Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Konten [Tampil]

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel akuntansi pengantar dan liabilitas jangka pendek. Wesel terdiri dari wesel berbunga dan wesel tanpa bunga. Wesel tagih termasuk akun aktiva pada bagian piutang jangka pendek. Nilai nominal wesel harus dicantumkan dan ditandatangani pihak terutang.

Contoh soal pendiskontoan wesel bayar dan wesel tagih dan pembahasannya dilangsungkan karena akan berdampak pada laporan posisi keuangan. Piutang wesel kurang dari satu tahun diberlakukan sebagai aktiva jangka pendek yang dilaporkan bersamaan dengan kas dan setara kas periode tersebut.

Perbedaan piutang, wesel tagih dan wesel bayar berkaitan dengan pos laporan posisi keuangan. Laporan keuangan disusun berdasarkan tingkat likuid atau mudah dicairkan tanpa mengurangi nilai. Apa saja kegiatan yang dapat menimbulkan piutang wesel tentu berkaitan jualbeli dengan lawan transaksi.

Bagaimana Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel


Kapan Piutang Wesel Diakui?

Kapan piutang wesel diakui yaitu pada saat terjadinya penjualan kredit, penyerahan aktiva sejenis dan pinjaman uang. Piutang wesel adalah kekayaan perusahaan yang ditunda penyerahannya karena adanya kemungkinan perpanjangan masa pelunasan hutang setelah jatuh tempo tagihan perusahaan.

Pengakuan piutang wesel dan bunga wesel akan dilakukan setelah berakhirnya tingkat bunga per tahun. Tingkat bunga wesel akan diperhitungkan sebagai pendapatan bunga dan biaya bunga yang harus dibayarkan atas keterlambatan pembayaran tagihan yang telah dilakukan perusahaan.

Penentuan tanggal jatuh tempo wesel bayar dan wesel tagih bergantung pada penerbitan wesel tagih. Tanggal penarikan wesel tagih tidak ikut dihitung sebagai penambah bunga yang diperoleh tetapi tanggal jatuh tempo akan dihitung sebagi penambah bunga atas wesel yang telah diterbitkan entitas.

Baca Juga: Contoh Analisis Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya harus mengikuti ketentuan pernyataan standar akuntansi keuangan yang telah diterbitkan entitas. Perusahaan harus menerapkan kebijakan akuntansi secara konsisten dan prinsip keberlangsungan usaha agar dapat mengajukan pinjaman ke perbankan.

Contoh soal utang wesel berbunga dan jawabannya harus menyesuaikan masa berakhirnya wesel yang diterbitkan. Rumus menghitung tingkat bunga wesel yang harus dibayarkan oleh lawan transaksi sebagai berikut:

Bunga = Nilai nominal wesel x Tingkat Bunga per Tahun x Jangka Waktu

Contoh kasus perhitungan bunga wesel tagih terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima pelunasan wesel sebesar Rp 42.000.000. Penerbitan wesel tanggal 17 Juni 2021 dengan masa 90 hari dan tingkat bunga per tahun sebesar 12%. Kapan jatuh tempo wesel tagih yang diterbitkan?

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Secara Lump-Sum

Rumus Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Rumus menghitung tanggal jatuh tempo wesel tagih bergantung masa yang dicantumkan pada surat wesel. Jangka waktu wesel dapat dinyatakan dalam satuan hari, bulan dan tahun. Tanggal penarikan wesel tagih tidak dapat diakui sebagai penambah pendapatan bunga wesel dari konsep nilai waktu dan uang.

Bagaimana cara menghitung bunga wesel dan masa jatuh tempo bergantung pada surat yang telah ditandatangani penerbit. Pendiskontoan wesel tagih dapat dilakukan karena entitas memerlukan uang lebih cepat daripada menunggu pendapatan bunga. Wesel tagih termasuk akun aktiva dalam laporan keuangan.

Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dilaksanakan dengan menerbitkan piutang wesel. Apabila jangka waktu wesel dinyatakan dalam satuan hari maka perhitungan masa jatuh tempo akan lebih tepat. Adapun contoh perhitungan masa pembayaran yang harus dilaksanakan sebagai berikut:

Baca Juga: Contoh Kasus Pendiskontoan Wesel Tagih

Demikian contoh soal wesel bunga dan pembahasannya semoga dapat menentukan tanggal jatuh tempo dan bunga yang harus dibayarkan kepada nasabah. Materi liabilitas jangka pendek terdiri dari hutang wesel, hutang gaji dan hutang pajak penghasilan yang harus disetorkan pada bulan berikutnya..

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel"