Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Metode Goodwill dan Bonus Pembentukan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban metode goodwill dan bonus pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan berperan untuk menentukan laporan posisi keuangan awal ketika masuknya anggota sekutu. Persekutuan disebut firma karena adanya sekumpulan orang yang bekerjasama untuk membentuk kegiatan bisnis.

Perbedaan metode bonus dan goodwill dalam pembentukan persekutuan berkaitan dengan setoran modal awal masing-masing sekutu. Masuknya anggota sekutu dapat dilakukan ketika mendirikan perusahaan baru, mengubah pemilikan perusahaan perseorangan yang sudah ada menggunakan buku baru atau buku lama.

Apa yang menyebabkan anggota lama keluar memperoleh goodwill atau bonus karena dedikasinya untuk perusahaan tersebut. Sekutu akan memperoleh gaji dan tunjangan bergantung kebijakan pembagian laba rugi persekutuan diakhir periode. Mutasi modal sekutu dan biaya gaji akan dicatat untuk melaporkan kinerja keuangan,

Contoh Soal Metode Goodwill dan Bonus Pembentukan Persekutuan

Apa yang Dimaksud Metode Bonus dan Metode Goodwill

Apa yang dimaksud metode bonus dan metode goodwill dalam pembentukan persekutuan baru dapat dilakukan dengan setoran modal kas dan setara kas. Persekutuan terbentuk karena adanya kesamaan bisnis dan peluang untuk diversifikasi produk yang dapat dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Metode bonus dalam pembentukan persekutuan berarti modal sekutu yang disetorkan berupa aktiva kas dan aktiva non kas akan diakui lebih kecil daripada jumlah setorannya. Kenapa disebut metode bonus? karena sekutu memberikan bonus kepada sekutu lama atas kemampuan lebih yang dimilikinya kepada perusahaan.

Metode goodwill dalam pembentukan persekutuan berarti modal sekutu yang disetorkan akan dicatat sama tetapi kelebihan kemampuan seorang sekutu akan dianggap sebagai goodwill. Kelebihan yang dimiliki sekutu dapat berupa nama yang terkenal, keahlian dan pengaruhnya terhadap ide bisnis yang berkembang.

Baca Juga: Contoh Kasus Likuidasi Persekutuan dan Jawabannya

Contoh Pembentukan Persekutuan Metode Goodwill

Contoh pembentukan persekutuan metode goodwill akan mencatat jumlah setoran awal sesuai dengan modal yang diberikan sekutu. Sekutu yang menyetorkan kas dan setara kas tanpa memiliki kelebihan akan dicatat sesuai dengan nilai wajar atau harga pasar atas kekayaan yang telah disetorkan ke firma.

Metode goodwill dan metode bonus dalam perubahan pemilikan firma berguna sebagai alat memberikan kelebihan atas investasi yang dilakukan. Penyertaan modal dalam persekutuan dapat terjadi dengan sekutu yang sudah memiliki usaha atau membangun usaha baru dengan buku baru.

Contoh soal dan jawaban metode goodwill terjadi pada Firma Staff Accounting yang didirikan oleh tuan ali, bambang dan candra. Masing-masing sekutu akan menyetorkan kas senilai Rp 12.000.000, Rp 12.500.000 dan Rp 10.000.000. Jumlah modal awal yang diberikan kepada masing-masing sekutu adalah Rp 12.500.000.

Jurnal metode goodwill dalam pembentukan persekutuan atau firma akan berpengaruh terhadap pembagian laba rugi persekutuan. Apabila sekutu menyetorkan aktiva non kas maka aktiva non kas akan dinilai berdasarkan nilai wajar. Adapun jurnal pembentukan persekutuan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/12/2021Kas Rp 34.500.000
Goodwill Rp 3.000.000
Modal Ali Rp 12.500.000
Modal Bambang Rp 12.500.000
Modal Candra Rp 12.500.000

Baca Juga: Karakteristik Persekutuan atau Firma

Contoh Soal Metode Bonus Pembentukan Persekutuan

Contoh soal metode bonus dalam pembentukan dan pembubaran persekutuan wajib dilakukan terutama bagi sekutu yang tidak memberikan kelebihan bagi entitas. Kemampuan lebih yang dimiliki sekutu dalam metode bonus akan mengurangi jumlah setoran modal awal yang disetorkan sekutu lainnya.

Masuknya anggota sekutu baru dalam firma akan mengubah akta pendirian. Karakteristik firma yang memiliki usia terbatas disebut limited life. Hal ini dikarenakan firma akan dibubarkan ketika adanya perubahan komposisi sekutu baik dalam modal disetorkan atau nama sekutu yang bertanggungjawab.

Contoh soal dan jawaban metode bonus dan metode goodwill pembentukan persekutuan akan melibatkan pencatatan penerimaan kas dan setara kas. Sekutu yang menyetorkan kas tanpa memiliki kemampuan lebih modal yang dimilikinya akan dicatat kurang dari setoran. Adapun pencatatannya yakni:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/12/2021Kas Rp 34.500.000
Modal Bambang Rp 1.000.000
Modal Ali Rp 500.000
Modal Ali Rp 12.000.000
Modal Bambang Rp 12.500.000
Modal Candra Rp 10.000.000
Modal Candra Rp 1.500.000

Baca Juga: Contoh Kasus Penggabungan Usaha Metode Pooling of Interest

Demikian contoh soal metode goodwill dan bonus pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Persekutuan adalah proses kerjasama untuk menjalankan kegiatan operasional yang memiliki usia terbatas dan firma akan dibubarkan ketika adanya perubahan akta pendiriannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Metode Goodwill dan Bonus Pembentukan Persekutuan"