Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas harus dilakukan karena menjadi akun laporan keuangan yang memiliki sifat likuid dan mudah disalahgunakan. Kasus pemeriksaan kas dan setara kas berkaitan dengan penggunaan kas kecil dan rekening koran atau rekening bank untuk penerimaan dan pembayaran tagihan.

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya dilaksanakan karena perusahaan menggunakannya untuk melaksanakan kegiatan penerimaan dan pembayaran tagihan. Sistem pengendalian internal kas harus dapat mencegah kemungkinan terjadinya kecurangan atau penyelewengan penggunaan dana kas perusahaan.

Tujuann dan prosedur pemeriksaan kas dan setara kas dilakukan untuk menghasilkan sistem pengendalian internal yang baik. Kas terdiri dari kas kecil atau patty cash dan rekening giro bank atau demand deposit. Setara kas adalah investasi jangka pendek yang bersifat likuid sehingga perusahaan dapat mencairkannya.



Pengertian Kas dan Setara Kas

Pengertian kas dan setara kas merupakan kekayaan perusahaan yang siap digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan. Kas menjadi kekayaan perusahaan yang bersifat likuid dan mudah untuk diselewengkan penggunaannya untuk membayarkan transaksi yang tidak seharusnya ditanggung perusahaan.

Sistem penerimaan kas dari penjualan tunai dan kredit harus melalui otorisasi pejabat berwenang. Penjualan tunai adalah transaksi jualbeli perusahaan dimana penerimaan kas akan dilaksanakan bersamaan dengan pembayaran tagihan yang dilakukan oleh pembeli atau pelanggan perusahaan.

Perusahaan dapat memiliki bank overdraft yaitu peristiwa dimana jumlah cek yang ditarik melebihi saldo giro yang dimiliki perusahaan. Keberadaan kas dalam perusahaan sangat penting karena tanpa adanya kas maka perusahaan tidak dapat membayarkan transaksi untuk melaksanakan produksi.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Umur Piutang Usaha

Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus diterapkan untuk mencegah terjadinya penggunaan dana perusahaan untuk membayarkan tagihan yang sudah dibayar. Penerimaan kas dari pembayaran tagihan melibatkan fungsi penjualan, kas, gudang, pengiriman barang bahkan akuntansi.

Tujuan pemeriksaan kas dan setara kas adalah memastikan bahwa kas yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan memiliki ketepatan penggunaan, penerimaan dan pembayarannya berdasarkan transaksi yang sebenarnya terjadi serta dicatat pada periode penggunaannya yang sesuai.

Internal control kas dan setara kas menjadi pertanggungjawaban akuntan ketika mengeluarkan kas dan setara kas untuk pembayaran tagihan. Kas kecil adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk membayarkan tagihan bernominal kecil dimana entitas tidak mungkin menggunakan cek untuk metode pembayarannya.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 Kolom

Contoh Kasus Audit Kas dan Setara Kas

Contoh kasus audit kas dan penyelesaiannya melibatkan prosedur penerimaan kas dan pengeluaran kas. Apa saja akun yang termasuk setara kas yaitu seluruh investasi perusahaan yang bersifat likuid dan berjangka pendek seperti giro, tabungan bank bahkan bank overdraft untuk pembayaran tagihannya.

Contoh kasus audit kas dan setara kas terjadi pada CV Staff Accounting yang menggunakan metode imprest dalam mengelola dana kas kecil. Kas kecil dalam laporan keuangan dilaporkan sebesar Rp 9.000.000. Adapun rincian cash opname yang dilakukan akuntan publik sebagai berikut:

Nominal Jumlah Total
Rp    100 68 Rp 6.800
Rp    200 60 Rp 12.000
Rp    500 70 Rp 35.000
Rp    1.000 69 Rp 69.000
Rp    2.000 28 Rp 56.000
Rp    5.000 53 Rp 265.000
Rp    10.000 95 Rp 950.000
Rp    20.000 65 Rp 1.300.000
Rp    50.000 80 Rp 4.000.000
Rp    100.000 15 Rp 1.500.000
Rp 8.193.800

Prosedur audit apa yang harus dilakukan untuk akun kas tentu dilaksanakan setelah proses complaint test and subtantive test Kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas harus diisi oleh akuntan publik sebagai dasar dalam pemeriksaan yang dilakukan. Jurnal audit atau penyesuaian transaksi kas sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Biaya Macam-Macam Rp 806.200
Kas Kecil Rp 806.200

Baca Juga: Perbedaan Substantive Test dan Compliance Test

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas semoga dapat membantu menjawab pertanyaan pemerikaan kas kecil. Penerimaan kas dan pengeluaran kas sebaiknya dibuatkan sistem pengendalian internal untuk mencegah kecurangan penggunaan dana perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas"