Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur dan Setting Preference di Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara mengatur dan setting preference di myob accounting diperlukan sebagai sarana memudahkan dalam memasukkan invoice dan faktur pajak agar tidak terjadi double entry. Langkah-langkah memberikan password pada database myob dilakukan untuk menghindari adanya pengguna yang tidak terotorisasi.

Langkah-langah mengatur preference myob berguna untuk melaksanakan tindakan pencegahan terjadinya kecurangan. Dalam membuat akun piutang yang harus dipilih pada kotak akun type adalah account activa. Proses mengatur pembelian dan penjualan hendaknya disesuaikan dengan standar akuntansi yang berlaku.

Proses setting preferance dapat dilakukan tindakan linked account, tax code, informasi dasar perusahaan dan pengguna yang dapat mengakses aplikasi myob. Setting termin pembayaran sales dan purchase order dilakukan dengan ketentuan seperti 2/10, n/30 yang artinya diperoleh diskon sebesar 2 ketika melunasi dalam jangka waktu 10 hari.

Manfaat dan Tujuan Setup Preference Myob

Manfaat dan tujuan setup preference myob tentunya mempermudah seseorang dalam mengalokasikan seluruh kekayaan agar terhindar dari manipulasi data keuangan. Tujuan setting preference adalah mencegah adanya transaksi ganda pada invoice dan purchase order sehingga pembayarannya hanya dilakukan sekali saja.

Bolehkan linked account dilakukan pada saat input transaksi tentunya diperbolehkan terutama akun-akun yang jarang digunakan seperti biaya depresiasi aktiva tetap. Akun default yang terdapat pada program myob diantaranya banking account, sales account dan purchase order account seperti transaksi yang sering terjadi di perusahaan

Manfaat setting preferance di myob adalah:

  • Mencegah transaksi invoice dan purchase order double.
  • Mencegah adanya pengajuan kredit penjualan dan pembelian melebihi transaksi yang berlaku.
  • Mencegah terjadinya outstanding penjualan yang harus dibayarkan pelanggan.
  • Membuat password dan username

Baca Juga: Cara Membuat Username dan Password di Myob

Cara Setting Linked Account di Myob

Cara setting linked account di myob merupakan tindakan pengguna mengubah seluruh pengaturan dasar tentang laporan keuangan seperti laporan arus kas, laporan perubahan modal dan neraca saldo. Langkah-langkah memasukkan saldo awal neraca saldo di myob harus sesuai dengan informasi keuangannya.

Pengertian linked account adalah akun yang tersinkronikasi atas laporan posisi keuangan yang diterbitkan. Langkah-langkah mengubah linked account dilakukan hanya ketika pengguna telah professional dalam mengolah data keuangan terutama informasi tentang banking, sales dan purchase ordernya.

Jelaskan empat macam linked account yang terdapat pada myob accounting yaitu banking, sales, proforma invoice, patty cash. Fungsi linked account adalah mempermudah transaksi yang sering berjalan di perusahaan agar tidak perlu melaksanakan kegiatan yang berulang-ulang dalam mengolah bukti transaksi.

Baca Juga: Cara Input Neraca Saldo Awal di Myob

Cara Mengatur Preference di Myob Accounting

Cara mengatur preference di myob accounting merupakan tindakan seseorang dalam rangka mencegah terjadinya kesalahan dalam menginput bukti transaksi. Pemberian username dan password ketika mengakses database myob akan mencegah pengguna yang tidak terorotisasi untuk masuk data keuangan.

Bagaimana cara memperbaiki pengaturan preference abss menjadi versi terbaru. Myob dibuat oleh christopper lee pada tahun 1991. Kemudahan dalam penggunaan dan kesesuaian standar akuntansi keuangan yang diterapkan di indonesia membuat program akuntansi ini digemar dan digunakan.

Cara mengatur preference di myob accounting berlaku untuk pembuatan termin pembayaran dan pencegahan transaksi berulang. Akun yang tidak dapat dihapus pada program myob biasanya diakibatkan akun telah digunakan pada modul penjualan, modul pembelian dan modul banking atau pembayaran.

Langkah-langkah mengatur preference di myob accounting adalah:

  • Pertama, pengguna dapat memilih menu Setup
  • Cara Mengatur dan Setting Preference di Myob Accounting
  • Selanjutnya masuk ke bagian system dan centang bagian Warn if jobs are assigned to all transaction
  • Cara Mengatur dan Setting Preference di Myob Accounting
  • Pada bagian sales, centang Warn for Duplicate Invoice Number on Recorded Sales
Cara Mengatur dan Setting Preference di Myob Accounting

Demikian cara mengatur dan setting preference di myob accounting sebelum melaksanakan transaksi penjualan dan pembelian. Bolehkah link account dilakukan pada saat input transaksi tentu saja diperkenankan ketika melakukan pembuatan jurnal umum sebab transaksi jarang dilakukan perusahaan..

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur dan Setting Preference di Myob Accounting"