Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Tunai dan Kredit

Konten [Tampil]

Contoh soal retur penjualan dan potongan penjualan tunai dan kredit akan berpengaruh terhadap pajak pertambahan nilai yang harus dibayarkan perusahaan. Pengembalian barang dagang dari pembeli disebut retur pembelian dan penjualan yang diakibatkan dari adanya ketidaksesuaian pesanan yang diberikan penjual.

Jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi retur pembelian dan penjualan adalah akun kontra dari pembelian dan penjualan. Penjualan bersih didapatkan dari penjualan kotor ditambahkan harga pokok penjualan. Biaya pokok penjualan berasal dari seluruh pengeluaran perusahaan untuk menciptakan transaksi jualbeli.

Retur pembelian dan penjualan biasanya terjadi karena adanya produk yang dikirimkan tidak sesuai kualitas dan kuantitas yang diminta pembeli. Potongan penjualan akan diberikan oleh perusahaan ketika pembeli memenuhi persyaratan yang dikehendaki manajer kredit sesuai sistem pengendalian internalnya.

https://www.staffaccounting.my.id/2021/05/contoh-soal-pengiriman-barang-dagang-cabang.html


Apa itu Retur Penjualan

Retur penjualan adalah transaksi pengembalian barang yang telah dikirimkan penjual karena tidak sesuai spesifikasi yang diminta pembeli. Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran kas dari berbagai macam pengeluaran yaitu jurnal umum untuk transaksi perusahaan dagang dan jasa.

Potongan penjualan dan retur penjualan akan mengurangi tagihan kepada pelanggan. Bagi perusahaan yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak akan memberikan faktur pajak sebagai bukti pemotongan. Akun yang digunakan untuk mencatat biaya transportasi barang dari produsen yaitu akun beban kirim barang.

Retur penjualan dan potongan penjualan merupakan akun nominal sehingga hanya berpengaruh terhadap laporan keuangan tahun berjalan. Pencatatan retur penjualan menggunakan metode perpetual dan metode periodik harus diterangkan dalam catatan atas laporan posisi keuangan yang diterbitkan perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Pertambahan Nilai melalui E-faktur

Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Kredit

Contoh soal retur dan potongan penjualan kredit terjadi karena perusahaan telah menyerahkan barang tetapi pembayarannya dilaksanakan kemudian hari. Jurnal khusus yang dipakai untuk mencatat pembelian barang dagan secara kredit adalah pembelian dan hutang dagang sebagai liabilitas jangka pendek.

Contoh soal dan jawaban retur penjualan akan mengakibatkan berkurangnya tagihan kepada pembeli. Potongan penjualan akan mengurangi jumlah invoice dan pajak pertambahan nilai yang dipotongkan dari transaksi penjualan. Faktur pajak akan diberikan sebagai bukti potong ppn masa terjadinya transaksi.

Contoh kasus penjualan kredit terjadi pada CV Staff Accounting yang memperoleh penghasilan sebesar Rp 97.200.000. Pembeli mengajukan retur penjualan karena kelebihan pengiriman pesanan sebesar 5%. Bagaimana cara membuat jurnal retur penjualan dan pembelian atas transaksi tersebut?

Baca Juga: Alasan Pembeli Melalukan Retur Barang Dagang

Jurnal Retur dan Diskon Penjualan Barang Dagang

Jurnal retur dan diskon penjualan barang dagang dapat dilaksanakan setelah penjual menerima kembali barang tersebut. Sistem pengendalian internal harus dapat mencegah kecurangan seperti tidak diterimanya barang tetapi tagihan sudah dikurangkan dari seharusnya yang dibayarkan pembeli.

Jurnal adalah metode mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara sistematis sesuai periode terjadinya transaksi. Setelah proses jurnal berlangsung, maka perusahaan harus melakukan posting ke buku besar. Buku besar terdiri dari buku besar pembantu hutang, piutang dan persediaan barang dagang.

Retur pembelian atau penjualan biasanya terjadi karena adanya kesalahan produksi baik kemasan atau isi barang. Bagi pembeli, barang yang tidak sesuai spesifikasi akan mengakibatkan penurunan omzetnya. Jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan adalah jurnal?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2021Kas Rp 106.920.000
Penjualan Rp    97.200.000
PPN Rp 9.720.000
(Jurnal Mencatat Transaksi Penjualan)
16/06/2021Retur Penjualan Rp 4.860.000
PPN Rp 486.000
Kas Rp 5.346.000
(Jurnal mencatat Transaksi Retur Penjualan)

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal retur dan potongan penjualan tunai dan kredit perusahaan dagang dan jasa. Alasan perusahaan melakukan pengembalian barang atau penarikan barang harus dijelaskan dalam catatan atas laporan posisi keuangan yang dimiliki perusahaan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Retur dan Potongan Penjualan Tunai dan Kredit"