Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kode Akun Akuntansi dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Cara membuat kode akun dalam akuntansi keuangan diperlukan untuk membedakan antara akun nominal dan akun riil. Pengertian akun dalam laporan posisi keuangan adalah pencatatan individual tentang penambahan dan pengurangan aset, liabilitas dan modal yang dimiliki para investor perusahaan.

Daftar nama akun akuntansi lengkap berkaitan dengan akun nominal dan akun riil. Pengertian akun nominal adalah pos laporan keuangan dimana entitas akan menghitungkan seluruh pendapatan dan biaya periode berjalan agar dapat mengalokasikan seluruh kondisi keuangan selama periode berjalan.

Langkah-langkah untuk membuat chart of account dalam akuntansi keuangan diawali dengan membedakan antara harta, liabilitas, ekuitas, revenue bahkan expance. Manfaat dan tujuan dari klasifikasi kode akun laporan keuangan berkaitan informasi kinerja keuangan dan total modal yang disetorkan di perusahaan.

Cara Membuat Kode Akun Akuntansi dan Contoh Soal

Contoh Chart of Account Perusahaan Manufaktur, Jasa dan Dagang

Contoh chart of account perusahaan manufaktur, jasa dan dagang dipergunakan sebagai alat pertanggungjawaban penggunaan kas masuk dan kas keluar perusahaan. Sistem pengendalian internal harus dapat mencegah terjadinya penggunaan sumber daya modal tanpa otorisasi dari pejabat yang berwenang.

Jelaskan apa yang dimaksud daftar akun (Chart of Account) adalah list informasi tentang akun yang dipergunakan mencatat transaksi penambahan dan pengurangan suatu aktiva, liabilitas dan modal selama periode berjalan. Nomor akun peralatan, kas, perlengkapan, piutang dagang bahkan aset tetap harus dipublikasikan.

Contoh chart of account perusahaan jasa, dagang dan manufaktur akan dipergunakan sebagai alat pelaporan spt tahunan badan. Jelaskan makna dari tiap digit kode akun akuntansi keuangan memiliki informasi tentang jenis aktiva seperti aktiva tetap dan aktiva lancar, liabilitas jangka pendek dan jangka panjang.

Baca Juga: Sifat-sifat Akun Riil dan Nominal Serta Saldo Normal Akun Transaksi

Cara Membuat Chart of Account Laporan Keuangan

Cara membuat chart of account laporan keuangan harus mempertimbangkan persamaan dasar akuntansi. Pengertian sistem pembukuan berpasangan adalah pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan berlapis agar didapatkan informasi akurat tentang kinerja keuangan atas modal yang diberikan.

Jelaskan makna dari tiap digit kode akun berguna untuk mengklasifikasi dan menggolongkan sebuah aktiva, liabilitas dan ekuitas selama tahun berjalan. Fungsi kode akun adalah memisahkan antara akun nominal dan akun riil dalam membuat catatan atas laporan posisi keuangan tahun berjalan.

Hubungan akun riil dengan neraca keuangan adalah penggunaan akun riil akan diteruskan sampai kondisi dimana perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan. Akun laba rugi disebut akun nominal karena pelaporan dalam suatu periode hanya akan dilakukan pada periode berjalan tanpa mempertimbangkan kondisi keuangannya.

Langkah-langkah membuat daftar akun atau kode akun akuntansi keuangan sebagai berikut:

  1. Klasifikasikan transaksi ke dalam kategori aktiva, liabilitas, ekuitas, expance dan revenue.
  2. Apabila dapat diklasifikasikan maka akuntan dapat mengkategorikan berdasarkan jenis aktiva seperti aktiva lancar atau aktiva tetap.
  3. Contohnya kode kas adalah 101 yang berarti 1 adalah kode aktiva, 0 adalah kode aktiva lancar dan 1 adalah nomor urut akun transaksi.

Baca Juga: Pengertian Sistem Pembukuan Berpasangan (Double Entry System)

Contoh Soal Makna Tiap Digit Kode Akun Akuntansi

Jelaskan makna dari tiap digit kode akun akuntansi akan berpengaruh terhadap sistem pembukuan berpasangan yang dilakukan. Tujuan penggunaan akun adalah mencatat data transaksi yang menjadi dasar dalam penyusunan laporan posisi keuangan sesuai dengan kegiatan operasional perusahaan.

Contoh soal pembuatan kode akun atau chart of account transaksi keuangan akan dipergunakan ketika melakukan posting ke buku besar. Bedanya akun nominal dan akun riil dalam pelaporan keuangan adalah digunakannya akun keuangan periode berjalan atau dilanjutkan penggunaannya periode mendatang.

Langkah-langkah membuat kode akun transaksi keuangan terjadi pada CV Staff Accounting yang akan mengkategorikan piutang usaha dan hutang bank. Akuntan harus dapat mengklasifikasi jenis-jenis aktiva dan liabilitas. Maka didapatkan kode 102 untuk piutang usaha dan kode 202 untuk hutang bank.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Demikian cara membuat kode akun akuntansi dan contoh soal pengkategorian atau pengklasifikasian aktiva, liabilitas dan ekuitas. Kelompok akun dalam akuntansi akan dicantumkan dalam ledger atau buku besar. Posting ke buku besar adalah proses memindahkan seluruh catatan jurnal umum ke buku besar.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kode Akun Akuntansi dan Contoh Soal"