplikasi e-nofa.

Baca Juga: Contoh Kasus PPh Pasal 21 Upah Harian dan Mingguan

Apakah Tanggal Invoice dan Faktur Pajak Harus Sama

Tanggal invoice dan faktur pajak yang diterbitkan oleh perusahaan haruslah sama untuk menghindari adanya kerancuan pencatatan digudang masing-masing pembeli dan penjual. Pemberian nomor seri faktur pajak harus didasarkan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh direktorat jendral pajak.

Apakah tanggal invoice, faktur pajak dan surat jalan harus sama? jawabannya iya. Hal ini berkaitan dengan waktu terutangnya pajak pertambahan nilai yang dipotongkan perusahaan. Adakalanya nomor seri faktur pajak tidak dapat diupload atau di approve karena keterlambatan pelaporan spt masa bulanan.

Surat jalan adalah informasi barang yang dikirimkan dari gudang penjual ke gudang pembeli. Penyerahan barang tersebut sudah memasuki waktu terutangnya pajak pertambahan nilai. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat faktur pajak dan invoice tagihan sesuai tanggal yang tertera dalam surat jalannya.

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Sewa Tanah dan Bangunan

Contoh Soal PPn dan PPnbm (Pilihan Ganda dan Essay)

Contoh soal ppn dan ppnbm muncul sebagai pertimbangan atas keuntungan ekonomis setiap kali penyerahan barang dirantai pasokan distributor. Ppn atau pajak pertambahan nilai memiliki tarif sebesar 10% dari dasar pengenaan pajak. PPn disebut juga Vat atau value add tax.

Contoh soal pilihan ganda dan essay ppn dan ppnbm beserta jawabannya terjadi pada CV Staff Accounting yang menerbitkan faktur pajak sebesar Rp 5.600.000. Pembelian barang selama satu periode sebesar Rp 1.560.000. Jurnal pajak masukan dan pajak keluaran dalam laporan keuangan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2021Persediaan Rp 1.650.000
PPN masukan Rp 165.000
Kas Rp 1.815.000
(Jurnal Pembelian Barang Dagang)
16/09/2021Kas Rp 6.160.000
Penjualan Rp 5.600.000
PPN Keluaran Rp 560.000
HPP Rp 1.650.000
Persediaan Rp 1.650.000
(Jurnal Penjualan Barang Dagang Metode Perpetual)

Jurnal pembayaran pajak pertambahan nilai harus dilaksanakan sebelum akhir bulan selanjutnya. Bagi perusahaan yang telat membayarkan pajak akan didenda sesuai sanksi administrasi. Adapun jurnal ppn masukan dan ppn keluaran yang harus disetorkan ke kas negara adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/09/2021PPN Keluaran Rp 560.000
PPN Masukan Rp 165.000
Kas Rp 395.000
(Jurnal Membayarkan SPT Masa atau E-faktur)

Baca Juga: Jurnal Retur dan Potongan Penjualan Kredit

Demikian contoh soal dan jawaban ppn masukan dan ppn keluaran berupa pilihan ganda dan soal essay semoga dapat membantu membayarkan tagihan atas tambahan manfaat ekonomis dari penyerahan barang. Jurnal ppn kurang bayar dan ppn lebih bayar akan berguna setiap periode yang dilaluinya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban PPn Masukan dan PPn Keluaran"